breketex
breketex Karyawan Swasta

Penulis yang suka dengan nonton naik nonton film bioskop, anime, drama, serial barat, bahkan kadang nonton sinetron atau sitkom Indo atau India.

Selanjutnya

Tutup

Hiburan

"Inhumans", Campuran Alien dan Manusia yang Hidup di Bulan

13 November 2017   16:40 Diperbarui: 13 November 2017   16:41 310 1 1
"Inhumans", Campuran Alien dan Manusia yang Hidup di Bulan
foto : ABC

Selain film Thor, ada karya lainnya dari Marvel Cinematic Universe yaitu "Inhumans". Hal yang berbeda dari film ini adalah ini merupakan film serial yang ditayangkan di stasiun TV ABC di Amerika. Ini bukan pertama kalinya Marvel menayangkan film serial, sebelumnya sudah ada beberapa film Marvel yang jadi serial seperti Agent of Shield, Dare Devil, Jessica Jones, Agent Carter, Luke Cage, Iron Fist, dan The Defender.  Dalam film ini, menceritakan tentang ada kumpulan manusia yang merupakan keturunan dari campuran manusia dan bangsa planet Kree. Manusia-manusia ini disebut Inhumans dan mereka tinggal ada yang di bumi dan ada yang di bulan.  

Dalam cerita Inhumans ini, sebelumnya sudah diceritakan dalam serial Agent of Shield di season 2 sampai season keeempatnya. Di mana para  Inhumans ini mempunyai kekuatan khusus masing-masing tapi harus diaktifkan dahulu dengan pecahan batu kristal teriggen. Manusia biasa jika kena batu ini akan langsung menyebabkan kematian, namun jika Inhumans maka mereka memiliki kekuatan khusus atau akan berubah bentuk tubuhnya menjadi seperti alien. Di film Inhumans ini, menceritakan adanya koloni Inhumans yang hidup di bulan yang bagian "gelap" nya. Mereka bisa hidup dengan teknologi yang canggih sehingga bisa hidup di bulan membuat kerajaan (Attilan) mereka tidak terlihat seara kasat mata dan tidak dapat ditemukan oleh para astronomi/ NASA dari bumi. 

foto : screen shoot episode 1
foto : screen shoot episode 1

Dalam cerita ini menceritakan raja dari kerajaan Inhumans yaitu Blackbolt yang mempunyai kekuatan gelombang suara yang menghancurkan sehingga dia tidak dapat mengeluarkan seuara sedikitpun dan dia berbicara dengan bahasa isyarat. Menurut dari komik dia merupakan inhmans paling kuat. Selain itu terdapat ratunya yaitu Medusa dengan kekuatan bisa mengatur rambut panjangnya untuk menyerang atau berlindung. Anak dari raja dan ratu tersebut yaitu Crystal yang memiliki kekuatan dari beberapa elemen sehingga dia mampu mengendalikan api, air, tanah, es, angin, bahkan petir. Adanya keluarga kerajaan lainnya yaitu Karnak dimana dia sepupu dari Blackbolt yang memiliki kekuatan yaitu bisa memprediksi masa depan yang akan terjadi dan dia sebagai penasihat dan filsuf dari kerajaan. 

Ada juga Gorgon, yang merupakan sepupu dari Karnak yang bertugas sebagai kepala penjaga kerajaan yang mempunyai kekuatan besar di kakinya dengan kemampuan bela diri dia mampu menghancurkan batu besar dengan hanya menendangnya.  Tak cuma itu ada lagi saudara raja satu lagi yaitu Maximus yang tidak mempunyai kekuatan apapun dan dialah yang akan menjadi antagonisnya. Ada juga anjing penjaga kerajaan yaitu Lockjaw yaitu anjing bulldog raksasa yang mampu teleport.

foto : screen shoot episode 1
foto : screen shoot episode 1

Untuk jalan ceritanya, adik raja si Maximus melakukan kudeta dengan mengumpulkan pasukan untuk kudeta baik di bulan dan juga di bumi. Awalnya Maximus berhasil memulai kudeta dan mau menangkap semua keluarga kerajaan namun mereka menyadari dan Lockjaw membawa pergi keluarga dari bulan ke bumi.  Di Bumi khususnya di Hawaii, mereka mencari cara untuk  bertemu kembali karena mereka terpencar dan mereka juga dikejar oleh pasukan Maximus yang mengejar mereka dari bumi dan mereka bertemu masalah lainnya di Bumi seperti bermasalah dengan polisi, penjahat, dan pengedar narkoba. Blackbolt pun akan berusaha untuk bisa merebut kembali Attilan dari tangan Maximus.

foto : screen shoot episode 7
foto : screen shoot episode 7

Dalam 8 episode ini, cerita dibuat secara singkat dan padat sehingga tidak ada semacam "filler" atau cerita drama yang membuat lama. Pada episode pertamanya mereka menayangkan film ini di Imax. Episode pertamanya pun menjadi seperti bioskop dengan durasi yang lebih lama namun banyak sekali yang kecewa dengan penayangannya. Banyak sekali netizen dan penonton yang mengungkapkan kekecewaannya karena mereka sudah membayar di bioskop namun cerita dan filmnya tidak sesuai harapan. 

Banyak kritikus di situs rotten tomatoes yang mengatakan bahwa Blackbolt terlihat lemah dalam cerita ini, lalu banyak yang tidak tahu bahwa cerita ini merupakan cerita serial sehingga banyak yang mengatakan ceritanya digantungkan dan tidak jelas. Bagi pengamat dari Imax sendiri mereka juga akhirnya berpikir mungkin memang tidak cocok kalau film serial satu episodenya  yang dijadikan film bioskop dan lebih baik memang kalau serial ditayangkan saja di TV dan kalau memang bioskop, ceritanya  memang harus untuk bioskop atau penuh ceritanya.

Setelah didera kritik dan kekecewaan, pada masuk ke episode dua mereka kembalikan peringkatnya karena sudah banyak fans marvel yang suka dengan cerita di episode kedua hingga episode akhir . Secara cerita sendiri, Inhumans, bisa cukup di tebak jalan ceritanya, ada beberapa hal yang seru seperti pas bertarung, adanya masalah dengan manusia bumi, dan saat mereka mulai bertarung merebut Attilan. Ada drama dicerita ini dan ada beberapa cerita yang cukup mengejutkan sehingga penonton bisa penasaran dengan episode selanjutnya. 

foto : screen shoot episode 3
foto : screen shoot episode 3

Dari cerita Inhumans ini, ada beberapa hal yang mungkin bisa dianggap "easter egg" dimana adanya kemungkinan cerita ini bisa gabung atau "cross over" dengan serial Agent of Shield terlebih mereka satu stasiun TV. Adapun mereka yang belum menonton Agent of Shield bisa menonton film ini dahulu baru menonton Agent of Shield karena saling bersambung. Selain itu, adanya Disney yang membeli semua hak siar marvel dari Netflix atau hak siar lainnya sehingga ada kemungkinan juga Inhumans yang bisa muncul di Avenger atau Iron Fist yang juga bisa gabung Avenger. 

Kalau menurut dari komik, film Inhumans ini sendiri ada juga beberapa masalah besar seperti adanya kedarangan bangsa planet kree yang sebenarnya mereka tidak suka adanya keberadaan Inhumans karena menurut mereka Inhumans merupakan hasil riset gagal yang mengancam planet Kree dan harus dimusnahkan, dan adanya Maximus yang kerja sama dengan Magneto untuk melawan Blackbolt karena masalah dengan kabut Terigen sehingga mengancam kehidupan para mutan. 

Untuk harus dinilai, Inhumans ini bisa dinilai 7 dari 10 karena ceritanya memang cukup mengecewakan di awal tapi cukup seru di akhir dan menjadi kejutan di akhir.  Marvel seperti biasa adanya kejutan diakhir dan memberikan hal misterius agar bisa disambung-sambungkan ke film lainnya. Dalam ceritanya sendiri juga sudah menarik untuk ditonton dan lebih ke pengenalan dengan keluarga kerajaan Inhumans tersebut terlbeih dengan Crystal yang kalau dalam komik akan tergabung ke Fantastic 4 dan membantu Avenger. 

Karnak pun juga membantu Avenger dan masuk ke Agent of Shield sehingga masih ada jalan cerita lainnya yang mungkin terjadi. Untuk Stan Lee saya belum menemukan cameonya dalam film ini, biasanya ada cameonya bahkan salah satu film serial Marvel Xmen yaotu The Gifted saat ini sudah ada. Dari Marvel sendiri akan ada serial lainnya yang akan tayang pada tahun ini yaitu The Punisher di Netflix, Runaways di Hulu, dan di awal tahun depan ada New Warior yang tayang di Freeform. Bagaimana dengan kalian ?


-breketex-