Mohon tunggu...
Budi idris
Budi idris Mohon Tunggu... Guru PPKn, Blogger, Penulis Buku dan Praktisi Bela diri Karate

Dengan tulisan mari berkarya dan berprestasi

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Belajar Dagang ke Negeri Minang

1 April 2021   06:54 Diperbarui: 1 April 2021   06:56 72 4 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Belajar Dagang ke Negeri Minang
Dok. Pribadi

Sumatera Barat salah satu provinsi di Indonesia tepatnya di pulau sumatera, etnis Minangkabau sebagai penduduk asli daerah ini atau lebih sering kita menyebutnya dengan sebutan Minang.

memiliki berbagai pesona tempat wisata, tanah kelahiran beberapa tokoh-tokoh bangsa, dan yang paling terkenal kulinernya masakan Padang yang ada di penjuru Indonesia bahkan dunia.

Belajar ke Negeri Minang, saya coba mengajak kita semua melihat keunggulan sumatera barat yang dihuni oleh orang Minang. Dan mari kita belajar berbagai hal dari tanah Minang sumatera barat.

Banyak hal yang bisa kita pelajari dari tanah Minang ini. Salah satunya jiwa Dagang Orang Minang

Jika kita perhatikan, jika kita ke pasar berbelanja biasanya kita akan sering menemui orang Minang sebagai pedagang. Bahkan di setiap kota kita sering menemukan rumah makan masakan Padang.

Dari sini kita bisa belajar begitu hebatnya jiwa Dagang orang Minang, dan keuletan orang Minang dalam berdagang patut kita acungi jempol. Dalam berdagang orang Minang tidak pernah takut dalam bersaing bahkan kita sering menemui banyaknya pedagang Minang yang membuka toko berdekatan dengan saudara sesama suku minang, produk yang dijual juga terkadang sama jenisnya.

Pelajaran yang kita ambil ternyata saingan dalam berdagang itu tidak ada semakin banyak pedagang dengan dagangan sejenis ini sangat menguntungkan karena akan terjadi sentral atau pusat belanja. Sehingga konsumen akan mudah menemukan produk yang di inginkan. 

Sebagai contoh jika sepanjang jalan seluruhnya berjualan pakaian ini bukan dikatakan bersaing tapi menciptakan sentral perdagangan pakaian. Konsumen akan datang berbelanja dan akan mempromosikan tempat tersebut biasanya kita mendengar kalau mau belanja pakaian kejalan sana aja disana banyak penjual pakaian. Begitulah mungkin bahasa ditengah-tengah masyarakat.

Jadi kalau anda mau jadi pedagang, belajarlah dengan saudara-saudara kita yang berasal dari Minang.

Berdagang menjadi jalan untuk kita mendapatkan uang yang lumayan, bila dibandingkan menjadi karyawan yang menerima gaji bulanan. Berdagang jika dilakukan dengan ketekunan akan memberikan kita kemakmuran.

Negeri Minang dengan masyarakatnya memiliki jiwa Dagang yang sudah terlatih sejak zaman dahulu, mudah-mudahan kita bisa belajar dari mereka dan segera mempraktekkannya. Terima kasih

VIDEO PILIHAN