Mohon tunggu...
Brand Stories
Brand Stories Mohon Tunggu... Full Time Blogger - Akun Resmi

Akun ini merupakan resmi milik Kompasiana. Kompasiana Brand Stories digunakan untuk mempublikasikan artikel-artikel seputar referensi, tips, serta kolaborasi dengan mitra. Email : Brand.kompasiana@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Healthy Pilihan

Penyebab dan Cara Mengatasi Sariawan di Tenggorokan

6 Oktober 2022   10:00 Diperbarui: 6 Oktober 2022   10:02 773
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Adem Sari -- Sariawan menjadi salah satu masalah kesehatan yang pernah dialami oleh banyak orang. Kondisi ini dapat muncul di bagian mulut mana saja, termasuk tenggorokan. 

Tentunya, sariawan yang muncul di tenggorokan akan terasa sangat sakit, bahkan bisa membuat penderita susah makan dan berbicara.

Sebuah studi yang dipublikasikan dalam BMC Infectlous Disease menyatakan bahwa penyebab sariawan di tenggorokan adalah radang tenggorokan yang disebabkan oleh infeksi bakteri Streptococcus pyogenes. Selain itu, kondisi ini juga bisa terjadi akibat infeksi virus, cedera mulut ringan, stres, tonsilitis, perubahan hormon, dll. Lalu, bagaimana cara mengatasinya?

Inilah 5 Cara Mengatasi Sariawan di Tenggorokan Paling Ampuh

1. Berkumur dengan air garam

Air garam bisa dimanfaatkan untuk mengatasi sariawan di tenggorokan, terutama yang disebabkan oleh infeksi bakteri. Studi dalam Journal of Annals of Medical and Health Science Research menyatakan bahwa air garam berkhasiat untuk mengurangi perasangan serta menyembuhkan luka pada area gigi dan mulut.

Menurut studi lain yang dipublikasikan dalam Journal of Indian Society of Pedodontics and Preventive Dentistry, berkumur menggunakan air garam juga bisa membantu menurunkan bakteri berbahaya yang ditemukan dalam mulut dan air liur. Berdasarkan studi tersebut, maka air garam bisa menjadi pilihan tepat untuk mengatasi sariawan di tenggorokan.

2. Konsumsi madu

Sariawan di tenggorokan juga bisa diatasi dengan mengonsumsi bahan alami berupa madu. Sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam The Indian Journal of Medical Research melaporkan bahwa madu bisa mengurangi peradangan pada kerongkongan. 

Kandungan antimikroba pada madu juga membuat bahan alami ini sangat baik untuk membunuh jamur atau bakteri yang menyebabkan sariawan di tenggorokan.

3. Berkumur dengan cuka apel

Punya cuka apel di rumah? Kamu bisa memanfaatkannya sebagai obat alami untuk mengatasi sariawan di tenggorokan. Sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Prosthodontics tahun 2014 melaporkan bahwa cuka apel mengandung senyawa aktif yang bersifat antijamur terhadap Candida, yaitu salah satu bakteri penyebab sariawan.

Oleh karena itu, cuka apel merupakan pilihan tepat untuk mengobati sariawan. Caranya yaitu dengan mencampurkan 1 sendok the cuka apel ke dalam satu gelas air. Selanjutnya, gunakan larutan cuka apel tersebut untuk berkumur selama sekitar 15 detik. Lalukan beberapa kali untuk hasil lebih maksimal.

4. Minum teh chamomile

Masalah sariawan di tenggorokan bisa diredakan dengan mengonsumsi teh chamomile. Sejak lama, teh chamomile memang dikenal sangat berkhasiat bagi kesehatan, termasuk menyembuhkan sariawan. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun