Mohon tunggu...
Budiman
Budiman Mohon Tunggu... Mahasiswa - Penulis

Penulis. Menyukai berbagai bidang pekerjaan yang menambah ilmu pengetahuan dan mendapatkan pengalaman.

Selanjutnya

Tutup

Cerpen

Pengalamanku Kuliah Sambil Kerja

2 Februari 2023   21:30 Diperbarui: 2 Februari 2023   21:29 325
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi. Tempat berbelanja kebutuhan (foto: Pixabay.com/kasjanf / 213 Images).

Setiap orang memiliki cerita dan kisah masing-masing dalam kehidupannya, termasuk juga aku. Aku adalah seorang pemuda yang ingin berkuliah, dan saat itu awal kuliah dimulai dengan sambil bekerja.

Aku lulus SMA pada mei 2017, dan mulai bekerja sampai dengan 2020. Pada 2020 itu juga aku mulai mendaftar dan masuk dikampus yang aku impikan dari dulu, yaitu UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

Awal masuk perkuliahan masih disibukkan dengan sambil bekerja, tetapi karena pada 2020 itu juga adanya covid 19 maka aku kuliah hanya berbasis online. 

Ini sebenarnya menguntungkan aku sebagai seorang mahasiswa yang masih bekerja, tetapi walaupun begitu aku masih kesulitan untuk mengatur waktu untuk keduanya.

Oiya, disini aku bekerja disalah satu perusahaan swasta yang bergerak dibidang retail. Aku sebelumnya bekerja mulai dari 2018 sampai dengan 2020. 

Sebenarnya peraturan perusahaan setiap karyawan tidak boleh bekerja sambil kuliah. Akan tetapi aku masuk kuliah sebelumnya sudah izin dengan atasan, maka aku tetap masuk kuliah. 

Dengan adanya izin dari atasan itu mempermudah aku mengatur dan merubah jadwal kerjaku. Bayangkan saja, ditempat kerja aku sering gunakan untuk masuk zoom meeting pada perkuliahan. 

Misalnya begini, ketika aku masuk pagi dengan jadwal 07:00-15:00 maka aku harus fokus bekerja. Dengan adanya perkuliahan aku harus bisa sambil berkuliah. 

Ketika aku dalam keadaan bekerja dan disaat itu juga aku ada jadwal kuliah, maka aku meminta izin dengan rekan kerja untuk berkuliah secara online. Untungnya para rekan kerjaku sangat mengerti dengan keadaan yang sedang aku jalani sekarang. 

Kendala dalam bekerja sambil kuliah menurutku dari segi waktu aja sih, yang mana ngatur waktunya sulit. Dan selain itu selalu waspada dengan bos besar, yang aku maksud bos diatas yaitu bos yang satu tempat kerja sedangkan bos yang aku waspadain adalah bos besar perusahan. Karena kalau sampe bos perusahaan tau bisa kacau. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Cerpen Selengkapnya
Lihat Cerpen Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun