Mohon tunggu...
Hewan Peliharaan (ACS)
Hewan Peliharaan (ACS) Mohon Tunggu... ojol

Tukang ojek online dan penulis recehan https://hewandankita.blogspot.com

Selanjutnya

Tutup

Keamanan

KPU Harapkan Masyarakat Lawan Hoaks dengan Cara Berikut

4 Januari 2019   11:01 Diperbarui: 4 Januari 2019   11:38 0 1 0 Mohon Tunggu...
KPU Harapkan Masyarakat Lawan Hoaks dengan Cara Berikut
(Sumber metrotvnews.com)

Kabar bohong tentang isu 7 kontainer surat suara yang sudah tercoblos sudah pasti hoaks yang dibuat oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Pihak kepolisian dan Komisi Pemilihan Umum serta Bawaslu telah melakukan pengecekan dan menyatakan bahwa hal tersebut tidak benar.

Baru-baru ini, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Arief Budiman menyampaikan tanggapanya kepada masyarakat agar semakin bijaksana dalam memberikan sikap, seperti hoaks berupa isu 7 kontainer surat suara pemilu yang sudah dicoblos. Pihaknya menyampaikan dan berharap, masyarakat agar ikut melawan hoaks dan berita palsu tersebut, bukan ikut menyebarkannya.

Memasuki masa pemilihan umum di tahun politik 2019. Kemunculan berita-berita bohong dari orang tidak bertanggung jawab, perlu mendapat respon bijak dari kita semua.

Kebiasaan sepele kita yang ingin menjadi yang pertama sebagai pengunggah, namun tanpa memastikan kejelasan berita yang dapat menganggu stabilitas keamanan dan kenyamanan dalam masyarakat, bisa menjadi masalah serius untuk diri sendiri.

Jika kita mendapat kabar bohong atau hoaks tentang informasi yang terkesan dapat menimbulkan kegaduhan, langkah yang sangat baik adalah menahan diri dan menunggu kelanjutannya. Biasanya, hanya dalam waktu tidak terlalu lama, pihak terkait akan memberi klarifikasi tentang hal tersebut.

Meski KPU, Bawaslu dan pihak kepolisian merupakan instansi yang berhubungan dengan berbagai isu dan hal lain tentang kabar bohong di tahun 2019. Masyarakat juga diperlukan peran serta dalam menjaga suasana pemilu berjalan dengan baik.