Mohon tunggu...
Budiman
Budiman Mohon Tunggu... Mahasiswa - Penulis

Penulis. Menyukai berbagai bidang pekerjaan yang menambah ilmu pengetahuan dan mendapatkan pengalaman.

Selanjutnya

Tutup

Cerpen Pilihan

Cerpen || Kemenangan Seorang Guru

6 Februari 2024   12:28 Diperbarui: 6 Februari 2024   12:31 66
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Seorang Guru Sedang Mengajar (Sumber: Pixabay.com/Jerry Kimbrell)

Di sebuah kota sederhana yang dikelilingi perbukitan zamrud, hiduplah seorang guru yang berdedikasi bernama Ny. Anderson. Dengan hati yang penuh semangat dan keinginan untuk membuat perbedaan, Ny. Anderson memulai perjalanannya sebagai pendidik di sekolah komunitas kecil.

Ibu Anderson menghadapi banyak sekali tantangan sejak awal. Sekolah tersebut kekurangan sumber daya yang memadai, dan siswanya berasal dari latar belakang yang berbeda-beda, masing-masing memiliki kendala tersendiri. 

Meskipun mengalami kesulitan, Ibu Anderson percaya pada kekuatan transformatif dari pendidikan dan dampak yang dapat diberikan oleh seorang guru yang berdedikasi terhadap pikiran generasi muda.

Salah satu muridnya, Ravi, menonjol di antara yang lain. Ravi berasal dari keluarga bermasalah, dan akibatnya prestasi akademisnya menurun. Ibu Anderson memperhatikan potensi dalam dirinya dan memutuskan untuk menginvestasikan waktu dan upaya ekstra untuk membantunya mengatasi kesulitannya.

Sore hari berubah menjadi sesi bimbingan belajar, dan akhir pekan menjadi kesempatan untuk mendapatkan dukungan tambahan. Ibu Anderson tidak hanya fokus pada perjuangan akademis Ravi tetapi juga memberikan dukungan emosional, menjadi mentor dan cahaya penuntun dalam hidupnya. Perlahan tapi pasti, nilai Ravi meningkat, dan rasa percaya dirinya pun melambung tinggi.

Kabar tentang dedikasi Ny. Anderson tersebar, dan tak lama kemudian, para orang tua serta koleganya memperhatikannya. Pihak administrasi sekolah, terkesan dengan komitmennya, memutuskan untuk menominasikan Ny. Anderson untuk penghargaan mengajar yang bergengsi. 

Nominasi tersebut menimbulkan emosi yang campur aduk bagi Ny. Anderson, yang tidak pernah mencari pengakuan namun merasa bersyukur atas pengakuan atas usahanya.

Saat upacara penghargaan semakin dekat, Ny. Anderson merenungkan perjalanannya. Larut malam yang dihabiskannya untuk mempersiapkan pelajaran, jam ekstra yang dihabiskan untuk setiap siswa, dan tantangan yang dia hadapi, semuanya merupakan bagian dari permadani yang menentukan kariernya.

Malam upacara pun tiba, dan masyarakat kota kecil berkumpul untuk merayakan pencapaian Ny. Anderson. Ketika namanya diumumkan sebagai pemenang, tepuk tangan meriah di ruangan itu. Nyonya Anderson, dengan rendah hati dan bersyukur, melangkah ke atas panggung, hatinya dipenuhi dengan rasa pencapaian.

Pengakuan tersebut tidak hanya meningkatkan status Ny. Anderson di masyarakat namun juga menjelaskan pentingnya pendidik yang memberikan yang terbaik bagi siswanya. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Cerpen Selengkapnya
Lihat Cerpen Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun