Mohon tunggu...
Billy Steven Kaitjily
Billy Steven Kaitjily Mohon Tunggu... Freelancer - Penulis | Narablog

Saya suka menulis dan membaca. Saya yakin, saya bisa hidup dengan mengandalkan kekuatan kata-kata.

Selanjutnya

Tutup

Diary Pilihan

Melangkah Lebih Jauh: K-Rewards Kompasiana sebagai Pintu Gerbang Prestasi Kompasianer Pemula

7 Desember 2023   22:07 Diperbarui: 7 Desember 2023   22:17 283
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi giat menulis artikel di Kompasiana demi mendapat K-Rewards. (sumber gambar: pexels.com/Andrea Piacquadio)

Kompasiana adalah blog jurnalis yang bertransformasi menjadi media warga (citizen media). Di platform ini, kita dapat berbagi cerita, gagasan, dan opini dengan leluasa. Tentu, dengan mengikuti aturan main Kompasiana. Sejak diresmikan pada 22 Oktober 2008 silam, hingga hari ini, Kompasiana telah menampung jutaan konten tulisan dari berbagai lapisan masyarakat. Konten-konten itu tersimpan rapi di brankas Kompasiana, bahkan ketika Kompasianer tidak aktif lagi.

Di Kompasiana, Kompasianer didorong untuk terlibat aktif dan diharapkan dapat mempercepat arus informasi. Salah satu program yang dihadirkan Kompasiana untuk mengapresiasi keterlibatan aktif Kompasianer adalah Program K-Rewards. Seperti apa Program K-Rewards itu, akan kita lihat sesaat lagi.

Artikel ini hendak mengajak pembaca untuk merenung tentang bagaimana program tersebut dapat menjadi pendorong utama bagi Kompasianer pemula, guna mencapai prestasi yang lebih tinggi, memotivasi mereka menghadapi tantangan dan mengukir jejak inspiratif dalam komunitas Kompasiana.

Profile Kompasianer Pemula

Kompasianer pemula yang dimaksud di sini adalah mereka yang baru daftar di Kompasiana dan belum memenuhi syarat penerima K-Rewards. Saya masih ingat jelas, ketika awal-awal mendaftar dan menulis di Kompasiana, saya beberapa kali mendapat teguran admin Kompasiana.

Mengapa bisa terjadi? Itu karena saya masih pemula di Kompasiana. Saya masih meraba-raba jalan. Pokoknya, yang dipikiran saya adalah yang penting saya bisa menulis dan menayangkan artikel, tidak peduli berlabel atau tidak. Makanya, sekitar 23 artikel saya di awal tidak berlabel.

Belakangan, saya baru tahu, kalau artikel yang berlabel Pilihan atau Headline itu sangat penting, karena dapat mendongkrak jumlah poin dan views. Sehingga, ujung-ujungnya, bepengaruh pada kenaikan level di Kompasiana. Terbukti, setelah saya paham betul trik menulis yang baik agar dilirik oleh admin Kompasiana, saya banyak mendapat label Pilihan. Bahkan, beberapa kali artikel saya mendapat Nilai Tertinggi.

Sekitar 2 bulan menulis di Kompasiana dengan bercucuran air mata (lebay ahh), saya berhasil naik level dari "Debutan" ke "Junior," kemudian ke "Taruna." Di level ketiga ini, boleh dibilang, saya lebih jernih untuk melihat jalan. Saya sudah tidak meraba-raba jalan seperti dulu. Hal ini menegaskan satu kebenaran: "Pengalaman adalah guru yang terbaik."

Saya belajar dari pengalaman sebelumnya, belajar dari kesalahan sebelumnya, saya juga belajar dari para Kompasianer yang sukses. Sehingga, saya merasa makin lebih baik sekarang.

Memahami Program K-Rewards Kompasiana

Ketika saya tahu ada program menarik di Kompasiana, saya langsung pelajari. Salah satu program menarik di Kompasiana adalah Program K-Rewards. Program ini, sengaja dirancang sebagai bentuk apreasiasi atas seluruh kontribusi kreator konten di platform Kompasiana. Kompasianer akan mendapat rewards berupa saldo elektronik (Go-Pay) yang dihitung dari hasil kunjungan konten berdasarkan perhitungan Google Analytics.

Oh ya, sebagai informasi, Program K-Rewards ini sudah berjalan sejak tahun 2017, dan terbukti menjadi motivator utama bagi para Kompasianer. Namun, per 1 Desember tahun 2023 kemarin, Kompasiana merubah mekanisme program tersebut, meski hanya sedikit. Berikut ini adalah mekanismenya terbaru Program K-Rewards yang dikutip dari akun resmi Kompasiana.

  • Daftar akun Kompasiana dan sudah melengkapi data.
  • Mencantumkan nomor Go-Pay di pengaturan profil.
  • Seluruh ARTIKEL PILIHAN yang ditayangkan dalam periode bulan tersebut.
  • Seluruh total views akan dihitung berdasarkan sistem validasi Google Analytics, bukan jumlah views yang ada di setiap konten.
  • Minimum views per bulannya adalah 3.000 views.
  • Penghitungan akan berhenti setiap bulan berakhir.
  • Penerapan mekanisme terbaru ini berlaku per 1 Desember 2023.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Diary Selengkapnya
Lihat Diary Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun