Mohon tunggu...
Brandon Nathanael
Brandon Nathanael Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Saya adalah seorang mahasiswa Bina Nusantara yang ingin berbagi pengalaman /minat saya

Selanjutnya

Tutup

Healthy

Manfaat Olahraga Angkat Beban, Salah Satunya Sebagai Bentuk Apresiasi Diri

1 Desember 2022   00:00 Diperbarui: 1 Desember 2022   00:07 897
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

                                                                                                                              angkat beban

Olahraga angkat beban atau weightlifting merupakan sebuah olahraga yang mengharuskan individu untuk mengangkat beban yang berat dengan tujuan untuk memperbesar massa otot. 

Namun bagaimana cara mengangkat beban yang berat bisa menambah massa otot? Jawaban yang tepat untuk hal ini, yakni kerobekan atau kerusakan terhadap jaringan otot akibat mengangkat beban berat akan memicu proses pergantian sel rusak dengan sel yang baru, alhasil, massa otot berkembang dan tubuh mulai beradaptasi dengan aktivitas olahraga angkat beban tersebut (Shabrina, 2021). 

Beberapa maanfat berolahraga angkat beban lainnya adalah 1. Menurunkan BB atau berat badan. Badan Lembaga Kesehatan "American Heart Association" menyarankan untuk berolahraga angkat beban selama setidak 2x seminggu sembari melakukan High Intensity-Interval Training (HIIT) selama 75 menit untuk memperoleh dampak penurunan berat badan secara maksimal. 2. Mengurangi risiko osteoporosis atau kondisi dimana kepadatan tulang menjadi keropos dan berpotensi mengalami patah tulang disaat mengalami cedera (Pittara, 2022). 3. Fungsi Otak yang meningkat, diketahui bahwa dengan melakukan olahraga angkat beban, maka produksi hormon IGF-1 yang bertanggung jawab atas kenaikan fungsi kognitif dan dampak dari penuaan akan bertambah. 4. Risiko penyakit dan cedera yang berkurang, karena seiring kita berolahraga, kekebalan imunitas tubuh kita akan bertambah dan risiko terkena penyakit seperti sakit punggung, arthritis, fibromyalgia, atau nyeri otot akan berkurang (Shabrina, 2021).                    

Cukup dengan penjelasan singkat terkait olahraga angkat beban, sekarang suka dan duka saya terhadap aktivitas berolahraga ini.

skinny-fat-63878d754addee3b69293094.jpeg
skinny-fat-63878d754addee3b69293094.jpeg
                                                                                                                                 skinny-fat

Dulu saya ingat sekali, insekuritas terhadap bentuk fisik yang kurus namun buncit atau kita sebut sebagai skinny fat menjadi alasan saya tertarik dengan dunia olahraga khususnya olahraga angkat beban. Saya sudah terjun ke dunia olahraga angkat beban sejak 2021 April, berdampingan dengan pandemi COVID-19 yang melanda seluruh penjuru dunia. 

Pada saat itu saya juga sedang terobsesi dengan K-Pop dan produktivitas, sehingga aktivitas olahraga angkat beban sangatlah cocok untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. 

Seperti kebanyakan oknum, pengalaman pertama saya dalam olahraga angkat beban tidaklah begitu menyenangkan , karena saya ingat setelah selesai melakukan sesi pertama olahraga angkat beban, beragam bagian anggota tubuh saya merasa pegal, apalagi keesokan harinya setelah saya bangun tidur, "Wow, jadi seperti ini rasanya olahraga angkat beban" terpikirkan di otak., rasa pegal tersebut bertahan setidaknya selama 2 hari kedepan sebelum saya akhirnya bisa beraktivitas seperti biasa lagi. 

Awal saya mulai olahraga angkat beban, saya berkomitmen untuk melakukan olahraga angkat beban setidaknya 3x-4x seminggu. Jadi selang-seling senin olahraga, selasa istirahat, rabu olahraga, kamis istirahat, jumat olahraga, sabtu olahraga atau sabtu-minggu istirahat, kemudian diulang lagi minggu selanjutnya. 

Metode yang saya gunakan adalah upper/lower split; yang dimana upper sebagai gerakan angkat beban yang menargetkan anggota tubuh bagian atas dan lower sebagai gerakan angkat beban yang menargetkan anggota tubuh bagian bawah. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun