Mohon tunggu...
Candra Setiawan
Candra Setiawan Mohon Tunggu... pelajar/mahasiswa -

hidup bebas lepas

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Awas , Jangan Lengah di Tol Cikopo – Palimanan (Cipali)

13 Juli 2015   13:23 Diperbarui: 13 Juli 2015   13:23 912
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

 [caption caption="Pintu Gerbang Tol Cikopo Siap Melayani Pemudik"]

[/caption]

Akhirnya setelah sekian lama masyarakat menghadapi kemacetan dan keruwetan saat mudik lebaran, secercah harapan akan kelancaran dan kecepatan dalam mudik mulai menjadi kenyataan. Setelah bertahun – tahun mengalami kemacetan yang luar biasa di jalan pantai utara jawa barat, mungkin tahun ini pengalaman macet di pantura akan banyak berkurang. Dengan adanya tol Cipali ini kemungkinan 40% kemacetan yang terjadi mulai dari Cikampek, Simpang Jomin, Subang , dan Indramayu akan berkurang drastis.

Tol Cipali sendiri menghubungkan antara tol Jakarta – Cikampek dengan Tol Palimanan – Kanci. Tol ini merupakan jalur tol terpanjang di Trans Jawa yang rencananya akan menyambungkan Merak hingga Banyuwangi. Tol ini memiliki panjang 116, 75 km dan melewati 5 kabupaten di jawa barat mulai dari Kabupaten Purwakarta, Subang, Indramayu, Majalengka, dan Cirebon. Jalan Tol Cipali pada awal pembuatan ini akan memiliki jalur 2 - 2 dan akan dikembangkan sesuai jumlah kendaraan yang melewati tol ini. Jika diperlukan tol cipali dapat diperlebar hingga 4 jalur di kedua ruas.

[caption caption="Kantor pusat pengelola jalan tol Cipali"]

[/caption]

Tol Cipali dibangun oleh konsorsium swasta dan Bumn , saham perusahaan swasta sekitar 55% sedangkan Bumn 45%. Pemilik konsensi jalan tol ini bernama PT. Lintas Marga Sedaya (LMS) dengan kepemilikan 55% dimiliki oleh Berhad group dan sisanya dimiliki PT. Baskhara Utama Sedaya. Konsensi jalan tol ini memiliki jangka waktu selama 35 tahun dimulai dari penandatanganan perjanjian di tahun 2006 hingga tahun 2041.Biaya pembuatan tol Cikopo mencapai 12,5 trilyun yang dibiayai oleh pinjaman bank sebesar 70% dan sisanya merupakan modal perusahaan. Sindikasi bank ini dipimpin oleh Bank BCA dan Bank DKI dengan masa pinjaman selama 18 tahun. Pada pembangunan tol ini melibatkan kurang lebih 100 kontraktor dengan jumlah pekerja 50 hingga 100 orang. Diperkirakan sekitar 5 ribu sampai 10 ribu orang terlibat dalam pengerjaan tol ini dan memberikan multi player effect yang cukup besar bagi perekonomian warga sekitar.

Biaya untuk memakai tol ini sebesar 96 ribu untuk ruas Cikopo – Palimanan dan paling murah sebesar 6 ribu untuk ruas Subang – Kalijati. Untuk mudik kali ini pengelola tol memberikan diskon sebesar 25 % sesuai dengan perintah presiden untuk menurunkan tarif tol sebesar 25% bagi pengelola swasta dan 35% untuk pengelola BUMN. Sehingga Untuk tarif termahal sekitar 72 ribu rupiah.

[caption caption="Jalan tol yang mulus dan nyaman mengakibatkan pengendara memacu kecepatan sangat tinggi"]

[/caption]

Untuk mudik kali ini Tol Cipali dari segi infrastruktur jalan sudah cukup memadai untuk melayani para pemudik. Dengan jalan yang beraspal mulus dan sisanya merupakan beton sambungan. Jalan yang mulus ini mengakibatkan banyak pengendara mobil yang lenggah dan memacu kendaran hingga di atas 120 km/jam. Tol Cikopo - Palimanan didesain dengan kecepatan 60 – 120 km. Dengan jalan yang lurus dan datar ini mengakibatkan pengendara tidak merasa kecepatan mobil yang dikendarai sangat tinggi sehingga banyak yang menambah kecepatan hingga di atas 120km/jam. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun