zahwan zaki
zahwan zaki Mohon Tunggu... Administrasi - Alumni IAIN SAS Babel (Pendidikan) dan Alumni STIA-LAN Jakarta (Bisnis)

Hobi melakukan perjalanan ke tempat yang belum pernah ditempuh dan terus mencoba menggerakkan pena, menulis apa yang bisa ditulis, paling tidak untuk bisa dibaca segelintir orang.

Ziarah Ke Makam Tuan Guru Syaikh Abdurrahman Siddik

29 Februari 2020   16:53 Diperbarui: 29 Februari 2020   16:49 732
Foto: Saat Mendarat di Kampung Hidayat Desa Teluk DalamFoto: Didepan papan nama selamat datang di kawasan wisata religi Ziarah Makam Syekh Abdurrahman Shiddiq | Dok. pribadi (Dokpri)

Kami bertiga, Dr. Janawi selaku Wakil Rektor III, Wahyu Akmal utusan mahasiswa juga selaku Ketua Dema dan saya, Zahwan Zaki. Kami diberi kesempatan oleh Rektor IAIN SAS Babel, Dr. Zayadi untuk dapat bersilaturrahmi ke Kampung Hidayat Sapat, tempat dimakamkannya Tuan Guru Syaikh Abdurrahman Siddik yang terletak di Desa Teluk Dalam, Kecamatan Kuala Indragiri, Kabupaten Indragiri Hilir, Provinsi Riau, 25 Februari s.d. 27 Februari 2020.

Perjalanan kami dimulai dari Bandara Depati Amir Pangkalpinang. Sesuai jadwal di tiket pesawat, perjalanan menuju Pekan Baru Riau transit lewat Batam. Dari Bandara Depati Amir Pangkalpinang menuju Bandara Batam Hang Nadim Batu Besar menempuh kurang lebih satu jam perjalanan (7.30 sd 8.30 WIB). Selanjutnya dari Batam ke Pekan Baru Riau memakan waktu tempuh kurang lebih satu jam perjalanan juga.

Setelah mendarat di Bandara Sultan Syarief Kasim II Pekan Baru Riau, perjalanan dilanjutkan melalui jalan darat, menggunakan jasa angkutan travel. Perjalanan menuju Tembilahan Ibu Kota Kabupaten Indragiri Hilir kami tempuh kurang lebih dalam waktu 8 jaman. Kami harus bermalam dulu di Tembilahan, karena untuk menuju Kampung Hidayat  Sapat harus menggunakan angkutan air (speed boat).

Dalam perjalanan menuju Tembilahan, ada 2 Kabupaten yang dilewati, yaitu Kabupaten Pelalawan dan Kabupaten Indragiri Hulu. Perjalanan cukup melelahkan, tapi tiada artinya jika dibandingkan perjuangan Tuan Guru Syaikh Abdurrahman Siddik dalam menyebarkan ilmu agama Islam pada masa lalu yang tak kenal rasa lelah sedikpun dan semata-mata untuk memperjuangkan agama dan umat.

Selama di perjalanan, ada hal yang unik, saat masuk wilayah Kabupaten Indragiri Hulu banyak melewati jembatan-jembatan. Menurut supir travel, Indragiri Hulu terkenal dengan sebutan Kabupaten Seribu Jembatan atau Kabupaten Seribu Parit. Benar saja, menurut pengamatan kami, hampir tiap-tiap 100-200 meter terdapat jembatan. Perjalanan memakan waktu lumayan lama, start dari Pekan Baru pukul 13.00 WIB, dan finish di Penginapan Tembilahan pukul 21.30 WIB. Kamipun harus bermalam dulu di Tembilahan, istirahat sejenak memulihkan tenaga untuk trip besok pagi.

Rabu, tanggal 26 Februari 2020 Pukul 08.30, kami sudah naik speed boat dari pelabuhan Tembilahan menuju Kampung Hidayat Sapat. Kurang lebih 20 menit kami sudah sampai di daratan Desa Teluk Dalam, dilanjutkan naik ojek motor kurang lebih lima menit hingga sampai tempat tujuan di rumah keluarga Tuan Guru Syaikh Abdurrahman Siddik.

Sampai di Kampung Hidayat Sapat, kami diterima oleh bapak Muhammad Fauzan bin Muhammad Amin Siddik bin Abdurrahman Siddik. Beliau salah satu cucu dari Tuan Guru Syaikh Abdurrahman Siddik. Kamipun diajak ngobrol dengan anggota keluarga Tuan Guru Syaikh lainnya. Kami menyampaikan tujuan perjalanan ini, yakni berziarah, silaturrahmi dan koordinasi dengan keluarga Tuan Guru Syaikh terkait rencana pelaksanaan Haul Tuan Guru Syaikh yang akan diselenggarakan di Kampus IAIN SAS Babel tahun 2020.

Foto: Di rumah keluarga Tuan Guru Syaikh Abdurrahman Siddik | Dokpri

Kami bertiga didampingi oleh salah satu keluarga Tuan Guru Syaikh dapat menziarahi makam Tuan Guru Syaikh. Alhamdulillah, kami sangat bersyukur, karena kami bisa membaca surah yasin, tahlil dan berdoa untuk Tuan Guru Syaikh di sekitar Makam Tuan Guru Syaikh. Sungguh mulia perjuangan seorang ulama besar, Tuan Guru Syaikh Abdurrahman Siddik, juga terkenal dengan nama Tuan Guru Sapat,  yang namanya dijadikan nama Kampus Islam Negeri di Bangka Belitung, IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung. Makam beliau tak pernah sepi dari penziarah. Apalagi memasuki waktu haul Syaikh, dari penjuru daerah manapun hadir ke makam Tuan Guru Syaikh.

Foto: Makam Tuan Guru Syaikh Abdurrahman Siddik dan Keluarga | Dokpri
Setelah selesai menziarahi makam Tuan Guru Syaikh dengan penuh rasa syukur, kami bertiga pamit dari Kampung Hidayat Sapat untuk kembali ke Tembilahan. Perjalanan kami belum selesai. Masih ada tujuan yang perlu kami singgahi lagi. Kami diajak oleh Pak Muhammad Fauzan untuk menemui salah satu cucu Tuan Guru Syaikh lagi di Tembilahan. Kembali kami naik speed boat, kali ini ukuran speed boatnya agak kecil.

Tidak jauh dari pelabuhan Tembilahan, kamipun sampai di rumah Dr.H.Muhammad Ali Azhar, S.Sos, MH. Beliau adalah salah satu cucu dari Tuan Guru Syaikh Abdurrahman Siddik. Beliau juga sebagai ketua Keluarga Kerukunan Syaikh Abdurrahman Siddik dan selaku Ketua Yayasan Syaikh Abdurrahman Siddik. Sampai dirumahnya, kami disambut langsung oleh Dr. Ali Azhar. Kamipun diterima dengan hangat dan kami dengan gamblang menyampaikan maksud dan tujuan kami. Dr. Ali Azhar memberikan kepada kami beberapa buku terkait Tuan Guru Syaikh Abdurrahman Siddik. Kebetulan juga penulisnya adalah Dr. Ali Azhar juga. Banyak informasi yang menginformasikan tentang Tuan Guru Syaikh Abdurrahman Siddik, bisa melalui buku-buku, kitab-kitab karangan Tuan Guru Syaikh, cerita-cerita dari keluarga Tuan Guru Syaikh dan dapat dibaca juga dari internet.