Mohon tunggu...
Brisky S Sitompul
Brisky S Sitompul Mohon Tunggu... Mahasiswa Hukum

Hukum Harus tajam ke atas maupun kebawah

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Pembelajaran Jarak Jauh Bagi Siswa di Masa Pandemi Covid-19

19 Januari 2021   23:45 Diperbarui: 19 Januari 2021   23:52 185 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pembelajaran Jarak Jauh Bagi Siswa di Masa Pandemi Covid-19
screenshot-1-600709268ede48217a33dc36.jpg

BRISKY SEPTIAN SITOMPUL

2010611070

PROGRAM STUDI ILMU HUKUM, FAKULTAS HUKUM, UPN VETERAN JAKARTA

Brisky434@gmail.com

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pembelajaran jarak jauh terhadap siswa di masa pandemic covid-19. Pembelajaran jarak jauh adalah Pendidikan formal yang berbasis Lembaga yang peserta didik dan instrukturnya berada di lokasi terpisa sehingga memerlukan system telekomunikasi interaktif untuk menghubungkan keduanya dan berbagai sumber daya yang diperlukan di dalamnya. Dengan pembelajaran jarak jauh tersebut menjadi cara untuk menghubungkan antara siswa dan pengajar di masa pandemic covid-19.

Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif dan analitis yang dalam pelaksanaannya menggunakan survey dengan media google form. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pembelajaran jarak jauh tidak berjalan dengan baik dan tidak semua pigak dapa menjangkaunya. Para pelajar juga tidak merasa nyaman dengan pembelajaran jarak jauh ini bahkan, lebih banyak menginginkan agar pembelajaran tatap muka segera diberlakukan

Kata Kunci : Internet, Mahasiswa

PENDAHULUAN

Covid-19 banyak membawa dampak baik maupun buruk bagi semua makhluk hidup dan alam semesta. Segala daya dan upaya telah pemerintah lakukan guna memperkecil kasus penularan Covid-19. Salah satu kebijakan yang dikeluarkan adalah kebijakan pembelajaran jarak jauh untuk seluruh siswa hingga mahasiswa karena adanya pembatasan sosial.

Kasus Covid-19 di Indonesia terdeteksi awal pada tanggal 2 Maret 2020, Ketika dua orang terkonfirmasi tertular dari seorang warga negara Jepang. Hingga saat ini, bulan November 2020, kasus positif Covid-19 di Indonesia masih terus bertambah. Covid-19 banyak membawa dampak baik maupun buruk bagi semua makhluk hidup dan alam semesta. Segala daya dan upaya telah pemerintah lakukan guna memperkecil kasus penularan Covid-19. Salah satu kebijakan yang dikeluarkan adalah kebijakan pembelajaran jarak jauh untuk seluruh siswa hingga mahasiswa karena adanya pembatasan sosial.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
VIDEO PILIHAN