Mohon tunggu...
Pendidikan

Perdagangan Global dalam Produk Media

15 November 2018   23:50 Diperbarui: 16 November 2018   00:05 328
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Televisi

Volume perdagangan AS dalam produk budaya dan kapasitasnya untuk memproduksi dan mendistribusikan ke khalayak internasional memastikan bahwa jaringan yang berbasis di AS adalah yang paling umum dalam sistem televisi global. Di sebagian besar negara di luar AS, program impor membentuk bagian penting dari jadwal televisi, menjadikan AS sebagai 'penyedia dunia' program televisi (Dunnett, 1990). 

Program hiburan AS - serial drama, sabun dan pertunjukan, seperti Star Trek, Baywatch, Friends, ER, dan The X Files ditampilkan di saluran televisi di seluruh dunia. Selain itu, perusahaan sindikasi juga menjual 'hak format' untuk program yang lebih spesifik secara nasional, seperti acara permainan. 

Format-format buatan AS ini menunjukkan bahwa Family Feud dan Wheel of Fortune telah diadaptasi untuk produksi di banyak negara (Blumenthal dan Goodenough, 1998). Beberapa genre televisi, terutama animasi, musik, dokumenter satwa liar, dan acara olahraga langsung, relatif mudah dijual ke dalam konteks budaya yang berbeda.

Industri film internasional

Meskipun lebih banyak film diproduksi di India daripada di Amerika Serikat, bioskop global dan layar televisi didominasi oleh Hollywood, film-film Hollywood ditampilkan di lebih dari 150 negara, menghasilkan lebih dari $ 30 miliar di seluruh dunia pada tahun 1997. 

Salah satu alasan kehadiran film-film AS di seluruh dunia adalah jaringan distribusinya. Viacom, misalnya, dapat menggunakan sinergi untuk mempromosikan film dan produk lainnya secara global. Paramount Pictures, bagian dari Viacom, mendistribusikan filmnya di lebih dari 60 wilayah di Eropa, Asia dan Afrika. Cinema International BV, cabang distribusi internasional Video Paramount House, mendistribusikan video dan CR-ROM dari Simon and Schuster Interactive, MTV dan Nickelodeon Home Videos, serta Paramount Home Videos, di seluruh Eropa, Asia, Afrika dan Australia.

Penerbitan buku internasional

Di dunia penerbitan buku, meskipun Cina dan Jerman menduduki peringkat pertama dan ketiga dalam jumlah judul tertinggi yang diproduksi pada tahun 1996, penerbitan dalam bahasa Inggris sangat dominan. Pasar global untuk buku-buku berbahasa Inggris bernilai sekitar $ 20 miliar per tahun dan akan terus bertambah karena permintaan untuk buku-buku dan publikasi bahasa Inggris meningkat di seluruh dunia. 

AS memimpin pasar ekspor buku dunia, diikuti oleh Inggris. Penerbit AS, Asosiasi Pembaca Digest, misalnya, memiliki pasar internasional untuk edisi buku-buku kental yang terkenal, buku-buku tentang doit-yourself, perbaikan rumah, memasak, kesehatan, berkebun, dan buku anak-anak. Dalam beberapa tahun terakhir, perusahaan telah berkembang ke pasar yang lebih baru seperti Eropa Timur, Amerika Selatan dan Cina, di mana ia berencana untuk meluncurkan bisnis buku pasar langsung.

Media cetak internasional

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun