Mohon tunggu...
Casmudi
Casmudi Mohon Tunggu... Seorang bapak dengan satu anak remaja.

Travel and Lifestyle Blogger I Kompasianer Bali I Danone Blogger Academy 3 I Finalis Bisnis Indonesia Writing Contest 2015 & 2019 I Netizen MPR 2018

Selanjutnya

Tutup

Kisah Untuk Ramadan Pilihan

Simak! 7 Aktivitas Seru di Rumah Saja Saat Bulan Ramadan

27 April 2021   02:27 Diperbarui: 27 April 2021   02:59 397 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Simak! 7 Aktivitas Seru di Rumah Saja Saat Bulan Ramadan
Aktifitas di rumah saat bulan Ramadan (Sumber: shutterstock)

"De Bengkung. Ngiring Ngoyong Jumah"

Salah satu penggalan kalimat yang terpampang di berbagai poster atau spanduk di Pulau Bali. Agar, masyarakat beraktifitas #DiRaumahSaja karena Pandemi Covid-19 masih mengintai siapapun.

Kalimat dalam bahasa Bali yang artinya kurang lebih "Jangan Ngeyel. Ayo Tinggal Di rumah Saja" memberikan anjuran kepada masyarakat untuk beraktifas di rumah saja. Jika, tidak ada keperluan yang sangat penting di luar rumah.

Sama halnya dengan bulan Ramadan tahun 2021. Kondisi penularan Covid-19 yang masih menghantui siapapun. Menuntut masyarakat untuk beraktifitas #DiRumahSaja. Meskipun, larangan beribadah di luar rumah, tidak seketat pada saat bulan Ramadan tahun lalu.

Beraktifitas di rumah seringkali memberikan rasa bosan. Salah satunya adalah membatasi hubungan sosial secara langsung dengan orang lain. Lantas, jika anda di rumah saja, apa yang bisa anda lakukan saat Ramadan kali ini. Bagi saya, setidaknya ada 7 aktifitas seru yang bisa dilakukan #DiRumahSaja yaitu:

SHOLAT TARAWIH

Aktifitas yang bisa saya lakukan, meskipun di rumah saja adalah melakukan ibadah Sholat Tarawih bersama keluarga. Meskipun, Sholat Tarawih hukumnya sunah. Tetapi, ada yang beranggapan bahwa hukum sholat sunah mendekati kewajiban sebagai umat muslim.

Mengapa? Sholat Tarawih menjadi ciri khas adanya bulan Ramadan. Sholat Tarawih tidak ada di bulan selain Ramadan. Itulah sebabnya, selain berpuasa, sholat tarawih menjadi aktifitas ibadah yang harus saya lakukan di bulan Ramadan. Meskipun, saya berada di rumah saja.

Sholat tarawih di rumah saat bulan Ramadan (Sumber: shutterstock)
Sholat tarawih di rumah saat bulan Ramadan (Sumber: shutterstock)
TADARUS AL QURAN

 Aktifitas seru selanjutnya adalah membaca atau Tadarus Al Qur'an. Bulan Ramadan menjadi kesempatan untuk bisa mengkhatamkan Al Qur'an. Apalagi, pahala Tadarus Al Qur'an berlipat ganda di bulan Ramadan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN