Mohon tunggu...
Aditiyo Aditiyo
Aditiyo Aditiyo Mohon Tunggu... -

Konsultan untuk Hidup dan Karir Anda

Selanjutnya

Tutup

Gaya Hidup

Semakin Sukses, Semakin Banyak Godaan Yang Menjatuhkan

16 Desember 2015   15:55 Diperbarui: 16 Desember 2015   16:25 41 1 2
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Pernah tidak melihat orang sukses tapi lalu mereka jatuh? Terkadang kita berpikir, begitu kita di atas, semuanya akan mudah dan kita tetap akan di atas. Ternyata tidak demikian, kita sering mendengar bahwa semakin tinggi, semakin kencang juga angin akan meniup kita. Mempertahankan itu justru lebih sulit dalam banyak kasus.

Memang banyak faktor yang dapat menyebabkan kejatuhan kita, ada yang tidak dapat kita kontrol dan ada yang sepenuhnya ada di dalam tangan kita untuk dikontrol. Beberapa hal dibawah ini sederhana, tapi jangan dilupakan.

Merasa paling pintar

Semakin Anda sukses, semakin Anda pintar, semakin besar godaan untuk hanya percaya pada diri sendiri. Percaya pada diri sendiri itu baik, tapi jangan sampai tidak mendengarkan masukkan orang dengan sudut pandang yang berbeda. Tetaplah membuka mata dan telinga karena hanya dengan demikian Anda tidak menghentikan proses belajar. Orang yang menutup pandangan dari luar akan berisiko menjadi otoriter, dengan keputusan-keputusan yang kurang tepat sasaran karena hanya melihat dari mata sendiri dan mendengar dari telinga sendiri

Mempertahankan uang dan jabatan

Sukses biasanya akan memberikan Anda uang dan jabatan, dan namanya manusia, begitu kita mendapatkan kedua hal itu, ada godaan dalam diri kita agar kedua hal tersebut tidak diambil dan hilang dari genggaman. Hal diatas wajar, sangat wajar, tetapi ekses buruknya adalah kita akan berusaha mempertahankannya at any cost. Apapun itu selama tidak hilang akan kita lakukan, mengikis profesionalitas kita, integritas, dan hal lain yang tidak beretika.

Tetap lakukan proses yang baik dan berkualitas seperti yang Anda lakukan dulu dalam usaha untuk mencapai kesuksesan saat ini. Jangan “jual” jiwa Anda melakukan hal-hal yang tidak terpuji, jalan singkat hanya untuk main aman, mempertahankan uang dan jabatan.

Dibenci orang

Kedua hal di atas dapat menyebabkan Anda dibenci orang, dan kalau sudah dibenci orang pekerjaan Anda akan lebih banyak mendapat tantangan. Percayalah, tantangan yang harus hindari adalah tantangan dari orang. Meskipun kita tidak bisa menyenangkan semua orang, tetapi apabila Anda masih melakukan proses dengan baik, mayoritas orang akan menaruh hormat pada Anda. “Si Pak A hebat ya, tidak berbeda saat dulu dengan sekarang sudah jadi bos, masih profesional & berintegritas”.

Orang adalah aset terbesar yang mendukung Anda melaju dalam karir, jangan pernah lupakan itu.

 

http://www.careerguideindonesia.com/2015/11/semakin-sukses-semakin-banyak-godaan-yang-menjatuhkan/

Mohon tunggu...

Lihat Konten Gaya Hidup Selengkapnya
Lihat Gaya Hidup Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan