Media online sudah menjadi bagian dari kebutuhan masyarakat khususnya generasi milenial. Seperti yang kita ketahui bahwa perkembangan teknologi khususnya smart phone sudah tidak bisa dipisahkan lagi dari keseharian generasi ini. Staf ahli menkominfo yaitu Henri Subiakto mengatakan bahwa saat ini semua informasi apalagi menyangkut topik yang sedang ngetren asalnya dari media online atau yang sering kita sebut dengan media sosial. Ada salah satu perkataan pak Henri yang dikutip dari situs kominfo.go.id yaitu "kalau dulu mass communication, sekarang komunikasi menjangkau banyak orang melalui self to self"(Kominfo, 2017).
Membahas Korea Selatan tentunya sudah tidak asing lagi. Negara yang dijuluki negeri gingseng ini sudah dikenal di seluruh dunia lewat budaya, musik Kpop, dan juga drama ini mendapat perhatian masyarakat. Jika melihat media online di Korea selatan, kita mengetahui bahwa ada beberapa media online terkenal yang sangat membantu masyarakat disana.
Beberapa contoh media online yang ada di Korea yaitu, hadirnya  OhMyNews pada tahun 2000 yang merupakan surat kabar harian online yang di dirikan oleh Oh Yeon-ho beserta rekan-rekannya, sebenarnya menjadi salah satu situs web berita online pertama yang menerima dan menerbitkan artikel dari pembacanya.
Apasih hubungannya dengan generasi milenial ? mengambil contoh ketertarikan generasi millenial terhadap musik kpop, ditengah pandemi covid19 tidak membuat para agensi di Korea berhenti dalam proses produksi dan justru meledak drastis. Tahun 2020 ini seperti tahun dimana musik kpop memproduksi banyak karya. Dalam proses marketing, para agensi memanfaatkan berbagai macam platform untuk melakukan promosi.
Berangkat dari pengalaman saya sebagai pecinta musik kpop, disini saya melihat bahwa pemanfaatan media online bagi industri musik kpop sangat terlihat. Promosi yang dilakukan seperti menampilkan tayangan music video (MV), daily activities,variety show, behind the scene pembuatan MV, dan berbagai talkshow sudah bisa disaksikan secara online. Selain itu dalam proses penjualannya pun sudah melalui platform online sehingga mempermudah para fans yang ada di seluruh dunia untuk membelinya.
Contoh nyata penggunaan media online di Korea yaitu terlihat di tahun 2020 ini. Berkaitan dengan pandemi covid19 yang tidak memungkinkan para artis menggelar konser, banyak yang akhirnya melakukan koser secara online dan tidak disangka jumlah penontonnya hampir sama ketika konser offline. Salah satu contohnya yaitu ada SM Entertainment yang bekerja sama dengan Vlive untuk mengadakan konser "Beyond Live".Â