Mohon tunggu...
Charis Bagus Dhanuarta
Charis Bagus Dhanuarta Mohon Tunggu... Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang Jurusan Ilmu Pemerintahan

#UMM

Selanjutnya

Tutup

Ekonomi

Dampak Positif Ekonomi di Tengah Covid-19

4 Agustus 2020   22:13 Diperbarui: 4 Agustus 2020   22:21 30 0 0 Mohon Tunggu...

Seperti kita ketahui, pandemi Covid 19 atau Corona ini menyebar begitu cepat sampai-sampai jumlah kasus positif Corona/ Covid 19 di Indonesia melonjak tinggi sehingga pemerintah harus cepat mengeluarkan kebijakan untuk mencegah meluasnya Covid 19 ini. Pemerintah akhirnya mengeluarkan kebijakan dan himbauan. Ada pembatasan sosial (social distancing), physical distancing, Work From Hone (WFH), isolasi mandiri dan yang terbaru yaitu PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar). Hal ini tentu sangat berdampak ke semua sektor, termasuk ekonomi, sosial dan budaya. 

Banyaknya kegiatan di berbagai sektor yang menghentikan kegiatannya atau ada yang WFH ini menyebabkan sejumlah lapangan kerja menghilang dan banyaknya PHK dimana-mana serta meningkatnya jumlah pengangguran. Ekonomi dunia akibat wabah ini terkontraksi sangat parah dan diperkirakan akan terus mengalami penurunan bahkan banyaknya negara saat ini yang sudah masuk kedalam jurang resesi terdalam sejak Perang Dunia II. 

Tapi di sisi lain akibat pandemi ini banyaknya pengangguran disebagian masyarakat yang harus berputar otak untuk bertahan hidup, sehingga muncul ide-ide kreatif dan inovatif yang menyebabkan dampak positif bagi ekonomi Indonesia. Salah satunya dengan munculnya usaha tanaman kebun, tanaman buah dalam pot, bibit tanaman sayur, dan beragam lainnya. Seperti dilansir dari baliexpress.jawapos.com.

Dan juga banyaknya yang menjual berbagai macam masker, Kopi, Hand Sanitizer, Face Shield dll. Seperti dilansir dari liputan6.com.

Serta banyaknya Youtuber baru yang muncul dan naik daun, seperti cara membuat masker, cara memasak dan buat kue dll bahkan ada guru yang jadi Youtuber demi muridnya seperti dilansir dari galamedia.pikiran-rakyat.com.

Dan juga banyak orang yang menjual makanan dan minuman secara online. Ada juga teknisi buka Youtube sehingga mendapat orderan di tengah pandemi ini dll. Ini meningkatkan daya beli lokal dan berkurangnya import. Dan juga salah satu dampak positif yang bisa didapatkan Indonesia adalah terbukanya peluang pasar ekspor baru selain China. Serta ini peluang Indonesia untuk memperkokoh ekonomi dalam negeri. Sehingga ketika Pandemi ini hilang kita bisa langsung menggas dan menjadi negara yang berdaulat secara ekonomi.   

VIDEO PILIHAN