Mohon tunggu...
Yos Mo
Yos Mo Mohon Tunggu... Content Creator

Lelaki jelata penyuka olahraga yang gemar membaca dan bercerita lewat rangkaian kata

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Manchester City Vs Aston Villa, Duel Juara Bertahan Kontra Mantan Penguasa Eropa

1 Maret 2020   18:17 Diperbarui: 1 Maret 2020   18:28 49 4 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Manchester City Vs Aston Villa, Duel Juara Bertahan Kontra Mantan Penguasa Eropa
[foto: bbc.com]

Malam ini Wembley Stadium menjadi tempat perhelatan final Piala Liga Inggris (Carabao Cup). Manchester City yang sedang mengincar hattrick juara beruntun Carabao Cup ditantang Aston Villa.

Perjalanan Man.City ke final Piala Liga Inggris 2020 sempat dihiasi dengan kekalahan 0-1 versus tim rival sekota Manchester United pada laga kandang di leg kedua semifinal.

Man.City bisa lolos ke partai puncak karena pada leg pertama semifinal di Old Trafford menang besar 3-1 atas MU.

Aston Villa lolos ke final Carabao Cup 2020 setelah di semifinal menyingkirkan Leicester City dengan keunggulan agregat gol 3-2.

Villa ditahan imbang Leicester  di leg pertama semifinal, lalu menang 2-1 pada leg kedua yang berlangsung di Villa Park.

DUEL BEDA KASTA
Melihat posisi di klasemen English Premier League saat ini, duel Manchester City kontra Aston Villa ibarat pertemuan tim elit dan medioker.

City sang juara bertahan EPL sekarang berada di peringkat 2 klasemen. Sedangkan Aston Villa yang berstatus sebagai tim promosi, saat ini terbenam di zona degradasi (peringkat 19).

Dalam dua duel di Liga Inggris musim ini, City juga menang dengan skor telak 3-0 dan 6-1.

Wajar apabila banyak penggemar sepak bola yang menjagokan Manchester City menjadi juara Piala Liga Inggris ketiga kalinya secara beruntun.

PRESTASI VILLA MASA LALU YANG BELUM MAMPU DIRAIH MAN. CITY
Walau kekuatan skuat Manchester City lebih mumpuni, Aston Villa tidak bisa dianggap remeh karena punya sejarah panjang meraih kemenangan di pertandingan final kompetisi domestik dan juga Eropa.

Villa pada masa lampau pernah 5 kali menjadi juara Piala Liga Inggris dari 8 kali tampil di final. Masa terakhir kejayaan Villa di era pertengahan 1990-an.

Villa berhasil menjadi juara Piala Liga Inggris pada tahun 1994 dan 1996 saat masih diperkuat pemain-pemain hebat masa itu, semisal Dwight Yorke, Savo Milosevic, Dean Saunders, Paul McGrath, Ian Taylor, Gareth Southgate, Andy Townsend dan Mark Bosnich.

Aston Villa bahkan pernah merebut titel juara European Cup (sekarang Liga Champions) tahun 1982.

Dalam final European Cup 1982, Villa menaklukkan klub raksasa Jerman, Bayern Munich, lewat gol tunggal Peter White. Timnas sepakbola Indonesia pernah dilatih Peter White dari tahun 2004 hingga 2007.

skuat Aston Villa saat juara European Cup 1982 [foto: theleaguepaper.com]
skuat Aston Villa saat juara European Cup 1982 [foto: theleaguepaper.com]
Prestasi Villa sebagai klub penguasa Eropa masih belum mampu diraih Manchester City hingga sekarang.

Ironisnya, Man.City mulai musim depan dilarang tampil di Liga Champions selama dua tahun karena melanggar aturan financial fair play.

Di pihak lain, Aston Villa berkesempatan tampil di Liga Europa musim depan, apabila bisa memenangkan pertandingan final Carabao Cup di Wembley Stadium malam nanti.

DUA KUBU "LAPAR" PIALA
Manajer Manchester City, Pep Guardiola, menganggap serius perhelatan final Carabao Cup 2020, walau dianggap banyak pihak bukan ajang bergengsi.

Dilansir oleh BBC, Guardiola menyebut timnya masih "lapar" merebut banyak piala, termasuk Carabao Cup. Guardiola menambahkan, bukan perkara mudah untuk memenangkan gelar juara Carabao Cup, karena semua tim elit Liga Inggris tampil pada ajang ini.

Pemain Man.City merayakan gelar juara Carabao Cup 2019 [foto: goal.com]
Pemain Man.City merayakan gelar juara Carabao Cup 2019 [foto: goal.com]
Manajer Aston Villa, Dean Smith, merendah dengan mengatakan klub yang diasuhnya hanya underdog menghadapi tim kelas dunia seperti Manchester City.

Tetapi, Dean Smith dengan percaya diri menyebut Villa tidak gentar melawan Man.City. Semua pemain Aston Villa sedang 'lapar' merebut titel juara.

AGUERO & GREALISH JADI SOROTAN
Sergio Aguero dan Jack Grealish, pemain yang jadi sorotan utama publik di final Carabao Cup 2020.

Aguero pencetak gol terbanyak Manchester City sepanjang masa, sudah mencetak 9 gol dalam 5 pertandingan terakhir melawan Aston Villa.

Jack Grealish pemain terbaik Aston Villa musim ini. Kapten Aston Villa tersebut sudah mencetak 7 gol di EPL, dan 2 gol di Carabao Cup.

Kapten Manchester City, David Silva, juga bakal menjadi sorotan, karena malam nanti final Piala Liga Inggris terakhirnya bersama City.

David Silva beberapa bulan silam sudah mengumumkan akan hengkang dari Manchester City pada akhir musim 2019/2020.

The Citizens masih belum bisa diperkuat Leroy Sane yang masih menjalani pemulihan cedera. Aymeric Laporte juga tak bisa tampil memperkuat pertahanan City, karena mengalami cedera dalam pertandingan Liga Champions kontra Real madrid.

Sedangkan Villa dalam pertandingan final nanti tidak dapat diperkuat oleh John McGinn, Wesley dan Tom Heaton.

Pertandingan final Carabao Cup 2020 dapat Anda saksikan lewat siaran langsung NET TV, malam ini mulai pukul 23.30 WIB.

PREDIKSI STARTING LINE-UP:
MANCHESTER CITY:

Claudio Bravo; Nicolas Otamendi; Fernandinho; Kyle Walker; Joao Cancelo; Rodrigo Hernandez; David Silva; Kevin De Bruyne; Riyad Mahrez; Raheem Sterling; Sergio Aguero
ASTON VILLA:
Pepe Reina; Tyrone Mings; Ezri Konza; Kortney Hause; Frederic Guilbert; Matt Targett; Marvelous Nakamba; Douglas Luiz; Anwar El Ghazi; Jack Grealish; Mbwana Samatta

VIDEO PILIHAN