Mohon tunggu...
Inovasi

Apakah Gaget Itu Teman atau Musuh bagi Anak?

29 April 2018   14:10 Diperbarui: 29 April 2018   14:35 573
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Inovasi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Jcomp

"Gadget" teman atau musuh bagi anak

pada zaman sekarang tidak sedikit anak di bawah umur sudah memegang gadget, bahkan gadget tersebut sudah miliknya pribadi. bahkan hadiah ualng tahun pun yang diminta anak sekarang adalah gedget. benda tersbut tentunya memiliki pengaruh yang sangat besar untuk anak-anak terutama pada anak yang masih di bawah umur.

dari gadget pula dapat berdampak perkembangan positif dan negatif bagi anak. dampak itu pula yang juga mempegaruhi tingkah lagu, pemikiran, perkataan dan lain sebagainya dari anak.

pada usia yang relatif dibawah 5 tahun pada masa itu adalah masa berkembangnya . jika diberi rangsangan sensorik secara langsung perkembangan otak akan lebih bagus. anak diajari untuk aktif dalam segalahan dan menggunakan semua indranya untuk ermain. sebaliknya Jika anak usia di bawah 5 tahun menggunakan gadget secara terus menerus dan tidak didampingi orang dewasa, berakibat anak tersebut akan kecanduan dengan gadget dan kurang aktif dalam dunia nyata.

Dampak Positif

1. belajar dengan bermain (pembelajaran edukatif)
permainan edukatif juga dapat didapatkan dalam gadget untuk mengembangkan kekreatifan anak, permainannya pun juga memiliki lavel yang dapat dijangkau oleh kemampuan anak. 

Ini adalah salah satu alternatif belajar anak yang menyenagkan. anak juga akan merasa bosan jika pembelajaran masih menggunakan cara klasik yang berada di dalam kelas dan dihadapannya buku serta kawan-kawannya. akan berbeda ketika anak dberikan permainan yang sekaligus untuk belajar, karena anak tidak akan sadar bahwa dirinya sedang belajar.

2. tanggap terhadap teknologi
pada zaman seperti ini keinginan anak sangatlah berlebih terhadap gadget. selalu dampingi anak ketika menggunakan gadget dan berikanlah informasi yang sebenar-benarnya kepada anak agar tidak salah tangkap oleh fikiran anak. Berikan informasi yang jelas tentang cara menggunakan gadget dan hal-hal apa saja yang dapat merusak gadget ketika di pegang oleh anak. Dengan seperti itu anak belajar untuk dapat menggunakan gadget dengan baik.

3. mendapat informasi dengan cepat
degan bantuan gadget anak akan mudah untuk mendapat informasi, tanpa anak sadari. melalui media sosial yang dapat memberikan informasi dan juga materi untuk anak. tentu saja begitu banyak iinformasi yang dapat diambil contohnya melalui youtube yang kontennya berisi tentang tutorial menggambar dan lain sebagainya.

4. fungsi otak terlatih
dengan banyaknya aplikasi pada gadget anak dapat melatih fungsi otaknya. anak dapat cepat mengoprasikan gadget dengan cepat, hal itu tentu saja sangat mengagumkan. dengan menekan tombol dan menggeser layar fungsi otaknya akan berkembang.

Dampak Negatif

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun