Mohon tunggu...
Heru Gunawan
Heru Gunawan Mohon Tunggu... Human Resources - Mahasiswa

manusia pendiam

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Bagaimana Kehidupan Seorang Konten Kreator

7 Juni 2021   12:17 Diperbarui: 22 Juni 2021   19:58 231
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Apa itu konten kreator, konten kreator atau pembuat konten adalah kontribusi informasi ke media apa pun dan terutama media digital untuk pengguna dalam konteks tertentu. Konten adalah sesuatu yang ingin diekpresikan melalui beberapa media, seperti pidato, menulis atau berbagai seni untuk mengekpresikan diri, distribusi, pemasaran atau publikasi.

Pengalaman saya sebagai konten kreator di platform tiktok. Tiktok merupakan wadah yang sangat pas untuk anak muda seperti saya ini. Kenapa, karena tiktok sudah menyediakan fitur-fitur seperti backsound musiknya mereka sediakan, filter untuk memperbagus konten yang kita buat. Di tiktok ada yang namanya foryourpage. 

Apa itu foryourpage, foryourpage merupakan istilah untuk seseorang yang videonya masuk di beranda kita ketika kita membuka tiktok padahal kita tidak mengikuti akun mereka. Bagaimana hal itu terjadi. Hal itu terjadi karena banyak yang menyukai video kita, berkomentar, dan membagikannya ke teman-teman mereka.

Foryourpage tiktok juga berpengaruh dengan berapa lama kita menonton konten seseorang. Jika kalian sering menonton hal-hal yang misterius beranda kalian akan dipenuhi dengan konten kreator yang membuat video tentang hal-hal yang misterius begitu juga dengan hal-hal yang lain. Jadi beranda kita tergantung berapa lama kita menonton konten orang tersebut.

Saya adalah seorang konten kreator tiktok yang membuat video tentang tempat coffee shop yang ada diJogjakarta. Awal saya bermain tiktok hanya untuk hiburan semata, membuat video lucu-lucuan bareng teman. Isitilahnya biar tidak ketinggalan zaman. 

Video yang saya buat hanya untuk kesenangan ternyata bukan hal yang ingin orang lihat video itu hanya saya dan teman-teman saya yang melihat. 

Saya beralih menjadi konten kreator video "estetik". Video pertama saya yang masuk ke beranda orang adalah https://www.tiktok.com/@weakhumanzz/video/6866840720142044418?lang=id-ID&is_copy_url=0&is_from_webapp=v1&sender_device=pc&sender_web_id=6970905810215192066 

itu kali pertama video saya yang menembus 452,3K viewers dan disukai 54,4k orang serta 990 komentar. Disini saya merasakan bangga dan senang karna bisa menjadi tempat referensi untuk dikunjungi dikota Yogyakarta. Hal yang membanggakan lainnya adalah video saya di komentarin oleh influencer younglex. Isi komentarnya "ini di mana deh? mau shooting disini. Disini saya merasa starsyndrome itu benar adanya hehe.

Karena udah jarang main ke alam sekarang saya beralih membuat konten cinematic. Video tentang tempat-tempat yang ada dikota Yogyakarta. Karena sering melihat isi beranda video cinematic-cinematic tempat di seluruh indonesia saya memutuskan untuk membuatnya juga. Awal video hanya menonton hanya dikit, kecewa jelas. 

Tapi kalo dipikir-pikir kemarin orang yang mengikuti akun saya karena ingin melihat keindahan alam yang ada di Yogyakarta untuk dijadikan referensi ketika mengunjungi Yogyakarta. Namun seiring berjalannya waktu dan rutinnya saya membuat video. Ternyata saya juga menemukan pasar yang cocok untuk followers saya. 

Saya membuat video cinematic sebuah tempat coffeeshop yang ada di Yogyakarta.  Senang, jelas akhirnya menemukan apa yang follewers atau orang lain mau. Intinya tiktok merupukan platform yang pas untuk kita atau kalian yang ingin mengapresiasikan karya kalian untuk dinikmatin orang lain. Tiktok juga bisa kita gunakan untuk berjualan secara kreatif. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun