Mohon tunggu...
candra bayu suwito
candra bayu suwito Mohon Tunggu... Wiraswasta - Berikanlah manfaat dimanapun anda berada

Together

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Manajemen SDM, dari Bangku Kuliah ke Dunia Kerja

30 Juli 2021   20:38 Diperbarui: 30 Juli 2021   21:26 338 58 0 Mohon Tunggu...

Salam Sehat,

Ilmu tentang SDM yang ada di STIAMAK Barunawati Surabaya yang diajarkan oleh Dosen Dr. Nugroho Dwi P., M.Sc, tak diragukan lagi beliau memang ahli SDM di Lingkungan Pelindo Grub. Pentingnya kita belajar tentang Manajemen SDM yang bermanfaat di dunia kerja, STIAMAK memberikan pembelajaran yang efektif sehingga semua materi yang kita pelajari khususnya tentang SDM ini sangat Relevan dengan dunia kerja.

Manajemen Sumber Daya Manusia pada dasarnya, tidak ada perusahaan yang tidak memiliki divisi HR (Human Resource). Divisi inilah yang bertanggung jawab untuk mengurus berbagai keperluan perusahaan yang terkait dengan sumber daya manusia (SDM), termasuk manajemen sumber daya manusia (MSDM) agar semua pekerjaan berlangsung tanpa adanya hambatan. Lalu apa sebenarnya SDM atau Sumber Daya Manusia itu sendiri, SDM menurut (Hasibuan 2016) SDM adalah Ilmu dan Seni yang mengatur hubungan dan peranan tenaga kerja agar efektif dan efisien membantu terwujudnya tujuan perusahaan, karyawan, dan Masyarakat.

Sumber Daya Manusia disebutkan merupakan ilmu dan seni, karena SDM sendiri merupakan makhluk hidup yang kompleks sehingga tidak hanya ilmu tentang SDM tetapi juga harus dengan seni.

Adapun tujuan dari pengelolaan Sumber Daya Manusia :

1. Untuk mengembangkan efektifitas kerja dari SDM di dalam organisasi

2. Memperbaiki kualitas tenaga kerja dalam suatu organisasi sehingga dapat memberikan kontribusi terhadap organisasi

3. Memberikan aturan kerja yang efektif dengan produktivitas tinggi kepada organisasi

4. Untuk menyeimbangkan antara tujuan masing-masing individu dan menyelaraskan nya hingga mampu bergerak dalam irama yang sama untuk tujuan perusahaan

5. Membantu pimpinan perusahaan untuk mengelola seluruh tenaga kerja dengan cara yang efektif

Dengan penjalasan tersebut membuktikan bahwa belajar mengenai teori tentang manajemen SDM yang sangat efektif kita gunakan dalam dunia kerja, misalkan di dalam dunia kerja bagaimana kita sebagai pimpinan sebuah divisi atau bahkan pimpinan perusahaan mengetahui pentingnya manajemen SDM, karena tujuannya untuk mengelola SDM sangatlah berguna bagi kemajuan perusahaan.

Terimakasih para pembaca, besar harapan saya untuk memberikan nilai dan masukan yang membangun bagi saya.

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x