Mohon tunggu...
Ruang Berbagi
Ruang Berbagi Mohon Tunggu... Buruh - Narablog sosial

Sapa: ruangberbagikompasiana@gmail.com Artikel berhak cipta. Literasi untuk donasi. Terima kasih, Kompasiana dan warganya.

Selanjutnya

Tutup

Money Pilihan

Sarjana Hukum Jadi "Sarjana Hijau" Penebar Budaya Menanam dari Jogja

2 September 2020   17:04 Diperbarui: 2 September 2020   16:57 741 41 13
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Perjalanan hidup dan karier seseorang seringkali sulit diprediksi. Bahkan oleh pribadi yang menjalaninya. Hal ini terjadi pula dalam hidup Glen Calvin. Ayah muda ini adalah penyandang gelar sarjana hukum dari sebuah universitas negeri ternama di Jogjakarta.

Ia sempat melanjutkan kuliah S2 Magister Hukum Litigasi, namun tidak selesai karena memang ia ingin fokus membesarkan usaha tanaman hias.

Akan tetapi, ia merasakan adanya panggilan yang lebih kuat untuk menjadi "sarjana hijau" penebar budaya menanam. "Saya ingin menjalankan bisnis yang ramah lingkungan. Alam sekitar kita sudah banyak mengalami kerusakan. Kita harus lebih banyak menanam tanaman," ujarnya.

Bisnis tanaman adalah bisnis yang mengandaikan siap berkotor-kotor dan berkeringat. Bagi para sarjana pada umumnya, mungkin bersinggungan dengan tanah dan cacing adalah hal yang menjijikkan. Akan tetapi, bagi Glen, hal itu sudah biasa.

Bermodalkan uang tabungan sendiri, ia dan calon istrinya (saat itu) mendirikan Bella Spina Indoorplant Store pada Januari 2015. Saat itu bisnis tanaman hias dalam ruangan belum seramai sekarang.

"Bella Spina termasuk salah satu toko perintis di bidang penjualan tanaman hias secara daring," tutur Glen. Lima tahun lalu, pilihan untuk terjun ke dunia bisnis tanaman hias daring bisa dibilang "nekat".

sebagian produk - dok Glen
sebagian produk - dok Glen
Glen sudah memiliki jiwa bisnis sejak kecil. "Sejak SD saya nekat jualan makanan kecil di sekolah. Pemasoknya ya toko keluarga saya," kenang mantan anggota band di SMAnya itu.

Pengusaha Muda dan Penimba Ilmu Baru

Glen adalah tipe pengusaha muda yang selalu ingin menimba ilmu baru. Sejak masih SMA, dia sudah rajin membaca kisah-kisah "rahasia sukses bisnis". Ia suka sekali mengikuti ceramah para motivator bisnis ternama, baik tingkat dunia maupun tingkat nasional.

Bahkan sampai sekarang pun, Glen tetap menyediakan waktu untuk menimba ilmu baru. Baru-baru ini, ia mengikuti webinar seorang pembicara bisnis ternama tanah air. Kamarnya dipenuhi buku-buku penambah ilmu.

Semangat belajar terus-menerus yang ia miliki adalah salah satu kunci suksesnya sebagai pengusaha muda. Di tengah kesibukannya mengelola usaha, ia tetap haus ilmu baru.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan