Mohon tunggu...
Bunga Dewanto
Bunga Dewanto Mohon Tunggu... apelu liat"

buat kalian yang tetep liat...haaaiiii

Selanjutnya

Tutup

Hobi

Games Online, Hobi Siswa Masa Kini

3 September 2019   11:04 Diperbarui: 3 September 2019   11:11 0 0 0 Mohon Tunggu...

Kalian pasti tahu apa itu games online. Permainan yang sedang naik daun di industri games ini sangat populer dikalangan para generasi muda masa kini. Permainan Daring adalah jenis permainan komputer yang memanfaatkan jaringan komputer. Jaringan yang biasanya digunakan adalah jaringan internet dan yang sejenisnya serta selalu menggunakan teknologi yang ada saat ini, seperti modem dan koneksi kabel. Biasanya permainan daring disediakan sebagai tambahan layanan dari perusahaan penyedia jasa online, atau dapat diakses langsung melalui sistem yang disediakan dari perusahaan yang menyediakan permainan tersebut. Sebuah game online bisa dimainkan secara bersamaan dengan menggunakan computer yang terhubung ke dalam sebuah jaringan tertentu. 

Contoh-contoh permainan daring yang sedang marak dimainkan anak zaman sekarang atau sering disebut Kids Jaman Now adalah PUBG, HAGO, FreeFire, dan masih banyak lagi. Apalagi game Mobile Legends yang sudah tidak asing didengar masyarakat +62. Tapi,  kenapa ya, memainkan Online Games jadi tren hobi dikalangan siswa-siswi dari berbagai macam jenjang pendidikan? "Saya suka main Games Online karena seru dan melepas stress," jawab seorang siswi kelas 8 yang sering memainkan online games pada waktu luangnya. 

Ada beberapa alasan siswa-siswi suka memainkan tipe games seperti ini. Dilansir dari merdeka.com, ada lima alasan mengapa anak muda gemar bermain permainan daring,

1. Merasa menjadi orang lain.
Pada otak manusia, terdapat sebuah jaringan yang bernama neuron cermin. Sel ini membuat manusia dapat merasa menjadi orang lain dan merasakan pengalaman yang dialaminya. Dalam bermain game, sel ini bekerja dan berpengaruh terhadap emosi manusia seakan dirinya yang sedang menjadi tokoh dalam game tersebut. Jika dalam game tersebut Anda menjadi seorang tokoh yang menyelamatkan dunia, maka rasa bangga dan akan muncul bahwa Anda benar-benar sudah menyelamatkan dunia.

2. Meningkatkan rasa percaya diri
Dalam game terdapat level atau tingkatan dalam permainan. Semakin tinggi level dan Anda capai dan selesaikan, maka akan muncul rasa puas dari diri Anda. Rasa puas dan kebanggaan dari game ini dapat membuat rasa percaya diri yang Anda miliki jadi meningkat.


3. Melepaskan stres
Banyak orang tidak dapat melampiaskan stres yang mereka alami ke dunia nyata. Dengan bermain video game, seseorang dapat mengurangi stres ataupun melupakannya untuk sejenak. Ketika seseorang sudah terhubung dengan permainan, maka orang itu sudah berada di dunia yang berbeda. Itulah mengapa banyak video game dengan unsur kekerasan cukup laris, karena menjadi sarana pelampiasan stres yang dimiliki oleh manusia.


4. Meningkatkan jumlah dopamin
Dopamin adalah zat kimia yang muncul ketika seseorang mendapatkan pengalaman yang menyenangkan. Ketika bermain video game, tubuh memproduksi dopamin lebih banyak dan menimbulkan efek kecanduan untuk terus bermain.


5. Sebagai pelarian
Banyak orang suka bermain video game karena mereka terlalu takut untuk menghadapi dunia nyata. Seseorang yang kesepian atau banyak menghadapi masalah dalam hidupnya cenderung lebih banyak bermain video game karena mereka takut menghadapi dunia nyata dan ingin berada di dunia tempat mereka dapat menjadi orang lain. Selain itu video game juga dapat digunakan untuk melakukan hal-hal yang tidak dapat mereka gunakan di dunia nyata.

Sebenarnya bermain games online tidak apa-apa, asal tidak berlebihan hingga kewajiban kita sebagai siswa sekolah, umat beragama, dan anak tidak terlalaikan. Banyak siswa-siswi yang memainkan games untuk refreshing setelah belajar. Games ada yang mendidik, ada juga yang tidak. Kita wajib berhati-hati saat memilih dan memainkan games. Saat memainkannya, kita juga harus berhati-hati akan modus-modus, perundungan, serta kata kasar. Namun, games online juga dapat membantu kita membangun pertemanan dan menambah kenalan diluar lingkungan rumah dan sekolah.