Mohon tunggu...
Brina Inelia Abidin
Brina Inelia Abidin Mohon Tunggu... Mahasiswa

Hi! I am Brina Inelia Abidin and currently enrolled as Economic Development Undergraduate student with a concentration in finance and banking at Economics and Business Faculty.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Pembukaan KKN Tematik UM Desa Sidorejo

15 Juni 2021   00:39 Diperbarui: 15 Juni 2021   01:20 86 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pembukaan KKN Tematik UM Desa Sidorejo
Foto: Dokumentasi Pribadi

Sidorejo, Malang- Mahasiswa Ekonomi Pembangunan Universitas Negeri Malang melakukan pembukaan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Desa Sidorejo, Kecamatan Jabung, Kabupaten Malang pada Senin, 14 Juni 2021. Pembukaan kegiatan KKN ini dilaksanakan di Balai Desa Sidorejo dengan mengangkat tema "Sinergitas Mahasiswa bersama Masyarakat Menuju Ekonomi Kreatif Desa Sidorejo." Dosen pembimbing, kepala desa serta perangkat Desa Sidorejo turut menghadiri pembukaan KKN.

Acara dimulai pada pukul 08.30 WIB yang diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya kemudian dilanjutkan dengan sambutan koordinator desa yaitu Adityara Ekayoga Eltanio, dosen pembimbing yaitu Bapak Muhammad Hasyim Ibnu Abbas, S.E., M.Sc., dan kepala desa yaitu Bapak Mohammad Mundhir Ali, S.T. 

Bapak Muhammad Hasyim Ibnu Abbas, S.E., M.Sc selaku dosen pembimbing memberikan penjelasan mengenai perbedaan antara KKN dan magang di mana dalam kegiatan KKN, mahasiswa membagikan ilmu yang telah diperoleh selama perkuliahan dalam wujud program kerja. Sedangkan dalam kegiatan magang mahasiswa mendapat ilmu dari instansi terkait.

Dalam acara pembukaan, Bapak Mundhir selaku kepala desa juga menyampaikan bahwa konsep yang dimiliki oleh mahasiswa Universitas Negeri Malang sudah bagus dan tepat sasaran. Ia juga mengatakan bahwa mahasiswa terlihat antusias dalam pelaksanaan KKN ini dan berharap konsep yang sudah dibuat dapat terealisasi dengan baik.

Acara inti dari pembukaan ini ialah penyampaian program kerja KKN kepada kepala desa dan para perangkat desa. Terdapat 8 program kerja yang dirancang oleh mahasiswa sesuai dengan tema yang diangkat. Acara selesai dan ditutup pada pukul 11.00 WIB dan pada malam harinya acara dilanjutkan dengan zoom meeting bersama Bapak Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno.

Foto: Dokumentasi Pribadi
Foto: Dokumentasi Pribadi
Adapun pada zoom meeting tersebut membahas mengenai potensi Agrowisata Malang dan Marauke, yang mana diharapkan sektor pertanian yang ada dapat berkembang dan tetap lestari. Sehingga sektor pertanian tidak hanya sebagai bahan pangan melainkan dapat menjadi media edukasi untuk generasi penerus bangsa. 

Kegiatan hari ini berjalan dengan lancar dan merupakan awal dari proses KKN mahasiswa Ekonomi Pembangunan, Universitas Negeri Malang.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x