Mohon tunggu...
Britney Pincky
Britney Pincky Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa

Selamat membaca... Sangat terbuka untuk kritik dan saran.

Selanjutnya

Tutup

Inovasi

Ada Apa Antara Media Online dengan Korea Selatan dan Generasi Millenial?

22 September 2020   13:31 Diperbarui: 22 September 2020   13:35 152
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Media online sudah menjadi bagian dari kebutuhan masyarakat khususnya generasi milenial. Seperti yang kita ketahui bahwa perkembangan teknologi khususnya smart phone sudah tidak bisa dipisahkan lagi dari keseharian generasi ini. Staf ahli menkominfo yaitu Henri Subiakto mengatakan bahwa saat ini semua informasi apalagi menyangkut topik yang sedang ngetren asalnya dari media online atau yang sering kita sebut dengan media sosial. Ada salah satu perkataan pak Henri yang dikutip dari situs kominfo.go.id yaitu "kalau dulu mass communication, sekarang komunikasi menjangkau banyak orang melalui self to self"(Kominfo, 2017).

Membahas Korea Selatan tentunya sudah tidak asing lagi. Negara yang dijuluki negeri gingseng ini sudah dikenal di seluruh dunia lewat budaya, musik Kpop, dan juga drama ini mendapat perhatian masyarakat. Jika melihat media online di Korea selatan, kita mengetahui bahwa ada beberapa media online terkenal yang sangat membantu masyarakat disana.

Beberapa contoh media online yang ada di Korea yaitu, hadirnya  OhMyNews  pada tahun 2000 yang merupakan surat kabar harian online yang di dirikan oleh Oh Yeon-ho beserta rekan-rekannya, sebenarnya menjadi salah satu situs web berita online pertama yang menerima dan menerbitkan artikel dari pembacanya.

56077-5f6979a5d541df485d3da722.jpg
56077-5f6979a5d541df485d3da722.jpg
https://www.naver.com/
https://www.naver.com/
Selain itu adanya Naver sebagai salah satu web pencarian yang sangat terkenal di Korea Selatan ini merupakan salah satu situs web yang lebih sering dipakai masyarakat korea dibandingkan google. Tentu saja selain media online tersebut, berbagai platform lain seperti Twitter, Youtube, Instagram, dan berbagai media sosial lainnya sering dipakai juga di Korea baik untuk mencari informasi ataupun sebagai hiburan. 

Apasih hubungannya dengan generasi milenial ? mengambil contoh ketertarikan generasi millenial terhadap musik kpop, ditengah pandemi covid19 tidak membuat para agensi di Korea berhenti dalam proses produksi dan justru meledak drastis. Tahun 2020 ini seperti tahun dimana musik kpop memproduksi banyak karya. Dalam proses marketing, para agensi memanfaatkan berbagai macam platform untuk melakukan promosi.

Berangkat dari pengalaman saya sebagai pecinta musik kpop, disini saya melihat bahwa pemanfaatan media online bagi industri musik kpop sangat terlihat. Promosi yang dilakukan seperti menampilkan tayangan music video (MV), daily activities,variety show, behind the scene pembuatan MV, dan berbagai talkshow sudah bisa disaksikan secara online. Selain itu dalam proses penjualannya pun sudah melalui platform online sehingga mempermudah para fans yang ada di seluruh dunia untuk membelinya.

Contoh nyata penggunaan media online di Korea yaitu terlihat di tahun 2020 ini. Berkaitan dengan pandemi covid19 yang tidak memungkinkan para artis menggelar konser, banyak yang akhirnya melakukan koser secara online dan tidak disangka jumlah penontonnya hampir sama ketika konser offline. Salah satu contohnya yaitu ada SM Entertainment yang bekerja sama dengan Vlive untuk mengadakan konser "Beyond Live". 

56085-5f699b31dd39435dee566533.jpg
56085-5f699b31dd39435dee566533.jpg
56083-5f69996edd3943128a3d9df2.jpg
56083-5f69996edd3943128a3d9df2.jpg
56081-5f699991dd394326af37b9a2.jpg
56081-5f699991dd394326af37b9a2.jpg
https://www.naver.com/
https://www.naver.com/
Begitulah bagaimana media online yang sudah menjadi kebutuhan masyarakat khususnya generasi millenial dan bagaimana pemanfaatan media online oleh Korea Selatan. 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun