Mohon tunggu...
Cep Ayi Fitriana
Cep Ayi Fitriana Mohon Tunggu... ASN Pemkab Garut

Pelayan Rakyat, hobby bersepeda dan fotografi.

Selanjutnya

Tutup

Pemerintahan Pilihan

Menggenjot IPM

5 Januari 2020   13:00 Diperbarui: 5 Januari 2020   13:06 162 0 1 Mohon Tunggu...

Apa tujuan pembangunan? Menyejahterakan masyarakat. Sebagus apa pun pembangunan infrastruktur atau apa pun apabila tidak menyentuh pada kesejahteraan adalah omong kosong. Indeks Pembangunan Manusia (IPM) atau istilah kerennya Human Development Index (HDI) semua sudah tahu dan paham, intinya angka-angka perbandingan harapan hidup, melek huruf, pendidikan, dan standar hidup yang disepakati di seluruh dunia sebagai ukuran keberhasilan pembangunan manusia sesuai tingkatan pemerintahan baik pemerintah pusat, provinsi dan kabupaten/kota.

Kebanggaan bagi pemerintah pusat maupun daerah yang bisa mencapai nilai di atas rata-rata tapi menjadi beban bagi yang sebaliknya. Istilah mengejar ketertinggalan adalah ungkapan yang kurang tepat, karena ketertinggalan itu harus dijauhkan bahkan ditinggalkan, sehingga yang lebih tepat adalah mengejar kemajuan. Tulisan ini penulis dibuat secara umum tanpa maksud mengajari atau ditujukan bagi pemerintah/pemerintah daerah tertentu, hanya sebagai sumbang pemikiran dalam usaha mengenjot IPM. 

ASN 

Tempatkan ASN yang profesional secara proporsional dengan mempertimbangkan pendidikan, pengalaman dan kompetensi. Jangan khawatirkan loyalitas, karena loyalitas akan tumbuh karena kepercayaan yang diberikan. Kalau loyalitas semata yang dikedepankan, maka sudah tidak zamannya lagi diera besar dan kuatnya tantangan saat ini dan ke depan. Tidak ada lagi istilah yang penting loyalitas karena kemampuan mengikuti, salah besar.

Semua sudah tahu bahwa ada hadist yang mengatakan bahwa apabila sesuatu urusan diberikan pada yang bukan ahlinya maka tunggulah kehancurannya, itu pasti benar dan tidak terbantahkan karena apabila urusan diberikan kepada yang bukan ahlinya jangan tunggu sampai jadi ahli, mau menunggu sampai kapan? Berikan penghargaan bagi yang berprestasi dan berikan hukuman bagi yang tidak serius bekerja, secara objektif.

Selain itu, regenerasi pada setiap jenjang keahlian dan kompetensi harus berjalan dengan baik dan berkelanjutan karena akan menjamin kelangsungan organisasi. Setiap orang yang mendaftar ASN  tentunya dengan jenis pendidikan yang berbeda sehingga jangan coba-coba dalam menempatkan personil karena standar dasarnya berbeda. 

Restrukturisasi Birokrasi

Restrukturisasi birokrasi diperlukan bagi yang perlu. Pada beberapa bidang atau bagian yang sudah berjalan dengan baik jangan pernah lakukan, karena akan mengganggu kelangsungan organisasi yang ada. Tidak ada bentuk organisasi yang paripurna, karena SDM yang berbeda-beda kemampuan. Satu mendukung yang lain, bangun tim kerja dan kerjasama tim yang solid dan penuh dedikasi dalam bekerja. 

Strategi 

Apabila memiliki sumber daya yang tidak terbatas maka tidak butuh strategi, semua bisa dilakukan. Tapi bila sebaliknya maka strategi dibutuhkan. Begitulah kalimat sederhananya. Untuk mencapai suatu tujuan dengan sumber daya yang terbatas maka buatlah strategi yang tepat, dimulai dari pemetaan masalah dan kebutuhan, buat dan urai secara detail. Kemudian rencanakan dan rancang yang terukur waktu dan capaiannya yang wajib dilakukan dengan tetap memperhatikan sumber daya yang dimiliki.

Pertimbangkan risiko, ambil yang risikonya paling sedikit, karena semua pasti ada risikonya. Fokuskan pada peningkatan kesehatan, pendidikan, daya beli dan sektor lainnya sehingga menyentuh kebutuhan dasar yang sifatnya membumi. Pepatah mengatakan jika perencanaan sudah baik maka keberhasilan sudah dicapai setengahnya. Laksanakan apa yang sudah disepakati, bangun komitmen, singkirkan rasa ragu, singkirkan semua yang menjadi penghalang. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x