Mohon tunggu...
Ruang Berbagi
Ruang Berbagi Mohon Tunggu... Yuk jadi sahabat di Instagram https://www.instagram.com/ruangberbagikompasiana/ dan https://bit.ly/ruangberbagiFB

Keberagaman: anugerah terindah bagi Indonesia. Surel: ruangberbagi@yandex.com. Dilarang muat ulang artikel untuk komersial. Hak cipta dilindungi UU.

Selanjutnya

Tutup

Hobi Pilihan

ABIMMU, Tips Menulis Artikel Laris Manis di Blog Kompasiana

31 Agustus 2019   06:22 Diperbarui: 31 Agustus 2019   06:39 473 16 13 Mohon Tunggu...
Lihat foto
ABIMMU, Tips Menulis Artikel Laris Manis di Blog Kompasiana
pexels.com

Siapa yang tidak bahagia tra la la la la saat artikel atau tulisannya di blog, termasuk Kompasiana laris-manis dibaca ribuan kali? Susah-payah merangkai kata dan kalimat seakan terbayar saat melihat artikel kita dibaca banyak orang, bahkan sampai ribuan.

Sejatinya, tidak ada hal yang tidak bisa diraih jika upaya kita maksimal dan Yang Maha Esa memberi kemurahan. Juga dalam hal meraih tingkat keterbacaan atau views yang tinggi di blog keroyokan seperti Kompasiana.

Tidak Ada Trik Rahasia Menulis Artikel Laris-Manis di Blog 

Sebenarnya tidak ada trik rahasia agar tulisan laris dibaca di blog, termasuk Kompasiana. Rahasia agar tulisan laris dibaca di blog Kompasiana sebenarnya sudah gamblang terpampang dalam bagian bawah setiap artikel di Kompasiana. Apa rahasia itu?

Rahasia itu adalah kriteria-kriteria yang dipakai untuk memberi vote. Hanya satu kriteria yang wajib dihindari yaitu Tidak Menarik. Warna vote Tidak Menarik hitam. Artinya jika tulisan kita di hati pembaca ternyata tidak menarik, jangan harap tulisan kita laris dibaca dan dibagikan pembaca di media sosial mereka. 

Memang, kadang pembaca memberi vote "Tidak Menarik" karena perbedaan pendapat (politik), bukan karena tulisan kita tidak menarik. Namun, hal ini amat jarang terjadi. Yang sering terjadi, orang tidak tega mengklik "Tidak Menarik", namun berhenti membaca tulisan kita. Alasannya macam-macam, mulai dari kejengkelan pembaca saat menemukan banyaknya saltik (salah ketik) sampai miskinnya tulisan kita.

Trik ABIMMU agar Tulisan di Kompasiana Laris Dibaca

Nah, selain vote "Tidak Menarik," ada vote "Aktual, Bermanfaat, Inspiratif, Menarik, Menghibur, dan Unik". Keenam vote ini adalah trik bukan rahasia agar tulisan kita laris dibaca. Saya singkat keenam vote ini sebagai ABIMMU.

1. Aktual

Kompasianer yang paling cepat, tepat, dan cermat membahas tema aktual dalam tulisan-tulisannya akan mendapat tingkat keterbacaan yang aduhai. Tengok saja tulisan rekan-rekan Kompasianer, khususnya di kanal politik, gaya hidup, dan humaniora. 

Cukup mengamati Kompasiana selama beberapa hari, Anda akan segera mengenal siapa saja Kompasianer yang cepat, tepat, dan cermat membahas tema aktual.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
VIDEO PILIHAN