Mohon tunggu...
Wahyu Agung
Wahyu Agung Mohon Tunggu... Penggemar (baru) dunia MotoGP

Sedang belajar menulis MotoGP. Website: wahyuagung.id, twitter @waprijadi , email: catatanmotogp@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Balap Pilihan

Preview MotoGP Sachsenring 2019

4 Juli 2019   08:00 Diperbarui: 4 Juli 2019   08:03 0 2 2 Mohon Tunggu...
Preview MotoGP Sachsenring 2019
Dok: Sachsenring

Seri ke 9 MotoGP 2019 akan digelar akhir pekan ini (07/07/2019) di Sirkuit Sachsenring, Jerman. Pekan lalu di Assen Maverick Vinales membawa Yamaha memperoleh kemenangan pertama musim ini. Balapan di Sachsenring yang hanya berjarak satu minggu adalah waktu yang tepat untuk melanjutkan momentum kemenangan.

Namun Sachsenring mempunyai seorang raja. Sejak 2013 (kelas MotoGP) sampai 2018 Sachsenring hanya mengenal satu juara bernama Marc Marquez. Di kelas MotoGP Marquez selalu menang dan mendapatkan pole position saat balapan di Sachsenring. Bahkan saat masih berada di kelas 125cc dan 250 cc Marquez sudah mendominasi sirkuit Jerman tersebut. Marquez adalah King of The Ring.

Apakah pekan ini Marc Marquez akan kembali merajai Sachsenring? Atau Maverick Vinales bisa memutus dominasi The Baby Alien?

Kilas Balik 2017 dan 2018

Pada MotoGP Sachsenring 2017 posisi lima besar menjadi milik pembalap Honda dan Yamaha. Marc Marquez, Jonas Folger (Monster Yamaha Tech 3), Dani Pedrosa, Maverick Vinales, dan Valentino Rossi finish berurutan. Marquez pertama, Folger kedua, dan seterusnya.

Awalnya Marc Marquez mengira perebutan juara Sachsenring 2017 akan terjadi diantara pembalap Honda. Hal ini tak lepas dari hasil kualifikasi dimana para pembalap Honda mendominasi front row. Selain Marquez yang merebut pole position terdapat Dani Pedrosa di posisi start ketiga dan Cal Crutchlow di posisi keempat. Danillo Petruci yang saat itu membela Octo Pramac Racing berada di posisi start kedua sementara pembalap Yamaha dengan posisi start paling bagus adalah Jonas Folger (posisi start kelima).  

Pada kenyataannya hanya seorang Jonas Folger yang mampu memberikan tekanan pada Marquez. Pembalap Jerman ini bahkan sempat memimpin selama 5 putaran. Namun pada akhirnya Folger tak mampu membendung Marquez yang meraih podium pertama.

Sementara itu pada MotoGP Sachsenring 2018 Marc Marquez berbagi podium dengan duo Yamaha Valentino Rossi dan Maverick Vinales. Posisi keempat dan kelima adalah Danillo Petrucci dan Alvaro Bautista.

Jika pada musim 2017 Jonas Folger sempat memipin MotoGP Sachsenring maka musim 2018 ada Jorge Lorenzo. Lorenzo yang saat itu membela Ducati memimpin sejak lap pertama sampai lap ke 12 sebelum akhirnya Marc Marquez mengambil alih.

Valentino Rossi mengakui bahwa keberhasilannya finish kedua di Sachsenring 2018 karena mempelajari balapan Jonas Folger di Sachsenring musim 2017.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2