Mohon tunggu...
Purwanto (Mas Pung)
Purwanto (Mas Pung) Mohon Tunggu... Guru - Pricipal SMA Cinta Kasih Tzu Chi (Sekolah Penggerak Angkatan II) | Nara Sumber Berbagi Praktik Baik | Writer

Kepala SMA Cinta Kasih Tzu Chi | Sekolah Penggerak Angkatan 2 | Narasumber Berbagi Praktik Baik | Kepala Sekolah Inspiratif Tahun 2022 Kategori Kepala SMA | GTK Berprestasi dan Inspirasi dari Kemenag 2023 I Penyuluh Agama Katolik Non PNS Teladan Nasional ke-2 tahun 2021 I Writer | Pengajar K3S KAJ | IG: masguspung | Chanel YT: Purwanto (Mas Pung) | Linkedln: purwanto, M.Pd | Twitter: @masguspung | email: bimabela@yahoo I agustinusp134@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Pembentukan Karakter, Tujuan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila

5 Januari 2023   16:12 Diperbarui: 5 Januari 2023   16:32 908
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gbr Dok Pri: Para siswa melakukan investigasi dengan cara mewawancarai

"Projek adalah serangkaian kegiatan untuk mencapai sebuah tujuan terjtentu dengan cara menelaah suatu tema menantang. Projek didisain agar perserta didik dapat melakukan investigasi, memecahkan masalah dan mengambil keputusan. Peserta didik bekerja dalam periode waktu yang telah dijadwalkan untuk menghasilkan produk/atau aksi" (Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, hal. 5). Pembentukan karakter sebagai tujuan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5)

Karakter apa yang akan dikembangkan oleh sekolah selama satu tahun? Ada dua hal yang perlu diperhatikan. 

Pertama, visi dan misi satuan pendidikan. Kedua, menentukan dimensi profil pelajar Pancasila yang akan menjadi fokus untuk dikembangkan. Setelah menentukan dimensi profil pelajar Pancasila, satuan pendidikan menentukan tema yang akan dikembangkan.

Fokus Projek pada Elemen dan Subelemen

Kemendikbudristek menyediakan 6 dimensi profil pelajar Pancasila. Silakan dimensi mana yang akan dijadikan fokus untuk satu tahun ajaran. Di dalam dimensi tersebut terdapat elamen dan subelemen. Elemen/subelemen tersebut yang harus dijadikan fokus.

Misalnya, dimensi beriman, bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa dan berakhlak mulia. Dimensi ini mempunya 5 elemen, yang didalamnya ada 10 subelemen. Pada tahap menentukan dimensi, yang harus kita perhatikan adalah subelemen apa saja yang akan dijadikan fokus. 

Dari 10 subelemen itu misanya kita akan fokus pada subelemen integritas, berempati pada orang lain, dan menjaga lingkungan alam sekitarya.

Kita juga bisa menambah dimensi lain (2-3 dimensi), misalnya dimensi kreatif. Pada dimensi kreatif hanya ada elemen. Tidak ada subelemen. 

Maka yang kita kembangkan adalah elemennya. Dimensi ini mempunyai tiga elemen saja, yaitu menghasilkan gagasan yang orisinal, menghasilkan karya dan tindakan yang orisinal dan memiliki keluwesan berpikir dalam mencari alternatif solusi.

Setelah menentukan dimensi-elemen dan subelemenya-kita menentukan tema yang akan dikembangkan. Ada 7 tema untuk SD-SMA sedangkan untuk SMK ada 8 tema.

Pentahapan Projek

Pelaksanaan projek dilakukaan melalui 5 tahap atau alur yang telah ditentukan oleh Kemendibudristek. Tahap/alur tersebut antara lain, pengenalan, kontekstualisasi, aksi, refleksi dan tindak lanjut.

Tahap pengenalan. Peserta didik diajak untuk mengenali dan membangun kesadaran terhadap tema dan dimensi (elemen dan subelemen) yang akan dipelajari. Tahap kontekstualisasi, peserta didik mengenali permasalahan di lingkungan sekitarnya terkait dengan tema. 

Pada tahp ini peserta didik menentukan topik berdasarkan pada keminatan dan keprihatinan mereka terhadap persoalan di lingkungannya.

Tentu saja berdasarkan tema yang dipilih. Tahap aksi, mereka melakukan peran yang bisa mereka lakukan untuk mencari solusi teradap persoalan yang ada. Tahap refleksi adalah peserta didik melakukan evaluasi dan refleksi. 

Mereka diajak untuk melihat kembali manfaat bagi mereka dan sumbangsih apa yang bisa diberikan untuk masyarakat, serta kekurangan yang perlu ditindak lanjuti. Tahap tindak lanjut adalah menyusun langkah strategis sebagai tindakan yang akan dilakukan untuk memperbaiki kekurangan.

Gbr Dok Pri: Para siswa melakukan aksi membuat ondel-ondel dari barang daur ulang
Gbr Dok Pri: Para siswa melakukan aksi membuat ondel-ondel dari barang daur ulang

Dengan alur dan tahap seperti tersebut, P5 menjadi kegiatan kokurikuler memperkuat karakter yang sudah ada. Karena itu, P5 sangat mengedepankan proses bukan pertama-tama hasil. Mohon dipahami, penulis tidak mengatakan hasil tidak penting. Tetapi proses menjadi utama karena di dalam proses itulah pembentukan karakter terbangun/terbentuk. Hal ini akan sangat berbeda mana kala projek dipahami "yang penting  anak menghasilkan produk yang bisa dipamerkan". Pameran karya atau kadang disebut eksibisi projek adalah bagian perayaan saja. Tujuannya lebih untuk promosi dan "merayakan". Inti pokoknya terjadi dalam proses yang dilakukan dengan tahapan atau alur yang ada.

P5 sebagai sebuah proses penguatan karakter sungguh barang baru di dalam dunia pendidikan. Pada kurikulum sebelumnya sudah ada aktivitas para siswa membuat projek tetapi lebih pada projek yang mengembangkan dimemsi kogniitf bukan dimensi karakter/profil pelajar.

Mungkin para guru masih belum familiar dengan P5. Praktik baik di sekolah barangkali belum sempurna seperti ketentuan yang dimaksudkan oleh Kemendibudristek. Tetapi paling tidak kita berusaha melakukan sesuai dengan tahapan atau alur yang ada. Kekurangan bisa disempurnakan pada tahap berikutnya. Karena itu refleksi dan tindak lajut sangat penting. Dalam kaitan dengan refleksi dan tindak lanjut, saya akan berbagi pentingnya komunitas belajar di satuan pendidikan. Salam guru hebat. Salam guru merdeka.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun