Mohon tunggu...
brando fitwiter sinurat
brando fitwiter sinurat Mohon Tunggu... Wiraswasta - ora et Labora

Ora Et Labora

Selanjutnya

Tutup

Bulutangkis Pilihan

Kans Terbaik Indonesia Raih Piala Thomas

12 Oktober 2021   11:35 Diperbarui: 12 Oktober 2021   11:42 225 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Bulutangkis. Sumber ilustrasi: PEXELS/Vladislav Vasnetsov

Piala Thomas adalah kejuaraan tertua bulutangkis yang pertama kali diadakan pada tahun 1948-1949. Jika dilihat dari statistik ,hanya ada lima negara yang pernah menjadi juara dan Indonesia adalah negara pemegang gelar terbanyak yaitu 13 gelar. Namun, sayangnya terakhir kali kita menjadi juara terjadi 19 tahun yang lalu yaitu tahun 2002 di Guangzhou, China. 

Jika melihat peta kekuatan , Ini adalah kans terbaik bagi Indonesia untuk membawa kembali piala Thomas ke tanah air. Materi ataupun peta kekuatan Indonesia cukup mentereng. 

Di sektor Tunggal putra kita punya pemain sekelas Anthony Ginting yang saat ini berada di rangking lima dunia sekaligus peraih medali perunggu olimpiade Tokyo 2020.. 

Hampir semua pemain di rangking atas dunia tunggal putra pernah dikalahkannya. Untuk Sektor Ganda putra kita punya 3 pemain yang berada di rangking 10 besar dunia. Bahkan Minions (Marcus/Kevin) dan the Daddies (Ahsan/Hendra) berada diperingkat 1 dan 2 dunia. 

Peluang cukup besar karena rival berat seperti Cina tidak membawa peraih medali perak Olimpiade Tokyo Li JunHui dan Liu Yu Chen. Jepang juga kehilangan ganda putra terbaiknya dengan pensiunnya pasangan ganda putra Jepang Hiroyuki Endo yang sebelumnya berpasangan dengan Yuta Watanabe yang kerap menjadi batu sandungan ganda putra Indonesia.

Peta Kekuatan Thomas Cup

Indonesia di tempatkan sebagai unggulan pertama di piala Thomas kali ini dan tergabung di grup A bersama Thailand, Taiwan dan Aljazair. Jika melihat peta kekuatan di Grup A harusnya Indonesia bisa lolos sebagai juara grup. Lawan terberat yang bisa jadi batu sandungan adalah Taiwan. 

Kuncinya ada di tunggal putra dan Ganda putra pertama karena Taiwan memiliki Chou Tien Chen yang berada di peringkat 4 dunia dan Ganda putra peraih medali emas olimpiade Tokyo Lee Yang/Wang Chi Lin.

Harapannya jika Minions yang diturunkan sebagai ganda pertama bisa kembali ke performance terbaiknya sehingga mempermulus langkah Indonesia mengatasi Taiwan. Di Fase gugur yang menjadi lawan berat menuju juara (tanpa meremehkan tim yang lain) adalah Cina dan Denmark.

Indonesia VS Cina

Lawan terberat Indonesia merebut piala Thomas menurut saya adalah Cina. Jika melihat kekuatannya maka kemungkinan besar susunannya adalah tunggal putra pertama adalah Anthony Ginting VS Shi Yuqi. Jika melihat catatan pertemuan di laman situs BWF, Shi Yuqi unggul  6-0. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bulutangkis Selengkapnya
Lihat Bulutangkis Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan