Mohon tunggu...
el lazuardi
el lazuardi Mohon Tunggu... Wiraswasta - Menyukai buku

Tulisan lain ada di www.jurnaljasmin.blogspot.com

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Apa Saja Rekor-rekor yang Bakal Ditorehkan Lionel Messi pada Piala Dunia 2022?

9 Desember 2022   20:04 Diperbarui: 9 Desember 2022   20:13 386
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Lionel Messi. Foto: Giuseppe Cacace/AFP/ kompas.com

Nama Lionel Messi selalu menjadi daya tarik dalam setiap penyelenggaraan Piala Dunia. Banyak hal menarik tentang Messi yang menarik untuk dibahas. Mulai dari aksi-aksinya di lapangan, gol-golnya hingga catatan rekornya. Tahun ini Messi berpeluang mencatatkan banyak rekor lagi. Apa saja rekor-rekor yang bakal ditorehkan Lionel Messi pada Piala Dunia 2022 ini ?

1. Catatan gol terbanyak.

Satu gol tendangan kaki kiri Messi ke gawang Australia pada pertandingan babak 16 besar hari Minggu lalu menjadikan Messi kini telah mencetak 3 gol di Piala Dunia Qatar ini. Namun secara keseluruhan, sejak gol pertamanya ke gawang Serbia pada Piala Dunia 2006 lalu, Messi telah mencetak 9 gol dalam empat Piala Dunia.

Sebagai catatan jumlah gol Messi kini telah melampaui catatan legenda Argentina, Diego Armando Maradona, yang hanya mencetak 8 gol dalam tiga Piala Dunia (1982, 1986, 1990). Namun Messi masih terpaut satu gol dengan Gabriel Batistuta sebagai pencetak gol terbanyak Argentina di tiga Piala Dunia saat ini (1994, 1998,2002). Artinya Messi hanya butuh dua gol saja untuk menasbihkan dirinya sebagai top skor Argentina di Piala Dunia.

2. Penampilan sebagai kapten.

Messi pertama kali menjabat kapten pada Piala Dunia 2010 lalu dalam laga melawan Yunani. Messi yang sebelumnya menjadi wakil kapten, naik pangkat menjadi kapten setelah pelatih Maradona tidak memainkan kapten pertama, Javier Mascherano.

Secara resmi Messi memegang jabatan kapten sejak Piala Dunia 2014 dalam laga melawan Bosnia Herzegovina. Dan hingga laga terakhir ketika menghadapi Australia kemarin, Messi telah 16 kali menjadi kapten La Albiceleste. Jumlah ini menyamai rekor Maradona.

Sementara, rekor terbanyak masih dipegang pemain Meksiko, Rafael Marquez dengan jumlah 17 kali. Jika saja Argentina lolos ke semi final dan Messi selalu dimainkan, maka rekor jabatan kapten paling banyak akan berpindah kepada Messi.

3. Rekor jumlah pertandingan dan partisipasi di Piala Dunia.

Bersama Cristiano Ronaldo, Messi kini tercatat sebagai pemain yang berpartisipasi di lima Piala Dunia bagi negara mereka sejak tahun 2006 lalu. Messi memegang rekor terbanyak untuk Argentina.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun