Mohon tunggu...
Brand Stories
Brand Stories Mohon Tunggu... Full Time Blogger - Akun Resmi

Akun ini merupakan resmi milik Kompasiana. Kompasiana Brand Stories digunakan untuk mempublikasikan artikel-artikel seputar referensi, tips, serta kolaborasi dengan mitra. Email : Brand.kompasiana@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Healthy Pilihan

Dampak Buruk Mengonsumsi Air yang Tidak Layak

21 September 2022   10:00 Diperbarui: 21 September 2022   10:05 1129 2 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Air Sejuk -- Minum air putih merupakan rutinitas yang wajib dilakukan setiap hari, tujuannya agar tubuh kita tetap terhidrasi dengan baik. Bahkan, ada penelitian yang mengungkapkan kalau manusia masih bisa hidup tanpa makan tapi tidak bisa hidup tanpa air.

Ada banyak sekali manfaat rutin minum air putih untuk kesehatan tubuh seperti buang air besar menjadi lebih lancar, membantu proses penyebaran oksigen ke seluruh tubuh, menjadi pelumas otot dan sendi sehingga terhindar dari pegal-pegal dan juga menjaga kesehatan otak sehingga bisa lebih fokus dalam berpikir.

Bahaya Mengonsumsi Air yang Tidak Layak Diminum

Dalam memilih air minum tentunya tidak boleh asal, kualitas airnya harus benar-benar terjaga. Namun terkadang ketika haus menyerang secara tidak sadar langsung kita asal minum, bahkan nekat minum air keran yang masih mentah.

Hati-hati loh, karena banyak bakteri yang berkeliaran di dalam air minum yang tidak layak atau masih mentah seperti bakteri E.Coli, Salmonella, hingga Gradia. Semua bakteri tersebut bisa menimbulkan dampak buruk pada kesehatan tubuh, diantarnya :

  • Diare

Bakteri E.Coli yang ada di dalam air yang tidak layak konsumsi dapat menyebabkan diare yang disertai dengan sakit perut melilit. Jika sakit diare yang kamu rasakan tidak kunjung sembuh sebaiknya segera periksa ke dokter.

  • Gondokan

Selain diare, seseorang juga bisa terkena gondongan jika mengonsumsi air minum yang tidak seusai standart kesehatan. Kondisi ini bisa disebut penyakit endemic dimana kondisi air memiliki kadar garam yang cukup tinggi, biasanya berada di sekitar pesisir pantai.

  • Keram Perut

Bakteri E.Coli yang berada di dalam air minum tidak layak ternyata juga dapat membuat perut menjadi keram seperti ditekan.

  • Infeksi Saluran Otak Bayi

Jika air minum yang tidak layak ini dikonsumsi oleh bayi maka dapat menyebabkan terjadinya infeksi saluran otak.

  • Demam

Jika dalam beberapa saat setelah minum air tubuh kamu terasa demam dan meriang, maka bisa dipastikan air tersebut sudah tercemar dan tidak layak lagi untuk dikonsumsi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan