Mohon tunggu...
bimo satrio
bimo satrio Mohon Tunggu... -

16SHS

Selanjutnya

Tutup

Inovasi

Kurikulum 2013

22 Agustus 2014   04:43 Diperbarui: 18 Juni 2015   02:54 35
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

NAMA­­­:BIMO SATRIO . N

KELAS :X-IIS 3

KURIKULUM 2013

Awal masuk sekolah di SMA Negeri 16 bekasi pada hari rabu tanggal 06 agustus 2014.saya berangkat pukul 06:30 kesekolah bersama teman saya. Pukul 07:00 kita berkumpul dilapangan ada pengarahan dan halalbihalal. Sesuadah halalbihalal saya mencari kelas. Ternyata saya masuk IIS 3. Saya bersekolah disini karena nem saya kecil dan tidak bisa kesekolah yang diinginkan . dikelas saya , saya mulai beradaptasi teman-teman yang beda sekolah , mulai mengenal seseorang dengan sesakma , berawal dari perkenalan.

Pada hari kamis tanggal 07 agustus 2014. Pada hari itu kami mulai kegiatan belajar mengajar (KBM) .saya bertemu dengan anak sekelas saya. Disaat sedang menunggu guru bahasa jepang ternayata guru bahasa jepang tidak masuk kemudian ada seorang guru yang bernama “pak Wahyu”dia negor saya suruh pindah ke bangku kosong karena saya duduk bertiga . sesudah saya pindah pak wahyu masuk kekelas saya . kemudian dia memperkenalkan diri dan tentang dia .terus dia ,mengasih tau bahwa dia guru sosiologi . dia meembagi ilmu kepada kami walaupun sedikit tetapi bermakna bagi saya . dia menjelaskan apaitu ilmu sosiologi , ekonomi , dan sejarah . dia Cuma paham di ilmu sosiologi dia memberitahu 4 prinsip dasar tentang ilmu sosiologi , yaitu : empiris , teoritis, komulatif , nonetis.dia juga memberitahu apa itu masyarakat menurut ibnu khaldun dan august comte. Ia menjelaskan tentang identitas ibnu khaldun bahwa seorang ibnu khaldun adalah seorang ahlian yang berasal dari luar dan ia orang yang begitu pintar dengan ilmu keagamaannya.

Pada hari itu pak wahyu mengasih tugas dan harus selesai besok. Tugas itu meliputi : pengertian sosiologi , jelaskan 4 prinsip dasar , dan apa itu masyarakat menurut ibnu khaldun dan august comte. Sesudah mengasih tugas pak wahyu menjelaskan sedikit tentang tugas tersebut . sesudah itu pak wahyu tidak ingin kita semua tidak mengerjakan pr dengan alasan “tidak punya buku “ dan pak wahyu tidak ingin bercanda atau hal sepele dengan bidang sosiologi karena sosiologi menurut pak wahyu sangat penting untuk penjurusan kuliah. Kalo nilai kita rendah dipelajaran sosiologi kita tidak akan dikasih remedial. Menurut saya pak wahyu orangnya tegas dan saat dia menjelaskan itu kami baru tahu karakter seseorang guru sosiologi yang bernama pak wahyu. Kemudian pak wahyu izin keluar dan saya beristirahat selama 30 menit.

Sesudah istirahat ada pelajaran b.inggris, ternyata guru b.inggris tidak datang sampai jam pelajaran dia habis. Sesudah pelajaran b.inggris ada pra karya . kurang lebih 15 menit menunggu guru prakarya datang.dia memberi tahu identitas, Namanya adalah ibu Ena.ibu ena dulu mengajar TIK sekarang TIK tidak ada diganti prakarya .

Sebelum masuk ke materi , ibu ena meminta kita perkenalan satu persatu mulai dari belakang. Setelah itu ibu ena menjelaskan apa itu prakarya. Ibu ena ingin bahwa anak-anak bangsa bisa belajar kreatif tidak mengsalah gunakan barang-barang yang sudah tidak terpakai meliputi : plastik , kardus , botol sedotan dll. Ibu ena mengasih soal kekita apa yang dimaksud dengan prakarya? Barang apa sajakah yang bisa dibuat ? sehabis dikasih soal kemudian ibu ena menjelaskan contohnya dan memberitahu mana yang salah dan mana yang pendapat benarkemudian yang sudah selesai boleh dikumpulkan .setelah mengumpulkan jam pelajaran ibu ena habis , kemudian anak IIS 3 keluar untuk istirahat. Setelah istirahat ada guru laki-laki ternyata guru tersebut wali kelas IIS 3 bernama “ pak ahyan “ . pak ahyan meminta membentuk struktur­-srtuktur kelas dan jadwal piket kelas. Setelah itu pak ahyan memberitahu identitas dia dan dia memberi nomer telepon . menurut saya pak ahyan orangnya baik tetapi kebiasaan buruknya itu sering bersendawa. Setelah pak ahyan mengasih tau indentitas pak ahyan izin keluar dan kita disuruh istirahat . saat sedang istirahat guru sejarah datang , guru itu langsung mengabsen anak-anak IIS 3. Setelah di absen ibu guru nmemberitahu identitas dia , namanya adalah ibu kristin.ibu kristin meminta perkenalan diri masing –masing mulai dari urutan absen pertama sampai akhir. Setelah perkenalan waktu pelajaran sejarah telah berakhir dan waktunya pulang sekolah .

Keesokan harinya pada hari jumat 08 agustus 2014, saya berangkat pukul 06:30. Sesampai disekolah saya mencari kelas saya dan bertanya keguru , ternyata kelas saya ada dimushola. Pada jam pertama diisi oleh mata pelajaran sosiologi selama 2 jam yang diajarkan oleh pak wahyu .

Ketika pak wahyu sudah masuk pak wahyu salah membawa buku , saya disuruh mengambil buku sosiologi . sesampai ruang guru saya bertanya “ bu meja pak wahyu disebelah mana “ lalu bu ayu mengasih satu buku sosiologi kelas X. Sesampai di mushola saya kasih ke pak wahyu ternyata buku tersebut salah , saya balik lagi keruang guru , kata bu ayu “ sudah bawa aja buku sosiologikelas X “ .sesampai di sekolah saya kasih ke pak wahyu semua buku kelas X ternyata meteri tersebut tidak ada di buku itu juga . tetapi ada satu buku yang ada materi tersebut. Sesudah itu pak wahyu tidak ingin membuang waktu lagi untuk memulai pelajaran pak wahyu langsung menjelaskan dan menanyakan tugas yang diberikan kemarin. Kemudian pak wahyu menjelaskanapa pengertian sosiologi , apa itu masyarakat , dan 4 prinsip dasar.

Setelah menjelaskan semua pak wahyu menunjuk anak-anak . pak wahyu ingin tahu siapa saja yang menyimak penjelasan dia tadi , pak wahyu memanggilteman-teman saya yang duduk paling belakang . ternyata teman-teman saya tidak bisa menjawab pertanyaan pak wahyu .sesudah itu teman – teman saya yang tadi maju disuruh lengkapin catatannya. Setelah penyampaian materi selesai pak wahyu bercanda-canda dengan murid kelas saya . pak wahyu ingin tahu siapa saja yang sudah mengenal satu sama lain . pak wahyu menunjuk teman saya ternyata teman saya tidak kenal dengan teman sekelas saya dan dia disuruh kenalan , lagi asyik ketawa pak wahyu nunjuk saya , dan saya tidak tahu namanya , pak wahyu nyuruh kenalan dan akhirnya saya tahu namanya . setelah itu ada seseorang kaka kelas yang tidak naik kelasyang bernama yobel.dia masuk dikelas saya kemudian disuruh kenalkan dirinya setelah kenalan si yobel ditanya oleh pak wahyu , dia disuruh kenalan , ternyata dia tidak tahu namanya .kemudian pak wahyu menyuruh murid manggil dia pake kata “kak” , terus temen saya si jimi teriak keras memanggil yobel dengan sebutan “ kobel dong” kemudian seluruh kelas ketawa dengan kata-kata itu . sesudah itu bel istirahat berbunyi waktu istirahat tiba, saya menemani jimi mencari kak inez. Setelah dapat biodata kak inez saya temani jimi ke pak wahyu , ketika bertemu pak wahyu sijimi dinasehati sama pak wahyu.

Setelah istirahat kami belajar mata pelajaran PKN , kami menunggu beberapa menit untuk menunggu guru tersebut. Tidak lama kemudian ada sosok pria masuk kekelas IIS 3 , ternyata guru tersebut adalah guru pkn yang bernama ahmad suryadi , dan biasa dipanggil babeh , dia memberitahu idenditasnya. Pak ahmad pun langsung memulai pelajaran , saya sedikit ngantuk dengan pelajaran tersebut dan yang dibicarai oleh pak ahmad kurang masuk ke otak karena suaranya kecil dan dikelas IIS 2 berisik. Beberapa menit kemudian bel pulang tiba kami siap-siap masukkan buku kedalam tas masing-masing. Sesudah itu kita berdoa dan langsung pulang untuk sholat jumat.

Pada hari sabtu tanggal 09 agustus 2014 kami ada pramuka , saya berangkat pukul 06:30 sesampai disekolah , sekolah masih sepi. Beberapa menit kemudian ada pengumuman untuk kelas masing-masing.ternyata ruangan saya berada diruangan waktu pertama kali saya masuk sekolah. Setelah masuk kelas ada kakak pembina pramuka, yang bernama dewi astuti . dia mengasih tahu atribut pramuka yang benar , sesudah itu kak dewi menulis di papan tulis lagu hymne pramuka . sesudah menulis kami disuruh kami disuruh membikin regu pramuka. Setelah membikin regu kami disuruh kelapangandan dapat pengarahan oleh pembina. Setelah pengarahan selesai kami disuruh bikin yel-yel , saya bingung dengan yel-yelnya, saya tidak bisa jadi ketua. Beberapa menit berlalu bel pulang tiba kami balik lagi kekelas dan dapat pengarahan oleh kakak pembina. Setelah itu kami siap-siap pulang. Sebelum pulang saya berbincang-bincang tentang yel.setelah itu baru pulang.

Pada hari rabu tanggal 13 agustus 2014 saya baru masuksekolah karena saya sakit tifus dan harus berisitirahat selama 2 hari .saya berangkat pukul 06:30. Sesampai disekolah saya langsung duduk karena kepala saya pusing, tidak lama kemudian guru b.ind masuk ,dan dia langsung perkenalan nama dia dan identitasnya. Setelah itu kami disuruh bikin kelompok. Terimakasih saya bimo satrio nugroho pendapat saya tentang kurikulum 2013 ini untuk memajukan ilmu pengetahuan dan kerajinan karena banyak peraturan-peraturan yang baru kurikulum 2013

Mohon tunggu...

Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun