Mohon tunggu...
Yos Mo
Yos Mo Mohon Tunggu... Wiraswasta - Sports, Music, Technology Expert

pemerhati olahraga dan musik lagi getol melihat pertandingan surfing dan bulu tangkis very welcome to contact me at bolafanatik(at)gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Olahraga

Ulasan Jelang Final Wimbledon 2015: Serena Williams vs Garbine Muguruza

11 Juli 2015   17:21 Diperbarui: 11 Juli 2015   17:21 424
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Beberapa jam lagi bakal berlangsung partai final tunggal tunggal putri Wimbledon 2015, duel antara "Super Star" unggulan pertama Serena Williams menghadapi "Rising Star" unggulan ke-20 Garbine Muguruza.

Serena Williams difavoritkan banyak orang bakal jadi juara tunggal putri Wimbledon tahun ini, mengingat pengalamannya pernah 20 kali jadi juara tunggal putri turnamen Grand Slam. Di pihak lain, Muguruza baru kali ini menembus babak final Grand Slam. Namun, Muguruza memiliki potensi cukup besar untuk membuat kejutan, mengingat petenis Spanyol yang baru menginjak usia 21 tahun tersebut pernah mengalahkan Serena.

HEAD TO HEAD SERENA vs MUGURUZA

Sebelum partai final Wimbledon ini, Serena Williams dan Garbine Muguruza sudah pernah berduel tiga kali, semuanya terjadi dalam turnamen Grand Slam. Pertemuan pertama terjadi di babak kedua Australian Open tahun 2013. Saat itu Serena berperingkat 3 dunia, sedangkan Garbine Muguruza berperingkat 112 dunia dan baru dua kali tampil di turnamen Grand Slam. Tanpa kesulitan Serena menang dua set langsung 6-2 6-0 dalam pertemuan pertama melawan Muguruza.

Pertemuan kedua terjadi di babak kedua French Open tahun 2014. Saat itu Serena Williams berstatus sebagai juara bertahan, sekaligus jadi unggulan pertama. Sementara Muguruza berperingkat 35 dunia. Diluar dugaan Muguruza bisa membuat kejutan menang straight set 6-2 6-2 atas Serena. Kiprah Garbine Muguruza di tunggal French Open 2014 akhirnya berakhir pada babak perempat final setelah takluk oleh Maria Sharapova.

Pertemuan terakhir kedua petenis terjadi pada bulan Januari 2015 silam dalam babak 4 Australian Open. Serena Williams saat itu jadi unggulan pertama, sedangkan Garbine Muguruza unggulan ke-24. Serena Williams akhirnya bisa menang atas Muguruza lewat pertarungan tiga set 2-6 6-3 6-2. 

PERFORMA SERENA vs MUGURUZA DI TAHUN 2015

Sebelum tampil di Wimbledon, Serena Williams sudah memenangkan 3 turnamen WTA pada tahun ini dari 6 turnamen yang diikutinya. Serena juga tampil sebanyak tiga kali membela USA pada ajang Fed Cup, dan selalu menang. Hingga babak semifinal Wimbledon, pada tahun ini Serena Williams membuat rekor menang-kalah 38-3.

Sedangkan Garbine Muguruza belum pernah jadi juara turnamen WTA pada tahun ini dari 12 turnamen yang diikutinya. Muguruza juga tampil 2 kali membela Spanyol pada ajang Fed Cup, dan selalu menang. Hingga babak semifinal Wimbledon, pada tahun ini Garbine Muguruza membuat rekor menang-kalah 28-12.

STATISTIK SKOR MENUJU FINAL WIMBLEDON 2015

Serena Williams sudah kehilangan dua set sejak tampil dari babak pertama hingga semifinal Wimbledon 2015. Serena dipaksa main tiga set saat berduel dengan Heather Watson di babak ketiga, dan saat bertanding lawan Victoria Azarenka di perempat final.

Garbine Muguruza sudah kehilangan tiga set hingga semifinal. Muguruza bertanding tiga set saat menghadapi Mirjana Lucic Baroni di babak kedua, melawan Angelique Kerber di babak ketiga, dan Agnieszka Radwanska di semifinal. 

Perjalanan Serena Williams menuju final tunggal putri Wimbledon 2015:

  • (semifinal) vs Maria Sharapova 6-2 6-4
  • (perempat final) vs Victoria Azarenka 3-6 6-2 6-3
  • (babak 4) vs Venus Williams 6-4 6-3
  • (babak 3) vs Heather Watson 6-2 4-6 7-5
  • (babak 2) vs Timea Babos 6-4 6-1
  • (babak 1) vs Margarita Gasparyan 6-4 6-1

Perjalanan Garbine Muguruza menuju final tunggal putri Wimbledon 2015:

  • (semifinal) vs Agnieszka Radwanska 6-2 3-6 6-3
  • (perempat final) vs Timea Bacsinszky 7-5 6-3
  • (babak 4) vs Carolone Wozniacki 6-4 6-4
  • (babak 3) vs Angelique Kerber 7-6 (14-12) 1-6 6-2
  • (babak 2) vs Mirjana Lucic Baroni 6-3 4-6 6-2
  • (babak 1) vs Varvara Lepchenko 6-4 6-1

(sumber foto: wtatennis.com)

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Olahraga Selengkapnya
Lihat Olahraga Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun