Mohon tunggu...
Bayu Anggara
Bayu Anggara Mohon Tunggu...

makaryo kanggo anak bojo

Selanjutnya

Tutup

Gaya Hidup

Rahasia Umpan Putih (Mancing Ikan Mas)

30 November 2012   05:41 Diperbarui: 22 April 2017   09:00 0 5 20 Mohon Tunggu...
Rahasia Umpan Putih (Mancing Ikan Mas)
bahan lengkap.foto pribadi

Bagi kompasianer yang punya hobi mancing di empang, tentu tidak asing lagi dengan umpan ikan mas yang sering disebut oleh kalangan pemancing sebagai Umpan Putih. Disebut umpan putih karena berbahan dasar susu dan telor. Sebenarnya umpan putih ini banyak dijual di setiap toko pancing yang ada di daerah saya tinggal, umpan sudah jadi tinggal ditambahkan sedikit pengeras (kinoy). Namun kadang ketika digunakan untuk umpan hasilnya kurang memuaskan. Ikan mas yang didapat tidak seperti yang diharapkan. 

Karenanya setelah mencuri dengar dan sedikit diskusi dengan teman-teman pemancing didapat kesimpulan bahwa setiap pemancing sebenarnya mempunyai resep rahasia untuk membuat umpan. Bahan dasar sama, susu dan telor, akan tetapi campuran apa saja yang dipakai jarang para pemancing yang juara (mendapat ikan banyak) membeberkan bahan-bahan dan cara membuatnya.

Di internet banyak bertebaran resep-resep umpan mancing, tinggal ketik "umpan jitu" di mesin pencarian, maka akan bermunculan resep-resepnya. Namun setelah saya amati, jarang sekali yang menurut saya simple dan praktis. Artinya bahan-bahan yang dibutuhkan terlalu banyak dan menurut saya sedikit membingungkan, apalagi bagi pemula yang belum pernah membuat umpan ikan.

Belajar dari pengalaman memancing selama ini, saya akan membeberkan sedikit rahasia yang selalu saya gunakan untuk memancing ikan mas di empang. Hasil racikan saya jarang sekali tidak mendapatkan ikan. Yang penting di empang ada ikannya, kalau tidak maka jangan harap ha..ha....:))

BAHAN-BAHAN

Untuk membuat umpan ikan mas yang praktis, ekonomis, kinyis-kinyis inilah bahan-bahan yang harus anda siapkan. Monggo dipirsani gambarnya. :)

Dari gambar di atas bahannya adalah sbb:

- Telor ayam 2 butir,

- Susu bubuk 1 sanchet

- Kroto (telor semut rang-rang) seharga 5 ribu perak

- Santen kelapa kara 1 bungkus

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
KONTEN MENARIK LAINNYA
x