Mohon tunggu...
Ani Berta
Ani Berta Mohon Tunggu... Blogger

Blogger, Content Writer, Social Media Consultant, Accounting, Jazz and coffee lover, And also a mother who crazy in love to read and write.

Selanjutnya

Tutup

Hobi Pilihan

Kunci Konsisten Membuat Karya Video ala Inimasabi

21 Desember 2018   06:47 Diperbarui: 21 Desember 2018   07:06 192 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Kunci Konsisten Membuat Karya Video ala Inimasabi
Achmad Takbiriyantoro/dokpri

Selalu senang jika menghadiri workshop apapun yang ada hubungannya dengan content creator. Seperti workshop yang diadakan oleh Ketapels (Kompasianer Tangerang Selatan Plus) pada 15 Desember 2018 di Marketing Galery Sinarmas Land yang menghadirkan Achmad Takbiriyantoro atau lebih dikenal dengan panggilan @inimasabi yang merupakan nama semua akun medsos yang dimilikinya. Di dunia nyata ia biasa dipanggil Abi.

Beliau adalah fasilitator di GAPURA Google dan beberapa institusi. Serta mewakili Indonesia di luar negeri sebagai salah satu Youtuber berpengaruh bersama peserta dari negara lainnya.

Abi berbagi ilmu yang baru-baru ini sangat dibutuhkan oleh para content creator yakni membuat video. Saat hendak membuat video, yang terbersit hanyalah niat tanpa eksekusi karena belum membuat video mikirnya sudah "susah" duluan. Mengingat soal peralatan, waku, keterampilan mengedit dan tenaga yang harus dikeluarkan.

Abi mematahkan sugesti tersebut. Menurutnya, membuat video tak harus dengan peralatan lengkap ke arah profesional langsung. Untuk membuat sebuah karya video, bisa dilakukan melalui smartphone yang dimiliki. Dengan modal smartphone serta koneksi internet, sudah bisa menciptakan satu karya video. "Yang penting ada niat kuat dan mengesekusinya." Tegas Abi.

Berikut tips memulai membuat video dari @inimasabi

Tentukan Tujuan, sebelum membuat video sebaiknya tentukan dulu tujuan membuat video untuk apa, target penonton siapa, mau diupload untuk kepentingan apa dan sejauh mana usaha yang harus dimulai untuk melakukannya. Dimaksudkan sebagai acuan agar terarah atas konten yang dibuat.

Siapkan peralatan serta koneksi internet, konten yang berhasil dibuat tanpa koneksi internet akan sia-sia. Karena sebuah karya tak akan tersebar dan tidak akan memberi efek besar jika tidak disebarluaskan. Peralatan bisa disiapka berupa smartphone dan koneksi internet, lebih bagus lagi jika ada perlengkapan yang memadai seperti kamera beresolusi tinggi, microphone, pencahayaan yang cukup, tripod dan lain sebagainya.

Namun kembali lagi ke niat awal, Abi menyarankan kami agar menguatkan keinginan untuk mengeksekusinya tanpa harus menunggu peralatan komplit.

Memulai, membuat video menurut Abi, sebaiknya terkonsep dengan baik. Mulai menyusun tema, judul, setting tempat, mencari narasumber dan objek hingga pemilihan konsep editing. Tak lupa juga kaidah 5 W 1 H agar ada aktualisasinya.

Ciptakan tema mulai dari hal sederhana, Video pertama Abi yang diunggah di you tube adalah tutorial cara naik pesawat, mulai booking tiket, cara boarding dan segala hal yang ada di dalam pesawat semua di-review nya. Bagi sebagian orang, akan dipandang sebelah mata. Apalagi oleh yang sering naik pesawat. Tapi bagi yang membutuhkan informasi ini tentunya sangat bermanfaat karena tahu step by step nya cara naik pesawat terutama bagi yang pertama kali naik pesawat.

Walau komentarnya banyak hujatan dan kata-kata kurang nyaman namun Abi tidak menyerah dan tetap semangat karena menurutnya, konten yang dibagikan jika tak melanggar norma dan aturan, mengapa harus terganggu dengan hujatan orang lain yang tidak jelas alasan baiknya?

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN