Mohon tunggu...
Bintang Nur Kurnia Fajar
Bintang Nur Kurnia Fajar Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Semangat Nugas

Selanjutnya

Tutup

Worklife Pilihan

5 Tips untuk Meningkatkan Proses Penilaian Kinerja

23 Oktober 2021   08:30 Diperbarui: 23 Oktober 2021   08:31 126 4 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Performance Assessment (Sumber Ilustrasi) : Freepik

Banyak manajer melihat proses penilaian kinerja sebagai tidak lebih dari latihan perusahaan yang tidak perlu dipaksakan kepada mereka oleh sumber daya manusia. Tetapi orang-orang gagal untuk mengakui fakta sederhana. Jika dilakukan dengan benar, ini dapat membantu para pemimpin meningkatkan produktivitas tenaga kerja secara dramatis. Dan tidak hanya itu. Ini akan membantu dalam meningkatkan kinerja dan mengurangi kemungkinan kinerja yang buruk.

Proses penilaian kinerja yang efektif bertujuan untuk mengevaluasi kinerja pekerjaan karyawan dan upaya yang telah mereka lakukan. Proses ini meninjau tujuan dan sasaran selama periode peninjauan. Yang secara signifikan meningkatkan proses peninjauan dalam jangka panjang. Namun, akhir-akhir ini, penilaian kinerja banyak mendapat publisitas buruk. Hampir 51% karyawan percaya bahwa penilaian kinerja tidak akurat.

Hal ini menimbulkan banyak pertanyaan tentang efektivitas sistem penilaian kinerja standar. Banyak dari masalah inefisiensi ini muncul karena banyak manajer hanya memperlakukan penilaian kinerja sebagai latihan centang kotak.

Untuk mendapatkan hasil maksimal dari proses penilaian kinerja, seorang manajer perlu mengadopsi beberapa praktik baru. Berikut adalah beberapa di antaranya:

Tip yang Dapat Ditindaklanjuti Untuk Meningkatkan Proses Penilaian Kinerja

Metode penilaian kinerja Anda mungkin bagus, tetapi apakah Anda merasa ada yang hilang? Berikut adalah beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan saat memimpin tinjauan tahunan berikutnya:

1. Tetapkan Standar Kinerja Dengan Membahas Potensi

Proses penilaian karyawan bukan hanya tentang memantau kekuatan dan kelemahan karyawan. Ini juga lebih dari sekadar menilai apakah seseorang berkinerja baik atau tindakan korektif apa yang harus diambil untuk meningkatkan kinerja karyawan. Penilaian juga harus tentang memastikan Anda memiliki sikap positif terhadap pengembangan potensi karyawan Anda. Ini melibatkan dua hal:

Pertama, pastikan Anda mengizinkan karyawan Anda untuk mengekspresikan apa yang mereka inginkan dari pengembangan karir mereka.

Kedua, perhatikan potensi dalam diri karyawan Anda yang perlu didorong. Sering kali, mereka mungkin belum melihatnya. Memotivasi karyawan untuk tampil pada tingkat optimal mengharuskan mereka untuk melihat potensi dalam diri mereka.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan