Mohon tunggu...
Candhik Ayu
Candhik Ayu Mohon Tunggu... Mahasiswa - Universitas Atma Jaya Yogyakarta

Semoga bermanfaat, dan terus semangat!

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Memahami Media Jurnalistik di Negara Amerika Serikat

27 September 2021   02:20 Diperbarui: 27 September 2021   12:40 97 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Memahami Media Jurnalistik di Negara Amerika Serikat
sumber: twitter.com

Perkembangan teknologi sangat menyebar luas di seluruh dunia, tidak hanya Indonesia, Amerika Serikat juga memiliki perkembangan teknologi yang sangat amat maju dengan segala fasilitas dan tenaga kerja yang memiliki daya juang yang sangat tinggi dalam bekerja.

Pastinya di Negara Amerika Serikat juga terdapat media jurnalistik yang berkembang hingga saat ini. Dengan berbagai proses untuk dapat dikenal oleh warga Amerika Serikat dan seluruh dunia.

Jurnalisme atau jurnalistik ini berasal dari kata journal dalam bahasa Inggris , yang memiliki arti yaitu surat kabar harian, yang mana berupa catatan harian atau catatan penting mengenai suatu kejadian yang terjadi dalam sehari-hari. 

 

Media Jurnalistik di Negara Amerika Serikat di awali pada tanggal 17 Januari 1998 yang merupakan suatu kelahiran jurnalistik online. 

Yang mana pada saat itu Mark Druge, menyebarluaskan atau memublikasikan kabar perselingkuhan Presiden Amerika Serikat, Bill Clinton, bersama Monica Lewinsky pada website Druge Report (Romli, A. 2018. h. 23).

Pada tahun 2000-an hadirlah situs pribadi untuk setiap jurnalis dalam membuat berita atau surat kabar harian, yaitu website blog. 

Yang mana website blog tersebut dapat diakses secara online dengan bantuan internet, dan dapat diakes di mana saja dan kapan saja tanpa batas ruang dan waktu. 

Hal tersebut membuat masyarakat di Amerika Serikat langsung mencari tau kembali terkait berita tersebut, dengan menggunakan jejaring internet yang telah tersedia pula pada saat itu. 

Tak heran jika jejaring internet sangat mempermudahkan masyarakat dalam mengakes internet. Apalagi dalam mencari segala berita yang terbaru. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan