Mohon tunggu...
Ruang Berbagi
Ruang Berbagi Mohon Tunggu... Keberagaman adalah anugerah terbaik bagi Indonesia

Dilarang memuat ulang artikel untuk komersial.

Selanjutnya

Tutup

Lingkungan Pilihan

Mengapa Pohon Menggeris Dianggap Sakral di Kalimantan?

29 Maret 2021   14:15 Diperbarui: 29 Maret 2021   14:47 338 42 18 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mengapa Pohon Menggeris Dianggap Sakral di Kalimantan?
pohon menggeris - FB Canborneo

Apakah sahabat pembaca pernah mendengar atau melihat pohon menggeris? Saya pernah melihat langsung ketika bertugas setahun di Kalimantan Utara. Pohonnya tinggi menjulang seperti penggaris. Hehe.

Nama ilmiah dan sifat pohon menggeris

Menggeris bernama ilmiah Koompassia excelsa. Pohon yang tergolong suku Johar-joharan atau Caesalpiniaceae ini sering dinamai oleh warga lokal sebagai Sialang dan Tualang.

Pohon ini dapat mencapai tinggi sekitar 90 meter. Warna batang pohon menggeris putih kelabu. Menggeris tumbuh pada tanah liat yang sewaktu-waktu tergenang air, mulai dari daratan rendah sampai pada ketinggian 250 meter di atas permukaan laut, kadang-kadang sampai pada ketinggian 650 meter di atas permukaan laut.

Salah satu kekhasan menggeris adalah kekuatan kayunya yang memang tergolong bagus. Warga memanfaatkan kayu menggeris untuk bahan bangunan, kayu lapis, mebel, lantai, papan dinding, dan keperluan perkapalan.

Lazimnya menggeris tumbuh dalam hutan Dipterocarpaceae. Karena kekuatan kayunya, justru pohon ini sulit ditebang karena bisa merusak mata gergaji biasa. Pohon ini tersebar di hutan Malaysia Utara, Sumatra, Kalimantan dan Filipina.

Mengapa pohon menggeris dianggap sakral?

Ketika saya mengunjungi sebuah kecamatan di wilayah Nunukan, Kalimantan Utara beberapa tahun lalu, saya mendengar bahwa pohon menggeris dianggap sakral oleh warga setempat.

Siapa pun dilarang menebang pohon tinggi itu. Yang nekat menebang akan mendapat celaka. Demikian penuturan warga. 

Rupanya perusahaan sawit yang beroperasi di daerah itu pun masih mematuhi pantangan adat menebang menggeris. Di antara lahan sawit, masih ada sejumlah pohon menggeris yang dibiarkan tumbuh. 

Alasan ilmiah menggeris dilarang ditebang

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x