Mohon tunggu...
I Made Bram Sarjana
I Made Bram Sarjana Mohon Tunggu... Administrasi - Analis Kebijakan

Peminat pengetahuan dan berbagi pengetahuan.

Selanjutnya

Tutup

Money Artikel Utama

Mempertahankan Momentum Pemulihan Ekonomi Bali di Masa Tahun Politik, Ketegangan Geopolitik, Krisis Energi, dan Perubahan Iklim

2 Desember 2023   05:00 Diperbarui: 3 Desember 2023   18:50 313
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali. Foto: KOMPAS/PRIYOMBODO

Perekonomian Provinsi Bali pada tahun 2022 telah menunjukkan tanda-tanda pemulihan setelah dua tahun terpuruk akibat pandemi. Sepanjang tahun 2020-2021, pertumbuhan ekonomi Bali dan seluruh kabupaten/kota di Bali masih tumbuh negatif. Pertumbuhan ekonomi Bali pada tahun 2020 terkontraksi dalam, yang ditandai dengan laju pertumbuhan -9,34 persen. Pada tahun 2021, sinyal perbaikan mulai terlihat walau pertumbuhan ekonomi Bali masih terkontraksi pada level -2,46 persen. Kabupaten Badung merupakan kabupaten yang mengalami kontraksi ekonomi terdalam yaitu pada tahun 2021, yaitu mencapai -6,74 persen sedangkan Kabupaten Klungkung terkontraksi paling rendah yaitu -- 0,23 persen.[1] 

Kondisi tersebut terjadi karena Provinsi Bali khususnya Kabupaten Badung merupakan daerah dengan tingkat ketergantungan yang amat tinggi terhadap industri jasa pariwisata. Oleh sebab itu ketika industri pariwisata mengalami keterpurukan akibat pandemi, maka terjadi reaksi berantai yang melumpuhkan perekonomian daerah. Daerah-daerah lain yang struktur perekonomiannya tidak sepenuhnya bergantung pada industri pariwisata, tidak mengalami kontraksi ekonomi separah Kabupaten Badung. Potret kondisi perekonomian Bali sepanjang tahun 2021 sebagai berikut.

Sumber: BPS Provinsi Bali
Sumber: BPS Provinsi Bali
Patut disyukuri, berkat langkah sigap dan cepat pemerintah dengan dukungan kuat masyarakat, dunia usaha dan seluruh pemangku kepentingan, maka tahun 2022 perekonomian Bali telah tumbuh positif. pada level 4,84 persen. Apabila dibandingkan dengan kabupaten/kota lainnya di Bali, pertumbuhan ekonomi Kabupaten Badung pada tahun 2022 tergolong yang tumbuh paling tinggi yaitu mencapai 9,97 persen dan daerah yang laju pertumbuhannya terendah adalah Kabupaten Karangasem yaitu sebesar 2,58 persen sebagaimana dapat dilihat pada grafik berikut.

Sumber: BPS Provinsi Bali
Sumber: BPS Provinsi Bali

Kinerja perekonomian daerah yang bergerak positif sepanjang tahun 2022 ini juga dapat dilihat dari laju pertumbuhan pendapatan daerah, belanja daerah dan Pendapatan Asli Daerah pemerintah kabupaten/kota se-Bali. Berdasarkan Statistik Keuangan Kabupaten/kota se-Provinsi Bali Tahun 2020-2022 yang diterbitkan BPS Provinsi Bali, pendapatan daerah, belanja daerah dan Pendapatan Asli Daerah pemerintah kabupaten/kota se-Bali telah tumbuh positif.[2] Kondisi tersebut tentunya menunjukkan bahwa perekonomian daerah telah menggeliat, APBD telah bergerak untuk mendukung pelaksanaan berbagai bentuk pelayanan publik yang dibutuhkan masyarakat. Data tersebut sebagaimana terlihat pada tabel berikut.

Sumber: BPS Provinsi Bali
Sumber: BPS Provinsi Bali

Pada tahun 2022, realisasi pendapatan dan belanja pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) juga telah tumbuh positif. Realisasi pendapatan daerah Kabupaten Badung bahkan melampaui realisasi belanja daerah dan menjadi daerah dan menjadi yang tertinggi bila dibandingkan dengan kabupaten/kota lainnya di Bali.

Data BPS Provinsi Bali menunjukkan bahwa di antara kabupaten/kota se-Bali, Kabupaten Badung menjadi daerah dengan realisasi pendapatan tertinggi yaitu mencapai Rp 4,61 triliun dengan realisasi belanja daerah yang lebih rendah yaitu mencapai sekitar Rp 3,67 triliun. Realisasi pendapatan yang melampaui belanja ini tentunya selanjutnya memberikan tambahan pendapatan pada tahun anggaran berikutnya, yaitu Tahun Anggaran 2023. Data tersebut sebagaimana terlihat pada grafik di bawah.

Sumber: BPS Provinsi Bali
Sumber: BPS Provinsi Bali

Data di atas menunjukkan bahwa kinerja perekonomian daerah Kabupaten Badung maupun daerah lainnya di Bali sepanjang tahun 2022 telah menunjukkan terjadinya perbaikan, dan diharapkan pada tahun 2023 juga menunjukkan kondisi yang sama. Perkembangan kondisi perekonomian terkini pada tahun 2023 baru tersedia hingga tingkat Provinsi Bali. Data BPS Provinsi Bali menunjukkan bahwa laju pertumbuhan ekonomi Provinsi Bali pada triwulan II tahun 2023 bila dibandingkan dengan triwulan II tahun 2022 (year on year) mengalami pertumbuhan 5,35 persen.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun