Mohon tunggu...
Cahyatul Uviana
Cahyatul Uviana Mohon Tunggu... Jurnalis - Mahasiswa

Live Your Life

Selanjutnya

Tutup

Worklife Pilihan

Selesaikan Permasalahan Dunia Kerja dengan Ilmu Psikologi

21 September 2021   10:00 Diperbarui: 21 September 2021   10:09 205 7 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Selesaikan Permasalahan Dunia Kerja dengan Ilmu Psikologi
Pegawai Industri (Sumber: CNN Indonesia)

Permasalahan bisa berasal darimana saja, termasuk di tempat kerja. Hal ini tentunya akan menimbulkan dampak dan aura negatif bagi lingkungan sekitar. 

Maka dari itu penerapan psikologi di dunia kerja sangat dibutuhkan untuk diterapkan dan diaplikasikan. Ilmu psikologi itu sendiri merupakan ilmu yang mempelajari tentang manusia. Sedangkan penerapan psikologi dalam dunia kerja dinamakan Psikologi Industri dan Organisasi (PIO).

Dengan adanya PIO hal ini akan mempermudah jalannya kegiatan di dalam industri yang kemudian akan membantu menyelesaikan permasalahn yang terjadi sebelumnya. Mari kita  mempelajari lebih lanjut mengenai psikologi industri dan organisasi.

Apa itu Psikologi Industri dan Organisasi?

Seperti yang sudah anda ketahui bahwa selama berinteraksi sosial dengan banyak orang kiata akan sering kali kita menemukan permasalahan. Pada dasarnya selama kita masih hidup kita tidak akan lepas dari masalah bukan?. Tidak memandang dimanapun dan kapanpun, termasuk di tempat kerja. Hal ini bisa memengaruhi sifat dan kesehatan mental seorang karyawan atau anggota organisasi.

Psikologi Industri dan Organisasi merupakan bentuk pengaplikasian prinsip dan teori psikologi di tempat kerja. Triatna dan Cepi dalam bukunya yang berjudul Perilaku Organisasi dalam Pendidikan menyebutkan bahwa "manusia merupakan salah satu komponen penting dalam suatu organisasi karena menjadi penggerak jalannya organisasi".

Jika sudah berhubungan dengan manusia,  maka kedepannya kita tidak akan terlepas dari permasalahan sosial.

Michael G. Aamodt dalam bukunya yang berjudul Industrial/Organizational Psychology tahun 2010 menjelaskan tujuan psikologi industri yaitu unuk meningkatkan produktivitas dan kesejahteraan karyawan, yang dilakukan dengan cara pendekatan industrial dan pendekatan organizational.

Yang membedakan antara 2 pendekatan ini yaitu pendekatan industrial lebih fokus dalam menentukan kompetensi untuk mendukung pekerjaan,melengkapi organisasi dan meningkatkan kompetensi karyawan melalui pelatihan,  sedangkan pendekatan organisasi menciptakan struktur dan budaya organisasi yang akan lebih memotivasi para karyawan supaya bisa menciptakan kondisi kerja yang nyaman dan aman.

Psikologi industri dan organisasi merupakan cabang ke 14 dari ilmu psikologi. Ilmu ini mulai berkembang di Amerika, Eropa dan negara lain pada awal abad 19. Konsep dalam ilmu ini akan sangat membantu menjawab permasalahan di tempat kerja.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan