Mohon tunggu...
Celesta Eka Pramudita
Celesta Eka Pramudita Mohon Tunggu... Mahasiswa Ilmu Komunikasi UIN Sunan Kalijaga - 20107030143

Hanya manusia berantakan, yang ingin mencoba untuk bebenah

Selanjutnya

Tutup

Wisata Pilihan

Menikmati Keindahan Alam Bawah Laut Yogyakarta

27 Mei 2021   21:48 Diperbarui: 27 Mei 2021   22:10 178 6 1 Mohon Tunggu...

Ingin berwisata sambil menikmati indahnya alam bawah laut di Yogyakarta? pada waktu itu sempat ada pantai yang viral lo gaes, karena di pantai itu terdapat wisata snorkling, dimana tidak semua pantai di Gunungkidul memiliki snorkeling. Pantai ngelambor yang berada di Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Gunungkidul, Yogyakarta dulu sempat naik daun karena banyak wisatawan yang melakukan kegiatan snorkeling di sana.

Pada waktu itu saya, bersama 8 teman saya dari jogja ingin melihat indahnya Pantai Ngelambor ini. Kami pun berencana pergi pada hari weekend, tepat pada pukul 05.00 pagi kami berangkat dari rumah. Karena Pantai Ngelambor memiliki jarak tempuh yang lumayan jauh, sekitar 80 km dari pusat kota Jogja. Butuh sekitar 2 sampai 3 jam jika ditempuh menggunakan jalur darat, itu pun juga tergantung situasi jalan dan lalu lintas saat itu.

Kami sampai di sana sekitar pukul 80.00, sesampainya di sana kami dipungut biaya parkir sebesar 10 ribu rupiah untuk mobil dan 5 ribu untuk kendaraan motor. Harga tiket masuk Pantai Ngelambor dikenai tiket sebesar 5 ribu hingga 10 ribu rupiah. Itu sudah termasuk biaya yang harus anda keluarkan untuk mengunjungi ketiga pantai. Di karena kan Pantai Ngelambor, berdekatan dengan Pantai Siung dan Jogan.

Sebelum menuju lokasi Pantai Ngelambor Gunungkidul, kami sarapan terlebih dahulu di warung dekat parkiran. Jadi bagi para wistawan yang ingin melakukan sarapan terlebih dahulu sebelum menuju kepantai, tak perlu khawatir karena di dekat parkiran ada beberapa warung makan.

Untuk sampai di lokasi Pantai Ngelambor para wisatawan masih harus menempuh jarak sekitar 1 sampai 2 kilometer dari parkiran. Jalan menuju pantai pun sudah cukup baik dan sangat rindang karena kanan kiri jalan dipenuhi oleh pepohonan yang rindang. Apabila para wisatawan tidak ingin tenaganya terbuang untuk jalan kaki, anda juga bisa menggunakan jasa ojek dengan ongkos 10 ribu rupiah untuk pulang pergi.

dokpri
dokpri

Sesampainya di lokasi Pantai Ngelambor kalian akan di suguhkan pemandangan yang cukup indah dan tebing-tebing karang. Karena pantai ini memiliki posisi yang di jepit oleh dua batu karang raksasa, sehingga pantai ini lebih terasa seperti laguna kecil yang garis pantainya tidak lepas.

Dahulu pantai ini, termasuk pantai yang sangat sepi di bandingkan dengan Pantai Siung dan Pantai Jogan. Karena pantainya yang tidak terlalu luas dan akses menuju pantainya yang cukup sulit membuat para wisatawan enggan untuk mengunjungi Pantai Ngelambor.

Saat wisata pantai di pesisir Gunungkidul mulai ramai, namun Pantai Ngelambor tetaplah sepi. Sampai akhirnya ada sekelompok orang mengetahui bahwa Pantai Ngelambor memiliki potensi wisata yang tidak bisa dimiliki oleh pantai-pantai lain, yakni senorkeling.

Pantai Ngelabor memang tidak seluas pantai Sepanjang atau Pantai-pantai lain yang berada di Gunungkidul, tetapi pantai ini memiliki keunikan yaitu bisa digunakan snorkling. Kondisi perairan di pantai yang menyerupai cekungan ini terbilang cukup aman untuk berenang dan snorkeling karena ada dua bukit yang berada di tengah laut. Bukit karang itu menyerupai kura-kura raksasa yang berfungsi sebagai pemecah gelombang ombak. Sehingga ombak yang sampai ke pantai tidak cukup besar dan tenang.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN