Mohon tunggu...
Bima Dafandry
Bima Dafandry Mohon Tunggu... Lainnya - Universitas Islam 45 Bekasi

Mahasiswa

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

KKN Kelompok 8 UNISMA Bekasi: Memanfaatkan Teknologi Digital sebagai Media Pemasaran bagi UMKM dan Calon UMKM di Desa Kutamukti

23 September 2022   20:38 Diperbarui: 23 September 2022   20:44 68 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

t2-632db81c97125e6f9f2c4bd2.jpg
t2-632db81c97125e6f9f2c4bd2.jpg
t3-632db80008a8b5697d240585.jpg
t3-632db80008a8b5697d240585.jpg
Mahasiswa Unisma Bekasi kelompok 8 telah melakukan kegiatan KKN yang ditempatkan di Dusun Citeureup 1, Desa Kutamukti, Kab. Karawang. Salah satu kegiatan yang dilakukan ialah berupa Pelatihan Foto Produk Bagi Para UMKM dan Calon UMKM pada Rabu (31/09/2022). Kegiatan ini bertujuan untuk menunjang daya tarik UMKM di Desa Kutamukti.

Kegiatan Pelatihan Foto Produk ini diselenggarakan oleh Bima Dafandry salah satu mahasiswa dari kelompok 8 KKN UNISMA Bekasi dengan Program Studi Ilmu Komunikasi. Pelatihan ini dilaksanakan di salah satu rumah warga RT 01 Desa Kutamukti Kab. Karawang. Alasan ia menyelenggarakan program kerja ini ialah agar para UMKM dan Calon UMKM dapat memaksimal mungkin teknologi yang sudah canggih. Dikarenakan masih banyak pemilik UMKM dan Calon UMKM yang kurang memaksimalkan smartphone mereka dan kegiatan ini berhubungan dengan program studi yang sedang ia tempuh di UNISMA Bekasi. Lalu kurangnya pemahaman tentang Digital Marketing para pemilik UMKM dan Calon UMKM.

Ada sekitar 20 peserta yang tertarik untuk menghadiri kegiatan tersebut, 20 peserta tersebut diantaranya adalah pemilik UMKM dan Calon UMKM yang ingin memahami tentang cara foto produk. Alasan peserta menghadiri kegiatan tersebut dikarenakan agar dapat lebih memahami bagaimana cara foto produk yang baik untuk menambah daya tarik konsumen. Alat-alat yang digunakan dalam pelatihan ini ialah berupa Smartphone, karena sebagian besar warga hanya memiliki Smartphone untuk mengambil foto.

"Saya tertarik datang agar lebih jelas dan lebih paham bagaimana cara memfoto produk dari HP", tutur salah satu warga Desa Kutamukti, Wiwin (46).

Dari kegiatan tersebut menghasilkan dampak yang positif bagi UMKM. Dampak positif yang dihasilkan ialah warga jadi lebih mengetahui cara pengambilan foto yang baik dan hasil foto lebih jernih dari sebelumnya.

"Ada sih dampaknya, sebelumnya mah warna foto masih gak jelas, terus hasil fotonya kurang jelas", tutur Wiwin mengenai dampak positif dari kegiatan foto Produk.

Selain melakukan kegiatan tentang bagaimana cara foto produk yang baik dan menarik, mahasiswa Unisma Bekasi juga mengadakan kegiatan Pelatihan Digital Marketing Produk Food Garden bagi calon UMKM dan UMKM. Adapun tujuan dari kegiatan ini ialah untuk mengenal fungsi dari sosial media sebagai penjualan masyarakat Desa Kutamukti.

"Tujuannya untuk masyarakat itu mengenal fungsi dari sosial media, jadi mereka itu menggunakan sosial media itu bukan untuk hal-hal yang tidak berguna, namun bisa dimanfaatkan sebagai ajang menjual produk mereka", tutur ketua kelompok 8 UNISMA Bekasi Bagas (21).

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan