Mohon tunggu...
BOLANG
BOLANG Mohon Tunggu... Blogger

Komunitas ini merupakan wadah bagi para penulis Kompasiana asal Malang Raya dan sekitarnya. Bolang pernah meraih award sebagai Best Kompasiana Community di ajang ICD (Indonesia Community Day) Tahun 2017. Bolang itu suka "dolan tapi ora dolanan", seperti mengunjungi tempat-tempat wisata, sekolah, panti asuhan, sawah, dan UKM. Tak hanya jalan-jalan, Bolang itu juga berbagi dengan orang-orang kecil. Konten positif hasil perjalanan itu selanjutnya dishare di Kompasiana lewat beragam bentuk tulisan (artikel, opini, reportase, atau Fiksi). Group Facebook : BOLANG

Selanjutnya

Tutup

Wisata Pilihan

Saatnya Review Kopdar dan Eksplorasi Pesona Wisata Batu 2016

25 Januari 2016   10:02 Diperbarui: 5 Februari 2016   10:35 285 17 55 Mohon Tunggu...

[caption caption="Kopdar di Eren HomeStay, Kota Batu/Dok. Group Bolang"][/caption]

Indahnya kebersamaan dalam acara bertajuk “Kopdar & Eksplorasi Pesona Wisata Batu 2016”, telah menandai kinerja Komunitas Bloger Kompasiana Malang (Bolang) di awal tahun ini. Acara Kopdar berlangsung di Eren HomeStay Kota Batu, pada Minggu (24/01/2016).

Usai Kopdar, rekan-rekan Bolang menyaksikan pertunjukan keunikan budaya Bantengan dan eksotika Arboretum Sumber Brantas. Tak hanya itu, para Kompasianer mengujungi Puri Arjuna, sebuah Pura yang terletak di puncak gunung Arjuna dengan lanskap pemandangan kebun apel dan kebun sayur yang indah.

[caption caption="Menyaksikan Budaya Bantengan dengan Latar View Pegunungan yang Indah/Dok. Group Bolang"]

[/caption]

Di Eren Homestay, Bolang menyosialisasikan Program Kerja (Proker) 2016 sebagi panduan internal bagi Komunitas. Isinya berupa rencana kegiatan yang dikemas ke dalam tema-tema yang menandai aktivitas setiap bulannya. Di akhir tahun, diharapkan terbit sebuah buku bertajuk “Potret Warga Biasa Berjuang di Tengah Pesona Kota” yang mengekspresikan tema-tema sebagai berikut:

[caption caption="Sosialisasi Proker Bolang 2016 dan Eksplorasi Wisata 2016/Dok. Group Bolang"]

[/caption]
  1. Kopdar & Eksplorasi Pesona Wisata Kota Batu 2016
  2. Jagung Bakar Gathering dan Testimoni Petani
  3. Membangun Kota Ramah Untuk Semua
  4. Visitasi Pasar Tradisional Malang Raya
  5. Perjuangkan Nasib Pendidikan Anak Jalanan
  6. Bolang Gathering & Visitasi Wirausahawan Muda
  7. Socio-Preneur: Industri Kecil Daur Ulang Sampah
  8. Orang Desa Pergi ke Kota: Bakso Kota Cak Man
  9. Eksplorasi Pesona Wisata Pantai Balekambang
  10. Gemakan Inovasi Anak SMK Malang Raya
  11. Kodifikasi Buku “Potret Warga Biasa Berjuang di Tengah Kota”
  12. Menuju Kompasianival 2016

Kami bersyukur, Proker I-2016 telah Bolang laksanakan dengan prinsip low cost, happiness, dan meaningful dengan menggemakan semangat saling berbagi yang sejalan dengan tujuan Bolang, yaitu mengangkat potensi daerah dan komunitas lewat tulisan dan aksi bersama.

Berikut ini kami deskripsikan secara ringkas aktivitas Komunitas Bolang dalam acara bertajuk “Kopdar dan Eksplorasi Kota Wisata Batu 2016” untuk direspon melalui review tulisan dalam bentuk karya fiksi atau non fiksi sesuai dengan kompetensi dan passion masing-masing Kompasianer.

Mengarak Bantengan di Oro-oro Ombo

Budaya Bantengan yang masih dilestarikan oleh warga lokal sekitar Batu, Minggu siang itu dipertontonkan di sepanjang jalan Oro oro Ombo yang berakhir di depan Museum Angkot kota Batu. Bolang bersama masyarakat sekitar, berkesempatan menyaksikan arak-arakan Bantengan dan berwelfie ria.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN