Bobby Steven MSF
Bobby Steven MSF Relawan

Suka berteman dengan siapa saja. Sila hubungi kontakbobby@zoho.eu. Menulis untuk berbagi kebenaran dan kebaikan.

Selanjutnya

Tutup

Lingkungan Artikel Utama

Kadar CO2 Naik Tajam, Kita Lakukan 10 Solusi Ini Sekarang!

16 Mei 2019   05:31 Diperbarui: 16 Mei 2019   12:00 268 12 5
Kadar CO2 Naik Tajam, Kita Lakukan 10 Solusi Ini Sekarang!
Sumber gambar: Pixabay.com/GoranH

8 April 2019, ilmuwan Jerman mengatakan bahwa kadar karbon dioksida di atmosfer bumi telah memecahkan rekor tertinggi sepanjang tiga juta tahun.

National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA) yang berbasis di Hawai, AS mengumpulkan sampel udara dari stasiun pengamatan di seluruh dunia.

Mauna Loa Observatory adalah observatorium udara tertua dan memiliki catatan pengukuran CO2 paling lama dibanding stasiun pengamatan lain.

Berita buruknya, Mauna Loa mencatat bahwa kadar CO2 di udara yang ia rekam pada awal 2019 mencapai 415 parts per million (ppm), sebuah rekor baru.

NOAA
NOAA


Pada tahun 2013, konsentrasi CO2 untuk pertama kali melampaui 400 ppm. Mauna Loa telah mulai mencatat kadar konsentrasi CO2 di udara sejak 60 tahun lalu, saat konsentrasi CO2 masih kurang dari 315 ppm.

Dampak Tingginya CO2

CO2 adalah zat yang paling banyak bertambah kadarnya di antara lima gas penyebab efek rumah kaca: 

CO2, methane, nitrous oxide, carbon monoxide dan ozone

EPA
EPA
Dua puluh tahun terakhir, kenaikan kadar CO2 akibat aktivitas manusia mencapai 100 kali lebih cepat daripada akibat alamiah. Ahli iklim Peter Tans mengatakan bahwa kenaikan kadar CO2 saat ini didominasi oleh akibat aktivitas manusia. Dampak paling jelas dari kenaikan kadar CO2 ini adalah makin naiknya suhu bumi.

Sebagian panas matahari yang seharusnya dipantulkan lagi terhalang oleh gas-gas penyebab efek rumah kaca. Karena terhalang, pantulan itu justru kembali ke bumi. Akibatnya, suhu bumi makin panas.

kidminds.org
kidminds.org
Asal CO2 Akibat Aktivitas Manusia

Sebagian besar CO2 akibat aktivitas manusia diproduksi oleh bahan bakar fosil (batu bara, minyak, dan gas). Tambahan kadar CO2 akibat aktivitas manusia muncul akibat penebangan hutan, alih lahan pertanian, erosi tanah, dan akitvitas peternakan.

Alarm Bahaya Tahun 2047

Jika efek rumah kaca terus berlanjut seperti yang terjadi tahun ini, suhu permukaan bumi akan naik dan menembus suhu tertinggi dalam sejarah pada tahun 2047.

Kenaikan suhu bumi akan amat merusak ekosistem, keanekaragaman hayati, dan tentunya hidup manusia.

abc.net.au
abc.net.au
Sepuluh Solusi Kurangi Emisi Karbon Dioksida

1. Beralih ke Moda Transportasi Ramah Lingkungan

nsix.org.uk
nsix.org.uk
Kurangi bepergian dengan mobil dan motor berbahan bakar fosil. Jarak dekat lebih baik ditempuh dengan berjalan dan atau bersepeda. Jika mampu, belilah mobil dan motor ramah lingkungan. Bepergianlah dengan tranportasi massal untuk kurangi penggunaan kendaraan pribadi.

Berbagilah tumpangan dengan orang yang satu tujuan perjalanan. 

2. Hemat listrik

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4