Mohon tunggu...
Yos Mo
Yos Mo Mohon Tunggu... Wiraswasta - Sports, Music, Technology Expert

pemerhati olahraga dan musik lagi getol melihat pertandingan surfing dan bulu tangkis very welcome to contact me at bolafanatik(at)gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Bola Artikel Utama

Ikon Dua Klub Madrid Bersaing Jadi yang Terbaik di Piala Eropa

9 Juli 2016   20:43 Diperbarui: 10 Juli 2016   15:56 20
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kesebelasan mana yang bakal menjadi pemenang turnamen Piala Eropa 2016 bakal ditentukan dalam duel di Stade de France. Tim tuan rumah Perancis bakal beradu kuat dengan Portugal di partai puncak.

Pemain dari kedua tim bakal berjuang habis-habisan mengerahkan kemampuan terbaik, demi membawa negaranya menang dalam laga final di Stade de France.

Dua sosok pemain dari masing-masing kesebelasan, bakal menjadi pusat perhatian dalam final Piala Eropa 2016. Selain sedang berjuang membawa negaranya menjadi juara, kedua pemain ini juga sedang bersaing sengit berusaha menjadi pemain terbaik di Piala Eropa 2016. 

Kebetulan, dua pemain yang bakal jadi pusat perhatian dalam final nanti merupakan ikon di klubnya masing-masing. Cristiano Ronaldo ikon klub Real Madrid, dan Antoine Griezmann ikon klub Atletico Madrid, bakal bersaing menjadi yang terbaik dalam laga pamungkas Piala Eropa 2016.

CRISTIANO RONALDO LEGENDA HIDUP REAL MADRID, PORTUGAL & PIALA EROPA

Banyak pemain bintang besar di Real Madrid, tapi Cristiano Ronaldo pada saat ini merupakan ikon dari klub berjuluk Los Blancos tersebut. Kehebatan Ronaldo dalam membobol gawang lawan, tak tertandingi oleh pemain Real Madrid lainnya.

Cristiano Ronaldo direkrut oleh Real Madrid pada awal musim 2009-10. Kepindahan Ronaldo dari Manchester United ke Real Madrid, memecahkan rekor pemain termahal dunia. 

Ronaldo berhasil mempertunjukkan kelasnya sebagai pemain termahal dunia, menjadi sumber gol utama bagi Real Madrid. Pemain yang akrab dijuluki sebagai CR7 ini sudah membuat 364 gol selama 7 musim membela Real Madrid. CR7 berhasil mengantarkan Los Blancos meraih berbagai trofi juara bergengsi, diantaranya dua gelar juara Liga Champions. Ronaldo sudah 3 kali terpilih menjadi pemain terbaik dunia, karena kehebatan skillnya menggiring bola serta menjebol gawang lawan.

Bagi timnas Portugal, sosok Cristiano Ronaldo adalah 'dewa'. Sang super star merupakan pemegang rekor caps dan gol terbanyak timnas Portugal. 61 gol dan 132 caps sudah dibuat Ronaldo bersama Portugal. 

Hanya satu hal yang kurang bagi Ronaldo bersama Seleccao Portugal. Ronaldo belum pernah membawa negaranya memenangkan trofi juara. Tahun 2004 silam Ronaldo hanya mampu membawa Portugal sebagai runner up Piala Eropa.

Di Piala Eropa tahun ini, Ronaldo sudah membuat torehan rekor yang menjadikannya sebagai legenda hidup. Beberapa pekan silam Ronaldo masuk buku sejarah, sebagai pemain pertama yang selalu mencetak gol dalam 4 edisi Piala Eropa. 

Rekor mentereng lain yang sudah dibuat Cristiano Ronaldo adalah pemain yang paling banyak main dalam putaran final Piala Eropa. Tampil dalam semifinal melawan Wales, merupakan penampilan ke-20 Ronaldo di Piala Eropa.

Cristiano Ronaldo bersama Pepe & Jose Fonte rayakan kemenangan Portugal/ uefa.com
Cristiano Ronaldo bersama Pepe & Jose Fonte rayakan kemenangan Portugal/ uefa.com
CR7 membuat satu gol dalam pertandingan semifinal melawan Wales, yang merupakan gol ke-9 Cristiano Ronaldo di Piala Eropa. Ronaldo menyamai rekor jumlah gol terbanyak oleh satu pemain di Piala Eropa milik legenda Perancis, Michel Platini. 

Cristiano Ronaldo hanya membutuhkan satu gol dan satu kemenangan lagi untuk menjadikannya sebagai pemain terbaik Piala Eropa sepanjang masa. Jika mampu mewujudkan itu dalam partai final melawan Perancis, Ronaldo sah sendirian sebagai raja gol dan penampil terbanyak di Piala Eropa. 

ANTOINE GRIEZMANN BIDIK REKOR PLATINI 

Nama Antoine Griezmann mulai mencuat sebagai salah satu striker top sejak membuat 20 gol buat klub lamanya Real Sociedad pada musim 2013-14. Semusim kemudian Griezmann direkrut oleh Atletico Madrid.

Griezmann langsung menjelma sebagai ikon Atletico Madrid sejak musim debutnya, karena dia merupakan penyumbang gol terbanyak buat klub. Griezmann sukses membukukan 25 gol buat Atletico dalam berbagai kompetisi pada musim 2014-15.

Prestasi Griezmann semakin mentereng dalam musim kedua bersama Atletico. Antoine Griezmann berhasil mendulang 32 gol. Tujuh gol diantaranya dibuat Griezmann dalam ajang Liga Champions yang membantu Atletico Madrid menjadi runner up.

Karir Griezmann menjulang tinggi bersama timnas Perancis sejak penampilan gemilangnya dalam Piala Dunia tahun 2014. Antoine Griezmann bermain menawan di posisi gelandang sayap kiri, sukses menggantikan peran pemain senior Franck Ribery yang absen karena cedera. 

Griezmann selalu tampil dalam semua pertandingan Perancis di Piala Dunia 2014. Perancis akhirnya terhenti oleh Jerman dalam babak perempat final Piala Dunia 2014.

Melejit tinggi prestasi Griezmann di Piala Eropa 2016. Hingga babak semifinal Antoine Griezmann sudah membuat 6 gol di Piala Eropa 2016. Griezmann mulai membidik rekor fenomenal yang pernah dibuat Michel Platini di Piala Eropa tahun 1984. 

Michel Platini merupakan pahlawan utama keberhasilan Perancis saat jadi juara Piala Eropa tahun 1984. Platini pada saat itu bermain luar biasa mencetak 9 gol sepanjang penyelenggaraan turnamen. Jumlah 9 gol yang dibuat Platini di Piala Eropa 1984, hingga saat ini masih bertahan sebagai rekor gol terbanyak dalam satu edisi penyelenggaraan Piala Eropa. 

uefa.com
uefa.com
Kalau Griezmann mampu kembali bermain luar biasa dalam pertandingan final Piala Eropa 2016 melawan Portugal, tidak mustahil pemain Atletico Madrid tersebut membuat hattrick gol. Kalau hal ini benar-benar terjadi, Griezmann menyamai rekor 9 gol milik Platini di Piala Eropa 1984. Griezmann bakal menjadi pemain terbaik serta menjadi top skorer Piala Eropa 2016.

PERSAINGAN SENGIT CR7 vs GRIEZMANN 

Persaingan sengit langsung antara Cristiano Ronaldo dan Antoine Griezmann sudah berlangsung dalam dua tahun belakangan, sejak Griezmann memperkuat Atletico Madrid. Seperti yang kita ketahui bersama, Real Madrid dan Atletico Madrid merupakan lawan bebuyutan. 

Sejauh ini prestasi CR7 di level klub lebih baik dibandingkan Griezmann. Pada musim 2014-15, Ronaldo menjadi top skorer La Liga Primera Spanyol dengan membuat 48 gol. Sedangkan Griezmann berada di urutan ketiga pencetak gol La Liga, dengan membuat 22 gol. 

Ronaldo membuat 35 gol di La Liga musim 2015-16, lebih banyak 13 gol dari yang dicetak oleh Griezmann. Pada musim yang sama Ronaldo sukses mengantarkan Real Madrid menjadi juara Liga Champions setelah di final kalahkan Atletico Madrid. CR7 berhasil pula menjadi top skorer Liga Champions musim 2015-16 dengan membuat 16 gol. Sementara Griezmann membukukan 7 gol di Liga Champions musim lalu. 

Antoine Griezmann berpeluang besar mengungguli Cristiano Ronaldo di Piala Eropa 2016. Hingga babak semifinal, Griezmann sudah membuat 6 gol, sedangkan CR7 baru membikin 3 gol. 

Gelar pemain terbaik Piala Eropa 2016 juga berpeluang disabet oleh Griezmann. Sekarang ini Griezmann memimpin perolehan nilai dalam indeks pemain di Piala Eropa 2016, sedangkan Ronaldo berada di urutan ketujuh. 

Melihat rekor pertemuan dua finalis Piala Eropa 2016, Griezmann bersama timnas Perancis layak diunggulkan menjadi juara. Dalam 10 pertemuan terakhir, Perancis selalu menang atas Portugal. Namun, Ronaldo dan timnas Portugal selalu dinaungi oleh dewi fortuna sepanjang penyelenggaraan Piala Eropa tahun ini. 

Siapa ikon dua klub Madrid yang bakal unggul dalam final Piala Eropa 2016? Apakah Cristiano Ronaldo atau Antoine Griezmann? Jawabanya bakal kita ketahui bersama setelah pertandingan final Perancis kontra Portugal di Stade De France selesai digelar pada Senin dini hari (11/7) WIB. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun