Mohon tunggu...
Buyung Okita
Buyung Okita Mohon Tunggu... Spesialis Nasi Goreng Babat

Humaniora

Selanjutnya

Tutup

Film

Direwolf Game of Thrones, apakah ada peran khusus ?

7 Juli 2020   11:12 Diperbarui: 7 Juli 2020   11:24 47 4 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Direwolf Game of Thrones, apakah ada peran khusus ?
winter-isng-5f03f8dc097f362a53063e03.jpg

Game of Thrones, bagi penggemar serial televisi berseri luar negeri, siapa yang tidak mengetahui serial satu ini ? Hampir setiap tahun selalu memiliki rating penonton tertinggi dan sealu ditunggu penayangannya tiap tahun, mulai tayangan perdananya tahun 2011 hingga sesi finale pada tahun 2019. Terlepas dari adanya kontroversi dan kritikan yang pedas mengenai akhir cerita yang disajikan dalam sesi finale nya.

Game of Thrones merupakan adaptasi dari novel yang berjudul "A Song of Ice and Fire" karya George R.R. Martin. Bahkan salah satu moto dan kalimat legendaris yang muncul dalam serial tersebut dikutip langsung oleh Presiden Joko Widodo ketika Pertemuan IMF dan Bank Dunia beberapa tahun lalu. Frase tersebut adalah "The Winter is Coming", metafora dan sayarat akan makna bahkan menjadi perbincangan hangat pada saat itu.

Ya, novel A Song of Ice and Fire memiliki unsur simbolisasi atau semiotika yang sangat kuat, termanifestasi dalam banyaknya dialog metafora yang kaya akan makna sastra tetapi juga simbolisasi makna dibaliknya. Agar tidak terlalu rumit, bagaimanakah simbolisasi makna dan peran Direwolf dalam Cerita Game of Thrones ?

Bagi penonton atau pembaca serial novel tersebut, pasti tidak asing dengan enam sosok binatang buas yang merupakan Srigala Raksasa yang disebut Direwolf. Direwolf sendiri di dunia nyata merupakan hewan dalam spesies Srigala yang sudah punah 40.000 tahun lalu. Direwolf dalam novelnya digambarkan merupakan serigala raksasa yang berukuran hingga sebesar kuda. Dalam dunia fiksi Game of Thrones sendiri, direwolf sudah dianggap hampir punah, hingga 6 anak direwolf tersebut ditemukan oleh keluarga Starks di awal cerita. Kelima putra-putri keluarga Starks diberikan masing-masing satu untuk mereka rawat. Serigala itu diberi nama 'Grey wind' untuk Robb Stark, 'Lady' untuk dan Sansa Stark, 'Nymeria' untuk Arya Stark, 'Summer' untuk Brandon Stark dan 'Shaggy dog' untuk Rickon Stark. Dan satu direwolf albino yang berbulu putih yang bernama 'Ghost' untuk anak haram dari Eddard Stark yang bernama Jon Snow. 

Direwolf sendiri merupakan lambang keluarga atau sigil dari bendera yang dipakai oleh keluarga Stark dan pasukannya. Direwolf berperan penting saat pertempuran yang dilakukan oleh Robb Stark dan Jon Snow, Karena ukurannya yang sebesar kuda direwolf Grey Wind milik Robb Stark membuat takut musuhnya ketika bertempur dan membantunya dalam memenangkan pertempuan. Tetapi peran sesunguhnya adalah bahwa direwolf tersebut adalah karena mereka saling memiliki hubungan yang dekat terhadap setiap putra-putri keluarga Starks. Direwolf tidak hanya memiliki loyalitas kepada tuannya dan juga saling berbagi sifat dan kepribadian satu sama lain antara tuan dan serigalanya, tetapi juga merepresentasikan bagaimana nasib dari tuannya.

Grey Wind merupakan direwolf yang memiliki bulu berwarna abu-abu milik Robb Stark, putra pertama Eddar Stark. Warna bulu abu-abu Grey wind persis seperti lambar keluarga Stark yaitu lambang direwolf yang berbulu abu abu, dimana grey wind memiliki simbol bahwa Robb Stark adalah pewaris keluarga Stark, karenanya Robb Stark juga dijuluki sebagai 'the young wolf' .Grey wind banyak membantu pasukan Robb Stark dalam mencari jejak musuh dan memenangkan pertempuran. Grey Wind selalu tampil mendampingi Robb Stark ketika rapat militer ataupun acara resmi dan sangat patuh.  Bahkan Catlyn Stark ibu dari Robb Stark mengatakan bahwa Grey Wind selalu memiliki intuisi dan tidak ramah terhadap orang yang memiliki niat buruk terhadap Robb tetapi sangat ramah terhadap orang yang baik kepada majikannya. Grey Wind bertarung bersama dengan Robb dan mati bersamanya, bahkan kepala Grey wind dijahit pada tubuh Robb Stark sebagai simbol tidak terpisahnya diantara keduanya dan juga simbol kekalahnnya.

game-of-thrones-robb-stark-by-greg-ruth-5f03eef9d541df517e691062.jpg
game-of-thrones-robb-stark-by-greg-ruth-5f03eef9d541df517e691062.jpg
 Robb stark dan Grey Wind

Sansa Stark putri kedua Eddard Stark memiliki direwolf yang bernama Lady. Sansa merupakan perempuan yang anggun namun sedikit naif di awal cerita, terobsesi menjadi ratu karena rencana pertunangannya denga putra mahkota Joffrey. Lady direwolf milik sansa juga memiliki sifat yang patuh dan tidak melakukan hal yang aneh-aneh. Seperti namanya 'Lady' dan sifat pemiliknya. Kematian Lady menandakan awal berubahnya sisi kehidupan Sansa, dimana kehidupan yang ia alami setelah itu berbeda jauh dari kehidupan yang seharusnya ia miliki sebagai bangsawan, dipaksa untuk meihat eksekusi sang ayah, dipermainkan dalam politik. Kematian direwolf Lady menandakan kematian dirinya yang naif, dan lahirnya sisi dirinya yang sangat jauh berbeda yang jauh lebih pintar secara politik daripada saudaranya yang lain. Kematian Lady menjadi representasi kehidupan sansa dan simbol dari kehilangan  dan pelajaran yang diterima olehnya.

tumblr-prd6p1sce11tdmwb4o1-1280-5f03efa9d541df076a04c6e2.jpg
tumblr-prd6p1sce11tdmwb4o1-1280-5f03efa9d541df076a04c6e2.jpg
 Sansa dan Lady

Nymeria, merupakan direwolf milik putri ketiga Eddard Stark yaitu Arya Stark. Berbeda dengan direwolf Lady milik Sansa, Nymeria sangat bersemangat, aktif, dan juga sangat berbahaya, dan lebih berbahaya daripada grey wind milik Robb Stark. Tanpa diperintahkan Nymeria dapat menyerang seseorang yang membahayakan Arya tanpa diperintah.  Insiden saat perjalanan menuju ibukota memaksa Arya untuk melepaskan Nymeria di hutan. Kejadian ini juga merepresentasikan menghilangnya Arya dari Ibu kota setelah insiden eksekusi pembunuhan ayahnya. Arya kembali melarikan diri setelah menyaksikan pembantaian yang dilakukan oleh keluarga Frey kepada Ibunya dan Robb Stark. Melarikan diri jauh di benua seberang untuk dilatih sebagai pembunuh berdarah dingin yang mampu merubah wajah dan personalitas, berubah menjadi gadis yang kuat dan ahli dalam bertempur melebihi saudaranya yang lain. Nymeria hidup di hutan sebagai pemimpin kaanan serigala sedangkan Arya menjelajahi benua Westeros dan Essos, menjadi kuat seperti serigala untuk menghadapi musuh dan pembunuh keluarganya.

f928b1a6ef4e04eda7338c8c06f65431-5f03efc4d541df7515717c63.jpg
f928b1a6ef4e04eda7338c8c06f65431-5f03efc4d541df7515717c63.jpg
 Arya dan Nymeria

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x