Mohon tunggu...
Calvin Russell
Calvin Russell Mohon Tunggu... your future.
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

enjoy your life

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Beberapa Hal yang Bisa Orangtua Lakukan untuk Perkembangan Sang Buah Hati (Part 2)

31 Mei 2019   16:43 Diperbarui: 12 Juni 2019   10:08 0 1 0 Mohon Tunggu...
Beberapa Hal yang Bisa Orangtua Lakukan untuk Perkembangan Sang Buah Hati (Part 2)
keluarga bahagia

St Monica School Jakarta

Semua orangtua tentunya ingin anak-anak mereka menjadi pintar dan sukses. Untuk mewujudkannya, Anda sebagai orangtua harus menjadi contoh atau teladan bagi pembelajaran anak-anak. 

Orangtua memainkan peran penting dalam membantu memastikan perkembangan anak. Ada banyak hal yang dapat dilakukan orangtua untuk mendukung perkembangan anak dalam proses pembelajarannya. Berikut ini adalah berbagai hal yang bisa orangtua lakukan untuk membantu perkembangan anak.

Menghubungkan apa yang dipelajari anak Anda dengan kehidupan sehari-hari.

Jadikan belajar bagian dari pengalaman sehari-hari anak Anda, terutama ketika itu merupakan pertanyaan alami yang keluar dari anak Anda. Contohnya, saat Anda mengemudi di mobil, hitung plat nomor dan bicarakan statusnya. Saat Anda menghidupkan blender, jelajahi cara kerjanya bersama. Ketika anak Anda mempelajari cuaca, bicarakan mengapa cuaca begitu panas di pantai. Lakukan percakapan memberi dan menerima, mendengarkan gagasan anak Anda alih-alih menuangkan informasi ke dalam kepala mereka.

Menghubungkan apa yang dipelajari anak Anda dengan dunia.

Temukan cara yang sesuai usia untuk membantu anak Anda menghubungkan pembelajaran sekolahnya dengan dunia. Mulailah dengan mengajukan pertanyaan. Misalnya, tanyakan kepada siswa kelas dua, apakah dia tahu tentang peristiwa baru-baru ini, dan apa yang dia dengar. Kemudian tanyakan apa yang bisa dia lakukan untuk membantu (seperti mengirim sumbangan ke panti asuhan). Ini akan membantu anak Anda menjadi orang yang lebih peduli.

Membantu anak Anda mengambil alih pembelajarannya.

Orangtua tentu ingin menjaga anak-anak untuk bertanggung jawab atas pembelajaran mereka, termasuk bertanggung jawab atas keberhasilan dan kegagalan mereka dengan menunjukkan kepada anak betapa menariknya pembelajaran dan memotivasi anak untuk belajar sebagai minat intrinsik anak, bukan eksternal.

Jangan terlalu menjadwalkan anak Anda!

Meskipun Anda mungkin ingin menambah pembelajaran mereka dengan kegiatan luar, namun berhati-hatilah dengan banyaknya kegiatan pembelajaran yang Anda berikan. Anak-anak membutuhkan waktu istirahat sebanyak yang mereka perlukan untuk melakukan kegiatan ekstra kurikuler. Untuk itu, pantau anak Anda untuk melihat bahwa ia benar-benar menikmati apa yang ia lakukan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2