Mohon tunggu...
Carmudi Indonesia
Carmudi Indonesia Mohon Tunggu...

Memberikan informasi seputar dunia otomotif terkini. Penyajian tulisan lengkap mengenai, tips dan trik, review mobil dan motor, serta teknologi terbaru di industri otomotif. Semoga informasi yang kami sajikan berguna bagi pembaca Kompasiana.

Selanjutnya

Tutup

Otomotif

5 Fitur Keamanan Canggih dan Wajib Diketahui Fungsinya

29 Oktober 2018   14:04 Diperbarui: 29 Oktober 2018   17:12 2512 0 0 Mohon Tunggu...

Fitur keamanan berteknologi tinggi kini sudah menjadi syarat wajib mobil keluaran baru. Meskipun sepertinya banyak ragamnya karena nama-namanya yang berbeda, namun nyatanya hal tersebut lantaran pabrikan biasanya memberikan nama tersendiri. Padahal secara fungsi hampir sama dengan produsen lain.

Nama paket fitur keamanan yang sering dijumpai semisal Toyota dengan Toyota Safety Sense (TSS), Inteligent Safety Shield milik Nissan, Honda Sensing dan lainnya. Dengan semua pilihan fitur keamanan berteknologi tinggi, setidaknya ada lima di antaranya yang harus Anda ketahui.

Berikut ini penjelasan singkat mengenai fitur keamanan yang berhasil dirangkum dari Auto:

1. Forward collision warning

Forward collision warning adalah fitur keamanan yang berfungsi untuk memberikan peringatan jika sensor membaca ada sebuah benda seperti pejalan kaki, pengendara sepeda, hewan atau objek lainnya di depan dan dapat menghalangi mobil.

2. Automatic emergency braking

Fitur automatic emergency braking berkaitan dengan fungsi fitur forward collision warning tadi. Fitur ini akan membuat laju mobil melambat bahkan berhenti secara otomatis jika pengemudi mengabaikan peringatan tabrakan depan.

Fitur ini sudah terbukti mampu mencegah atau mengurangi dampak kecelakaan. Umumnya pengemudi gagal untuk melakukan pengereman atau telat menginjak rem ketika dalam keadaan darurat.

3. Blind spot warning

Fitur blind spot warning memberikan memperingatkan kepada pengemudi bila ada kendaraan di samping mobil yang tidak terlihat di kaca spion. Biasanya blind spot warning ditandai dengan lampu berkedip di cermin kaca spion samping. Sensor juga dapat terhubung ke sistem kemudi dan akan aktif berfungsi mengarahkan pengemudi kembali ke jalur yang benar untuk menghindari tabrakan.

4. Lane departure warning

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x