Mohon tunggu...
achmad soheh
achmad soheh Mohon Tunggu... Divisi Konten Barantum.com

Saya menyukai dunia tulis menulis, baik menulis di media cetak seperti Majalah atau tabloit, juga menulis di media online serta penulisan untuk buku atau laporan perusahaan. Dan termasuk diantaranya menulis untuk pembuatan konsep-konsep program.

Selanjutnya

Tutup

Bisnis

Case Study, Empat Perusahaan yang Sukses Menjalankan Transformasi Digital

16 September 2020   16:43 Diperbarui: 16 September 2020   16:51 50 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Case Study, Empat Perusahaan yang Sukses Menjalankan Transformasi Digital
sumber: ICSF

Era New Normal memang bukan sekadar perubahan  kondisi. Tetapi inti utama dari Era New Normal adalah bagaimana kita bisa menghadapi perubahan yang ada namun  kinerja bisnis tetap terjaga. Itulah yang pada akhirnya menjadi salah satu cara, kenapa  Transformasi Digital menjadi penting dalam Era New Normal. 

Secara perspektif bisnis, kita bisa jelaskan  bahwa transformasi digital adalah implementasi sebuah IT ( digital teknologi) yang di gunakan untuk mengubah cara  bisnis beroperasi dan melakukan layanan secara maksimal kepada customer.  Kenapa hal itu terjadi, karena saat ini sudah bisa di pastikan semua bisnis baik  kecil, menengah atau besar sudah pasti menggunakan teknologi untuk meningkatkan performance bisnisnya.

Begitu pula tujuan yang ingin di capai ketika  perusahaan sudah mulai menerapkan konsep transformasi digital dalam setiap bisnisnya. Karena sejatinya dengan adanya pengubahan sistem menjadi transformasi digital tersebut perusahaan ingin mengarahkan organisasinya menjadi sebuah entitas bisnis yang berdasarkan Analitik. Sehingga kondisi tersebut lama kelamaan akan menjadi sebuah kebiasaan yang selalu di gunakan  oleh perusahaan.

Ada beberapa hal yang menjadi dasar atau kunci ketika transformasi digital ingin di terapkan dalam sebuah perusahaan:

(1) Ada 3 komponen yang mesti di satukan agar transformasi digital bisa berjalan dengan baik yaitu  SDM (orang), Bisnis ( Perusahaan ) dan Teknologi ( Sistem dan Prosedur).

(2) Ke-3 komponen  tersebut harus di masukan dalam budaya dan kebiasaan perusahaan. Dimana hal  itu mesti di perkuat oleh kebijakan atau arahan dari Manajemen seperti dari CDAO ( Chief  Data and Analytics Office), CIO ( Chief Information Office), hingga CEO ( Chief Executive Officer).

(3) Ada baiknya transformasi digital  ini di gunakan oleh perusahaan- perusahaan yang memang mereka selalu fokus dan loyal dalam melayani customers.  Dengan semua  hal yang telah di jelaskan diatas, maka sistem transformasi digital menjadi salah satu strategi baru  bagi perusahaan dalam mencoba mengubah pola  bisnisnya di Era New  Normal.

4 PERUSAHAAN CONTOH TERBAIK PENERAPAN TRANSFORMASI DIGITAL

sumber: ACT Consulting
sumber: ACT Consulting

Netflix :Inilah salah satu perusahaan di dunia yang berhasil melakukan transformasi digital.  Dimana salah satu hal yang membuat Netflix sukses  adalah perubahan strategi bisnis yang di jalankan oleh perusahaan.  Yang semula Netflix sebagai distributor konten digital. Tetapi saat ini perusahaan mengubah strateginya dengan memproduksi ( produser) untuk konten orisinal yang pada akhirnya justru bisa memberikan penghargaan  untuk perusahaan. 

Saat ini Netflix lebih cenderung menayangkan konten orisinal seperti program yang di produksi oleh rumah produksi sendiri. Sekalipun masih terbatas pada serial TV namun kondisi ini yang membuat Netflix berhasil dalam penerapan Transformasi  Digital. Hingga saat ini dengan ide-ide yang di gaungkan, serta implementasi transformasi digital yang berjalan lancar maka Netflix sudah mengantongi profit ( keuntungan ) 30x lipat dibanding kondisi sebelum adanya transformasi digital.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x