Mohon tunggu...
Ruang Berbagi
Ruang Berbagi Mohon Tunggu... Dosen - 🌱

Menulis untuk berbagi pada yang memerlukan. Bersyukur atas dua juta tayangan di Kompasiana karena sahabat semua :)

Selanjutnya

Tutup

Hobby Artikel Utama

Ini 6 Kiat "Penulis Biasa Saja" Menulis Artikel Bahasa di Kompas

4 Oktober 2020   12:22 Diperbarui: 7 Oktober 2020   21:49 900
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bahagianya membaca dan menulis di Kompas - kompas.id

Bulan Oktober menjadi bulan istimewa bagi saya. Tepat setahun lalu, artikel saya dimuat di rubrik bahasa harian Kompas cetak. 

Tulisan itu bukanlah tulisan pertama yang saya kirimkan ke surat kabar idola sejak remaja. Sebelumnya, saya telah mencoba peruntungan dengan mengirimkan beberapa naskah opini. 

Hasilnya? Cintaku selalu ditolak. Sakitnya tuh di sini, sayang!

Ternyata, salah saya sendiri. Konon, opini Kompas adalah artikel yang sering dibaca dan dijadikan rujukan oleh banyak orang, termasuk para pembuat kebijakan publik di negeri kita.

Karena itu, hanya opini aktual serta opini yang ditulis penulis berbobot saja yang mendapat prioritas Kompas cetak. Lantas, bagaimana nasib "penulis biasa-biasa saja" seperti saya? 

Dari Opini ke Rubrik Bahasa

Karena kalah bersaing di rubrik opini Kompas, saya alihkan perhatian ke rubrik bahasa Kompas. Saya tidak sedang mengatakan bahwa mutu rubrik bahasa Kompas lebih rendah dari rubrik opini. 

Buktinya, anggitan para munsyi (ahli bahasa) dan praktisi bahasa tingkat nasional serta internasional sering tampil di rubrik bahasa Kompas.

Apakah saya bisa bersaing dengan para ahli yang sering menulis artikel rubrik bahasa Kompas? Jujur, pertanyaan ini sempat juga muncul di benak saya sebelum mengirim artikel pertama saya.

Ternyata Bukan Ahli Bahasa Pun Bisa!

Saya bukan ahli bahasa.  Saya hanyalah warga biasa yang berusaha mencintai bahasa persatuan kita.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun