Mohon tunggu...
Ruang Berbagi
Ruang Berbagi Mohon Tunggu... Buruh - mencoba salurkan kebaikan

Sapa: ruangberbagikompasiana@gmail.com Artikel berhak cipta. Literasi untuk donasi bagi yang memerlukan. Terima kasih atas apresiasi dan kunjungan Anda.

Selanjutnya

Tutup

Bola Artikel Utama

Kekalahan Telak 18 Gol Timnas Putri vs Australia: Bukan Salah Pemain, Semua Salah PSSI

21 Januari 2022   18:56 Diperbarui: 24 Januari 2022   04:31 1633 32 13
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Kapten timnas wanita Indonesia, Ade Mustikiana Oktafiani, beraksi pada laga pembuka Piala Asia Wanita 2022, Jumat (21/1/2022). Sumber: PSSI via Kompas.com

Timnas Putri Indonesia mengawali kiprah di AFC Women Cup di India dengan kekalahan telak atas Timnas Putri Australia. Di babak pertama saja, Indonesia sudah kebobolan 9-0.

Timnas Putri Indonesia akhirnya harus mengakui keunggulan Australia dengan skor 18-0. 

Indonesia sebenarnya sudah mencatat rekor sebelum bertanding melawan tim langganan Piala Dunia Wanita, Australia. Untuk pertama kali setelah 32 tahun, Timnas Putri Indonesia melaju sampai putaran final AFC Women. Indonesia lolos setelah mengalahkan Singapura. 

Timnas kalah kelas

Tampak sangat jelas bahwa Timnas Pertiwi Indonesia kalah segalanya dari Australia yang diperkuat mayoritas pemain profesional yang berlaga di Eropa. 

Dari catatan laga, Australia melakukan 26 tembakan tepat sasaran, sementara Indonesia hanya satu. Penguasaan bola 80% berbanding 20%. Maklum saja, Australia peringkat 11 dunia sedang Indonesia 94 dunia, peringkat paling rendah di antara semua peserta putaran final AFC Women's Cup 2022 India.

Di timnas Indonesia, hanya ada empat pemain yang bermain di klub profesional. Sementara lainnya adalah para pemain Asprov yang disaring dari PON di Papua. Artinya, frekuensi latihan dan kualitas pembinaan pesepak bola putri kita sangat jauh dari level profesional. 

Pujian untuk pemain Timnas Putri Indonesia

Para pemain Indonesia mengawali laga dengan semangat tinggi untuk membuktikan bahwa mereka layak lolos ke babak putaran final AFC Women 2022 India.

Akan tetapi, semangat memang tidak cukup untuk mengimbangi Australia. Dengan segala keterbatasan, para pemain kita tetap tampil dengan antusias di ajang yang akan mereka kenang seumur hidup.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan